Mengenal Jenis-Jenis Ketertarikan Pria dan Wanita, Tak Selalu Ingin Pacaran, Lho

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Pernahkah Anda berhubungan dekat dengan seorang pria, tapi tidak berakhir menjadi pasangan? Jangan berprasangka buruk dulu. Ketertarikan pria dan wanita nyatanya tidak selalu dilandaskan oleh keinginan untuk menjalin hubungan asmara. Untuk itu, kenali berbagai jenis ketertarikan berikut ini.

Jenis-jenis ketertarikan pria dan wanita

quality time dengan pasangan

Rasa tertarik tidak hanya muncul dalam bentuk asmara sehingga membuat Anda ingin menjadi pasangan bagi orang lain. Setidaknya, terdapat lima jenis ketertarikan yang dapat Anda alami, berikut di antaranya.

1. Ketertarikan asmara

Ketertarikan asmara adalah keinginan seseorang untuk menjalin hubungan asmara dengan orang lain, dengan atau tanpa keinginan untuk melakukan interaksi seksual.

Saat Anda menyukai seseorang dan menginginkannya sebagai pasangan Anda, kondisi ini disebut sebagai ketertarikan asmara.

2. Ketertarikan seksual

Ketertarikan pria dan wanita yang bersifat seksual muncul sebagai sifat alami makhluk hidup, yakni keinginan untuk melakukan interaksi seksual dengan individu lain.

Rasa tertarik secara seksual inilah yang merupakan alasan di balik munculnya gairah untuk melakukan kegiatan intim saat bersama pasangan.

3. Ketertarikan fisik

Ketertarikan fisik adalah keinginan untuk melakukan interaksi fisik tanpa latar belakang gairah seksual. Misalnya, saat Anda ingin memeluk, mencium, atau sekadar menyentuh orang yang Anda sayangi.

Jenis ketertarikan ini tidak selalu melibatkan pasangan. Anda juga dapat merasakan ketertarikan ini pada teman atau keluarga.

4. Ketertarikan emosional

Rasa tertarik secara emosional menunjukkan bahwa Anda ingin terhubung dan terbuka kepada orang lain. Anda pun merasa nyaman saat membicarakan berbagai hal dengannya.

Seperti ketertarikan fisik, jenis ketertarikan ini dapat melibatkan pasangan, keluarga, atau sahabat.

5. Ketertarikan estetik

Rasa tertarik secara estetik muncul ketika Anda terpikat pada penampilan orang lain tanpa melibatkan asmara atau gairah seksual. Ketertarikan ini tidak hanya tertuju dari pria pada wanita, tetapi siapa pun yang menarik perhatian Anda.

Tahap-tahap ketertarikan pria pada wanita

pasangan beda usia jauh

Lalu, bagaimana caranya mengetahui bahwa seseorang tertarik kepada Anda dan ingin membangun hubungan asmara?

Secara biologis, ketertarikan terjadi dalam tiga tahap yang terbagi, seperti piramida. Tingkatan status dan kondisi kesehatan berada pada bagian dasar, tingkatan emosional berada di tengah, sementara tingkatan logika berada di puncaknya.

Sadar ataupun tidak, hal pertama yang membuat seseorang tertarik kepada orang lain adalah status dan kondisi kesehatannya. Status sendiri masih terbagi lagi menjadi dua, yaitu:

  • Status internal: kemampuan, kepercayaan diri, nilai-nilai pribadi.
  • Status eksternal: kepemilikan akan sesuatu, pekerjaan, dan penanda fisik.

Seorang pria juga akan memiliki ketertarikan lebih kepada wanita yang memiliki status dan kondisi kesehatan yang baik. Bahkan, sebuah penelitian menemukan bahwa pria memiliki ketertarikan yang lebih besar pada wanita bertubuh bugar, bukan kurus seperti anggapan yang beredar luas.

Selanjutnya, tingkatan ini akan berkembang ke arah hubungan emosional. Pria maupun wanita akan lebih tertarik kepada orang yang bisa dipercaya, memberikan kenyamanan, dan memicu rasa penasaran. Di sinilah orang biasanya jatuh cinta dan memutuskan untuk menjalin hubungan.

mengatasi PTSD

Tingkatan teratas adalah logika. Pada tahap ini, pasangan akan mempertimbangkan berbagai hal dan saling meyakinkan diri.

Misalnya, apakah mereka benar-benar cocok, apakah mereka ingin menikah serta memiliki keturunan, dan lain sebagainya.

Jika tingkatan-tingkatan ini terpenuhi, maka kemungkinan untuk menjalin hubungan asmara menjadi lebih besar. Jadi, Anda tidak perlu merasa minder jika pria yang dekat dengan Anda tidak kunjung menyatakan cinta.

Bisa jadi, walau tak menimbulkan ketertarikan asmara, kehadiran Anda telah menciptakan ketertarikan emosional atau estetik yang membuatnya senang berada di dekat Anda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca