5 Hal Wajib yang Anda Bersihkan setelah Berhubungan Intim

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 24/11/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ada kalanya Anda hanya fokus membersihkan Miss V saja setelah berhubungan intim. Padahal ada area lain yang perlu dibesihkan setelah bercinta. Pasalnya, cairan tubuh terpapar tak hanya di organ intim saja. Tetapi beberapa hal lainnya juga perlu dibersihkan.

Paparan tersebut perlu segera dibersihkan untuk menghindari perkembangan bakteri.

Selain Miss V, penting untuk membersihkan hal ini setelah berhubungan intim

Saat berhubungan intim, otomatis tubuh akan mengeluarkan keringat. Tak jarang juga Anda dan pasangan meninggalkan “jejak” lain pada area aktivitas seksual. 

Pakar seks Anne Hodder menyarankan agar pasangan perlu memperhatikan kebersihan setelah berhubungan intim. Kegiatan bersih-bersih init perlu dilakukan untuk meminimalkan risiko infeksi.

Maka dari itu, ketahui hal yang perlu Anda bersihkan setelah berhubungan intim.

1. Bersihkan orgam intim

cara menghilangkan jerawat di vagina

Pasti Anda sudah tahu bahwa Miss V perlu dibersihkan setelah berhubungan intim. Anda cukup membasuh area vulva. Rutinitas ini dapat menghindari Anda dari infeksi bakteri ragi pada vagina dan infeksi saluran kemih.

Tentu, hal ini juga berlaku pada laki-laki. Penis perlu dibersihkan secara lembut. Anda bisa membersihkannya secara perlahan untuk mencegah penumpukan semen dan menghindarkannya dari risiko infeksi. 

2. Bersihkan sex toy

sebelum dan setelah pakai sex toys

Tak hanya Miss V dan penis, Anda juga perlu membersihkan sex toy setelah berhubungan intim. Menjaga kebersihan sex toy sangat penting untuk menghindari risiko infeksi ketika Anda menggunakannya kembali.

Menurut Hodder, sex toy perlu dibersihkan berdasarkan materialnya. Secara umum, di setiap produk terdapat instruksi membersihkannya.

Misalnya, produk berbahan platinum-cured silicone dapat dibersihkan dengan cara dicelupkan pada air yang mendidih. Sementara itu, produk yang diklaim 100% tahan air dapat dibersihkan dengan sabun antibakteri dan air hangat.

3. Cuci tangan

Cuci tangan untuk mencegah virus penyebab hepatitis A

Selain Miss V, penis, dan sex toy, tangan juga perlu dibersihkan setelah berhubungan intim. Saat berhubungan intim, mungkin Anda juga menyentuh organ genital pasangan. Bakteri juga bisa berkembang melalui paparan tersebut.

Oleh karena itu, segera cuci tangan Anda untuk menghentikan persebaran infeksi. Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Lakukan hal ini secara rutin setelah berhubungan intim.

4. Membersihkan seprai

Jangan enggan membersihkan seprai setelah berhubungan intim demi kesehatan Miss V dan Mr. P. Menurut Felice Gersh, seorang ahli obstetri dan ginekologi dan penulis buku PCOS SOS: A Gynecologist’s Lifeline to Naturally Restore Your RhythmsHormones and Happiness, tells Health.

Menurutnya, sangat mungkin jika cairan semen, cairan vagina, saliva, dan keringat terpapar pada seprai. Bahkan dalam seks anal, mungkin saja seprai ternodai feses.

dr. Gresh mengatakan, tidak satu pun menginginkan adanya kotoran yang tertinggal pada seprai. Apalagi seprai akan digunakan kembali untuk Anda tidur.

Ada banyak bakteri yang dihasilkan ketika Anda berhubungan seks. Maka itu, sangat disarankan untuk segera mencuci dan mengganti seprai setelah berhubungan intim.

5. Membersihkan celana dalam

pakai celana dalam

Apakah Anda langsung mengenakan kembali celana dalam yang sama usai bercinta? Sebaiknya Anda juga perlu membersihkan celana dalam setelah berhubungan intim untuk menjaga kesehatan Miss V.

Saat Anda dan pasangan hendak melakukan seks, biasanya akan ada cairan yang keluar pada organ intim. Paparan cairan tersebut dapat membuat organ intim terasa lembab.

Pasalnya, bakteri dan ragi sangat mungkin berkembang di tempat yang lembab. Oleh karenanya, jangan lupa untuk mencuci celana dalam yang sudah Anda kenakan. Kenakan celana dalam yang kering agar Anda terhindar dari infeksi bakteri.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Hal yang Mesti Dilakukan Wanita Setelah Seks Saat Hamil

Sama seperti berhubungan seks pada umumnya, ada hal yang perlu dilakukan wanita setelah melakukan seks ketika hamil untuk menjaga kebersihan organ intimnya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 24/07/2018 . Waktu baca 4 menit

Apakah Perlu Merawat Kebersihan Vagina Dengan Facial Vagina?

Belakangan ini hadir sebuah tren baru untuk membersihkan vagina yang disebut facial vagina alias vajacial. Seperti apa caranya, dan apakah aman?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Perawatan Kewanitaan, Hidup Sehat 22/06/2018 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Seks Bikin Tidur Lebih Nyenyak?

Dibalik kenikmatannya tersimpan berbagai manfaat dalam hubungan seksual. Salah satunya tidur bisa lebih nyenyak setelah berhubungan seks. Apakah benar?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Hidup Sehat, Seks & Asmara 04/05/2018 . Waktu baca 3 menit

10 Pertanyaan yang Paling Sering Diajukan Wanita Tentang Keputihan (Wajib Tahu Jawabannya!)

Banyak wanita yang langsung cemas dan waswas begitu tahu ia keputihan. Katanya, vagina keputihan itu tanda infeksi bahkan kanker serviks. Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Perawatan Kewanitaan, Hidup Sehat 23/04/2018 . Waktu baca 11 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Bagian vagina yang tidak dan boleh dibersihkan

Bagian Vagina yang Boleh dan Tidak Boleh Dibersihkan

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 16/12/2019 . Waktu baca 4 menit
kapan membersihkan vagina

3 Waktu yang Tepat untuk Membersihkan Vagina, Selain Setelah Buang Air

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 14/09/2019 . Waktu baca 3 menit
pembalut bikin susah hamil

Sering Pakai Pembalut Bikin Susah Hamil, Mitos Atau Fakta?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2019 . Waktu baca 4 menit
setelah berhubungan intim

Setelah Berhubungan Intim, Baiknya Tidur Pakai Celana Dalam Atau Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 08/03/2019 . Waktu baca 3 menit