Pacar Tak Juga Mengenalkan Saya ke Orangtuanya, Wajar Atau Tidak, Sih?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 8 Desember 2018 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Menjajaki hubungan pacaran yang cukup lama tentu membuat Anda dan pasangan tak ingin terus-terusan berada dalam fase hubungan yang itu-itu saja. Ya, Anda berdua mungkin pernah terbesit untuk maju ke jenjang yang lebih serius. Beberapa wanita menganggap bahwa salah satu ciri pasangan yang serius adalah saling mengenalkan ke orangtua masing-masing. Namun, bagaimana jika Anda ternyata tak kunjung dikenalkan ke orangtua atau teman-temannya, padahal Anda sudah lebih dulu melakukannya? Ini wajar atau tidak, sih? Psstt.. Cari tahu jawabannya lewat ulasan berikut ini.

Pacar tak juga mengenalkan ke orangtua, normal atau tidak?

tidak mencintai pasangan

Katanya, salah satu bukti keseriusan suatu hubungan adalah saling mengenalkan ke orangtua masing-masing. Maksudnya pasangan mengenalkan Anda ke orangtuanya dan Anda pun juga mengenalkan si pacar ke orangtua dan keluarga Anda.

Namun, apa jadinya kalau pacar tak juga mengenalkan Anda ke orangtua? Bagi wanita, hal ini mungkin bisa sangat merusak mood dan membuatnya merasa tidak diakui sebagai pacar.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada Journal of Family Studies tahun 2013, mengenalkan pacar ke orangtua adalah salah satu bukti komitmen dengan pasangan. Ketika pacar mengenalkan ke orangtuanya, ini artinya pacar Anda sudah siap berkomitmen dan ingin menjajaki hubungan yang lebih serius ke depannya bersama.

Sebaliknya, jika pacar belum juga mengenalkan Anda ke orangtuanya, bisa jadi ini pertanda bahwa pasangan masih belum siap menjalin hubungan yang serius dengan Anda. Hati-hati, hubungan Anda berdua malah bisa dianggap sebagai hubungan yang sembunyi-sembunyi alias backstreet.

Namun, perlu dicatat bahwa ini tidak selalu berarti bahwa pasangan tidak serius dengan Anda, lho. Sebab, mungkin juga pasangan Anda masih merasa takut bila nanti orangtuanya akan menolak atau melarang Anda berdua berpacaran.

Kapan waktu yang tepat mengenalkan pacar ke orangtua?

menghadapi mertua

Ketika pacar memutuskan untuk mengenalkan ke orangtua pertama kali, ini tentu menjadi momen menegangkan sekaligus menantang bagi Anda. Anda tentu ingin memberikan kesan terbaik di hadapan orangtua si pacar, bukan?

Dikutip dari Psychology Today, kesan pertama adalah tonggak utama yang menentukan mulus atau tidaknya hubungan Anda berdua ke depannya. Tak ingin melewatkannya begitu saja, Anda tentu akan mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan berdandan cantik atau bahkan sampai menyiapkan makanan kesukaan si calon mertua.

Sebetulnya, tidak ada patokan khusus mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengenalkan pacar ke orangtua. Namun sebaiknya, segera lakukan ketika Anda berdua merasa siap untuk saling mengenalkan ke orangtua masing-masing.

Jangan tunda lagi untuk mengenalkan ke orangtua jika Anda merasa sudah siap menjajaki hubungan yang serius dengan pasangan. Selain mencoba bersikap terbuka dengan orangtua sendiri, ini juga bisa membantu Anda meyakinkan diri apakah pasangan Anda ini benar-benar yang terbaik untuk hidup Anda atau tidak.

Tak jarang, orangtua Anda akan mulai sering menanyakan seluk beluk kehidupan pacar. Entah itu latar belakang keluarganya, pendidikan, hingga pekerjaannya saat ini.

Eits, jangan cemas dulu. Hal ini wajar terjadi, kok. Justru, ini pertanda baik bahwa orangtua Anda ingin tahu lebih jauh tentang calon pendamping hidup Anda kelak. Anda juga bisa balik menanyakan pendapat mereka, apakah pacar Anda ini baik atau tidak di mata orangtua Anda.

Menurut sebuah studi dari Journal of Marriage and Family, persetujuan orangtua dapat memprediksi seberapa besar kelanggengan hubungan Anda berdua ke depannya. Sebab, rasanya tidak mungkin untuk menjalin hubungan asmara tanpa restu orangtua, bukan?

Kenalkan juga ke teman-teman Anda

olahraga bareng teman

Selain mengenalkan ke orangtua, penting juga bagi Anda untuk mengenalkan pacar ke teman-teman Anda. Kenapa begitu?

Seorang penulis Frientimacy: How to Deepen Friendships for Lifelong Health and Happiness, Shasta Nelson mengungkapkan bahwa mengenalkan pacar ke teman atau sahabat ternyata dapat membuat hubungan Anda berdua semakin intim, lho. Hal ini berlaku juga bagi Anda yang sudah menjalin hubungan dengan seorang teman dekat, meskipun belum sampai ke tahap berpacaran.

Perkenalan ini bisa membantu mendekatkan si pacar dengan sahabat-sahabat Anda. Begitu juga dengan Anda, Anda pun bisa menyesuaikan gaya pertemanan si pacar dan membaur dengan sahabat karibnya. Dengan begitu, Anda berdua tak lagi canggung dengan lingkup pertemanan masing-masing.

Jika Anda mencari hubungan yang serius, carilah seseorang yang juga mampu menunjukkan bahwa ia serius dengan Anda. Tak perlu buru-buru mengumbar janji untuk menikah, cukup dengan mengenalkan ke orangtua saja bisa menjadi salah satu langkah awal bagi Anda untuk berkomitmen dengan pasangan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Selain untuk PDKT, Inilah Alasan Seseorang Menggoda atau Flirting ke Orang Lain

Flirting atau menggoda adalah bagian dari komunikasi, tetapi terkadang menjadi ambigu. Pahami apa saja alasan orang menggoda (flirting) ke orang lain, yuk!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 06/06/2020 . Waktu baca 6 menit

4 Cara Mencegah Keluar Air Mani Saat Puasa

Bagi beberapa pria, air mani bisa bocor bahkan saat sedang tidak dirangsang. Ada beberapa cara mudah untuk mencegah air mani keluar saat puasa.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020 . Waktu baca 5 menit

Mengenal Hubungan Poliamori, Saat Cinta Anda Tak Hanya untuk Satu Orang

Menjadi yang kedua atau diduakan mungkin jadi hal yang tak pernah Anda inginkan. Namun, nyatanya tidak dengan hubungan poliamori. Apa itu poliamori?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Hidup Sehat, Seks & Asmara 13/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Mungkinkah Kita Bertemu Tambatan Hati pada Waktu yang Salah?

Ungkapan 'bertemu orang yang tepat pada waktu salah' atau sebaliknya sangat sering terdengar, tapi apakah bisa terjadi dalam kehidupan nyata?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Seks & Asmara 12/04/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cepat jatuh cinta

Psst, Jangan Buru-Buru Jatuh Cinta Nanti Jadi Cepat Benci!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 16/07/2020 . Waktu baca 5 menit
menyimpan rahasia dari pasangan

Pro dan Kontra Menyimpan Rahasia dari Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 16/07/2020 . Waktu baca 4 menit
hubungan baru setelah bercerai

Kapan Waktu Tepat Memulai Hubungan Baru Setelah Bercerai?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 16/07/2020 . Waktu baca 4 menit
orgasme tanpa disentuh

3 Hal yang Bisa Membuat Anda Orgasme Tanpa Disentuh

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit