Bagi Anda yang baru saja didiagnosis mengalami hipotiroid, tak perlu cemas. Penyakit ini memang membutuhkan waktu untuk diobati secara total, tapi bukan berarti tidak bisa sembuh. Nah sayangnya, ada banyak kesalahan yang kerap kali dilakukan ketika pengobatan hipotiroid dijalani. Berbagai kesalahan ini justru dapat menghambat proses pengobatan. Apa saja yang kesalahan yang sering terjadi saat pengobatan hipotiroid?

6 kesalahan pengobatan hipotiroid

Hipotiroid adalah kondisi saat kelenjar tiroid Anda tidak cukup memproduksi hormon tiroid sesuai kebutuhan tubuh Anda. Kondisi ini tidak mudah diketahui karena tidak ada gejala yang khas pada fase awal. Pertumbuhan penyakit hipotiroid sangatlah lamban. Bahkan, butuh waktu tahunan untuk penyakit ini menjadi lebih parah.

Awalnya, Anda mungkin tidak akan menyadari masalah kesehatan ini, karena gejala yang timbul terlalu umum. Namun, saat metabolisme tubuh Anda melambat, gejala-gejala lainnya akan bermunculan.

Jika sudah demikian, Anda akan menjalani pengobatan dengan bantuan dokter atau apoteker. Umumnya, dokter akan memberikan hormon buatan untuk menjaga jumlah hormon tiroid pada tubuh Anda.

1. Minum obat hipotiroid setelah makan

obat hipotiroid

Obat berupa hormon tiroid sintetis ini tidak akan dapat dicerna dengan baik oleh tubuh kecuali dalam keadaan perut kosong. Anda juga harus menunggu selama 45 hingga 60 menit sebelum Anda bisa mengonsumsi makanan atau cemilan.

Cara menghindari kesalahan pengobatan hipotiroid ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat pada dini hari, sehingga setelah mengonsumsi obat ini, pasien bisa kembali tidur dalam keadaan perut tetap kosong.

Jika hendak melakukannya pada malam hari,  pastikan Anda tidak mengonsumsi apapun selama 4 jam sebelumnya.

Mengonsumsi makanan seperti kacang kedelai secara berlebihan, bersamaan dengan konsumsi obat ini dapat mempengaruhi proses penyerapan obat oleh tubuh.

Namun, seperti yang telah disebutkan dalam penelitian yang dimuat di jurnal Nutrients pada Desember 2016, penderita hipotiroid tidak harus berhenti mengonsumsi kacang kedelai. Hanya saja, sebaiknya mengonsumsi dengan jumlah yang sama setiap hari agar dosis obat bisa disesuaikan.

2. Dibarengi dengan minum obat lain

diabex

Cara menghindari kesalahan pengobatan hipotiroid lainnya adalah dengan tidak mengonsumsi obat-obatan lain bersamaan dengan penggunaaan obat ini.

Obat lain yang harus dihindari adalah antacid, kalsium, suplemen zat besi, dan obat untuk kolesterol. Sebab, obat-obatan ini dapat menghalangi proses penyerapan obat tiroid oleh tubuh.

Jika Anda harus mengonsumsi obat-obatan lain, minumlah setidak-tidaknya 4 jam sebelum atau sesudah mengonsumsi obat ini.

3. Minum obat tidak sesuai anjuran dokter

dosis ganda mempercepat penyembuhan

Penggunaan obat seperti pil pengontrol kehamilan, estrogen, testosteron, obat kejang, dan obat depresi dapat mempengaruhi penyerapan hormon tiroid, namun bukan berarti Anda tidak bisa menggunakannya.

Pastikan dokter mengetahui bahwa Anda hendak menggunakan atau menghentikan penggunaan obat-obatan ini sebagai salah satu cara menghindari kesalahan pengobatan hipotiroid.

Dokter Anda mungkin harus menentukan dosis hormon tiroid sintesis yang tepat untuk menyesuaikan dengan penggunaan obat lain.

Jadi, dengan memberi tahukan bahwa Anda hendak memulai atau menghentikan penggunaan obat tertentu dapat memudahkan dokter menentukan dosis yang tepat.

4. Menganggap semua merek obat kandungannya sama

pilih produk

Obat yang digunakan untuk pengobatan hipotiroid memang memiliki jumlah hormon pengganti tiroid yang sama, tapi jumlah hormon lain yang terdapat pada obat bisa berbeda tiap merek.

Jumlah hormon lain yang tak tentu pada tiap brand yang berbeda dapat menjadi faktor  pemicu masalah penyerapan hormon oleh tubuh.

Jangan mengganti merek obat hipotiroid  dengan asal membelinya di apotek tanpa persetujuan dokter untuk menghindari kesalahan pengobatan hipotiroid.

5. Minum obat melebihi dosis yang ditentukan

overdosis kostikosteroid

Umumnya, obat berupa hormon pengganti ini sangatlah aman, bahkan jika Anda kelebihan satu dosis, tidak akan ada masalah berarti.

Namun, jika mengonsumsinya secara berlebihan tentu akan menimbulkan efek samping. Cara menghindari kesalahan pengobatan hipotiroid bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat ini dengan dosis yang tepat.

Jika Anda nekat mengonsumsinya dalam dosis lebih, efek samping yang mungkin Anda alami adalah:

  • Lelah berkelanjutan
  • Susah tidur
  • Susah berkonsentrasi
  • Detak jantung tak menentu
  • Rasa cemas
  • Pengeroposan tulang

6. Tidak punya jadwal minum obat yang rutin

obat jerawat minum

Mengonsumsi obat ini di waktu yang berbeda-beda setiap harinya, melewatkan dosis dengan sengaja, atau sesekali mengonsumsinya bersama dengan makanan dapat mempengaruhi kinerja obat.

Untuk menghindari kesalahan pengobatan hipotiroid, gunakan obat ini secara rutin pada waktu yang sama setiap harinya. Pastikan juga untuk tidak melewatkan dan menggandakan dosis. Jika merasa kesulitan, gunakan alarm untuk membantu Anda agar tidak mudah lupa dengan jadwal minum obat.

Hindari melanggar aturan penggunaan obat dan usahakan selalu mengonsumsinya dalam kondisi perut kosong. Selalu konsumsi obat ini di waktu yang sama dan dengan cara yang sama pula.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca