Jangan Langsung Pakai Handuk Baru, Cuci Dulu dengan Cara Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 7 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Membeli handuk baru bisa menjadi solusi untuk mengganti handuk lama Anda dengan yang lebih bersih. Seperti halnya pakaian yang baru dibeli, handuk baru juga penuh dengan berbagai hal yang mungkin menyebabkan penyakit jika bersentuhan langsung dengan kulit. Lantas, bagaimana cara mencuci handuk baru agar aman digunakan?

Pentingnya mencuci handuk baru sebelum digunakan

handuk mandi tularkan kuman penyakit

Sebuah handuk melewati banyak proses sebelum sampai ke tangan Anda. Mulai dari pembuatan, pengiriman, penyimpanan, dan akhirnya penjualan. Saat melewati seluruh proses ini, handuk akan terkena kuman, bakteri, serta bahan kimia.

Philip Tierno, pakar mikrobiologi dan patologi di New York University, Amerika Serikat, mengadakan studi tentang mikroba pada berbagai produk tekstil. Hasilnya, terdapat norovirus, jamur, bakteri strep dan staph, bahkan bakteri feses pada produk-produk tersebut.

Anda perlu mencuci handuk baru dengan cara yang tepat karena inilah langkah paling jitu untuk mencegah penyebaran mikroba. Jika tidak, beragam mikroba pada handuk baru dapat menginfeksi tubuh ketika Anda menyentuh mata, hidung, dan mulut.

Selain mikroba, handuk pun terpapar bahan kimia selama proses produksi. Bahan kimia tersebut berasal dari pemutih (bleach), pewarna, resin, formaldehida, serta zat lainnya yang ditambahkan dalam tahap akhir pembuatan handuk.

Bahan-bahan kimia pada handuk baru dapat memicu reaksi alergi atau menyebabkan dermatitis kontak apabila bersentuhan dengan kulit. Dilansir dari DermNet NZ, gejala umumnya antara lain ruam, gatal, serta munculnya bentol bersisik.

Mencuci handuk baru dengan cara yang benar mungkin tidak menghilangkan seluruh bahan kimia yang menempel pada produk. Meski demikian, Anda dapat mengurangi risiko terkena dermatitis kontak ataupun alergi akibat bahan kimia.

Tips mencuci handuk baru sebelum digunakan

Cara Anda mencuci handuk untuk pertama kali dapat memengaruhi kelembutan, daya tahan, dan kemampuannya dalam menyerap air. Jadi, pastikan Anda mengikuti langkah mencuci yang tepat agar kualitas handuk tetap terjaga.

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Mencuci handuk dengan mesin cuci

Pertama-tama, perhatikan label panduan mencuci yang menempel pada handuk. Jika terdapat simbol ‘hot water’ atau ‘cold water’, berarti handuk tidak bisa dicuci dengan mesin cuci. Anda perlu mencuci handuk baru tersebut dengan cara dikucek.

Pisahkan handuk putih dari handuk berwarna untuk mencegah luntur. Cuci handuk putih dengan cara yang sama seperti mencuci baju biasa. Lalu, cuci handuk berwarna menggunakan detergen dengan jumlah setengah dari yang biasa Anda gunakan.

Tuangkan 240 ml cuka putih ke dalam handuk yang sudah diberikan detergen. Cuka berguna untuk menjaga warna handuk agar tahan lama. Cuci selama beberapa menit. Gunakan air hangat bila dibolehkan dalam label instruksi mencuci.

Angkat handuk dan gosok-gosok untuk mengurangi air berlebih. Setelah air berkurang, keringkan handuk dengan pengering pada mesin cuci. Angkat handuk yang sudah bersih, lalu jemur di tempat yang terkena angin.

2. Mencuci dengan dikucek

mencuci handuk

Beberapa jenis handuk dibuat dari bahan yang lebih lembut sehingga tidak bisa dicuci dengan mesin. Jadi, Anda harus mencucinya dengan tangan. Cukup siapkan bak besar, isi dengan air bersuhu biasa, lalu tuangkan deterjen cair dan campurkan hingga rata.

Masukkan handuk hingga seluruhnya berada di air, kemudian rendam sebentar. Setelah sepuluh menit, angkat handuk dan kucek seperti ketika Anda mencuci pakaian. Teruskan hingga mencapai seluruh bagian handuk.

Begitu seluruh bagian handuk sudah dikucek, buang air rendaman. Bilas handuk hingga tidak ada busa yang menempel. Peras seluruh bagian handuk untuk mengurangi air berlebih, lalu jemur di tempat yang terkena angin.

Handuk baru dapat menjadi sumber penyakit jika Anda tidak mencuci barang ini dengan benar. Pasalnya, berbagai macam virus, bakteri, dan bahan kimia yang menempel dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Sebelum memakai handuk baru, pastikan Anda sudah mencucinya terlebih dahulu. Baik dengan dikucek ataupun menggunakan mesin cuci, yang terpenting Anda mencuci handuk secara menyeluruh dan menjemurnya hingga betul-betul kering.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Langkah-langkah Mencegah Jamur Pada Pakaian, Kunci Kulit Sehat Bebas Jamuran

Anda yakin pakaian yang Anda cuci bebas kontaminasi bakteri dan jamur pada pakaian? Sudah tahu cara mencuci pakaian yang benar? Cari tahu dulu di sini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Tips Sehat 15 November 2017 . Waktu baca 3 menit

Cuci Tangan Dengan Sabun atau Hand Sanitizer, Mana yang Lebih Baik?

Seberapa efektif sanitizer membunuh kuman dibandingkan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air? Mari lihat faktanya berikut ini!

Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Hidup Sehat, Tips Sehat 31 Januari 2017 . Waktu baca 5 menit

Mencuci Celana Jins Harusnya Seberapa Sering?

Makin jarang dicuci, jins denim kesayangan pasti lebih nyaman dipakai. Lalu bagaimana dengan bakterinya? Nah, ini dia panduan mencuci celana jins Anda.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 29 Desember 2016 . Waktu baca 4 menit

Bolehkah Memakai Bra yang Sama Lebih dari Sehari?

Banyak wanita tak ganti bra dua hari berturut-turut, namun ada juga yang langsung mencuci bra setelah sekali pakai. Bagaimana seharusnya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 21 Desember 2016 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tips menyimpan pakaian kotor

3 Cara Menyimpan Pakaian Kotor Selama Liburan Berlangsung

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit
mencuci handuk

Agar Tidak Jadi Sarang Kuman, Harus Seberapa Sering Mencuci Handuk?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 5 Februari 2019 . Waktu baca 3 menit
cara mencuci baju bayi

Panduan Tepat Mencuci Baju Bayi Supaya Bersih, Tidak Cepat Rusak, dan Aman Bagi Kulitnya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 30 April 2018 . Waktu baca 4 menit
mencuci baju bayi

Perlukah Mencuci Baju Bayi Pakai Detergen Khusus?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2018 . Waktu baca 3 menit