Pakai Moisturizer Setelah Menggunakan Sheet Mask, Penting Atau Tidak, Sih?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 26/10/2019 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Sehabis panas-panasan terkena sinar matahari, debu, dan polusi udara sehari penuh, banyak para wanita yang memilih untuk memanjakan wajahnya dengan menggunakan masker. Dari berbagai jenis masker wajah yang ada, sheet mask termasuk yang sering sekali menjadi pilihan. Lantas, setelah pakai sheet mask, apakah masih harus menggunakan pelembap (moisturizer)?

Apa kandungan yang ada di dalam sheet mask?

efek samping sheet mask steroid

Ada banyak jenis masker wajah yang bisa Anda gunakan. Namun, sheet mask biasanya menjadi satu dari beberapa masker wajah yang paling sering digunakan.

Khususnya bagi Anda yang ingin melakukan perawatan wajah tapi tidak mau repot, sheet mask seolah menjadi pilihan terbaik. Hal ini dikarenakan sheet mask hadir dalam bentuk lembaran, yang sudah diperkaya dengan banyak serum atau essence dan air di dalamnya.

Jadi, Anda bisa langsung menggunakannya tanpa perlu meracik masker sebelum digunakan. Berbeda dengan beberapa jenis masker wajah lainnya yang perlu diracik dan dicampur dengan air, kemudian baru dioleskan ke wajah.

Ditambah lagi dengan kandungan serum yang membasahi sheet mask, biasanya akan membuat wajah terasa segar setelah dipakai. Dendy Engelman, M.D, seorang dermatologist di New York, kandungan yang ada di dalam sheet mask mampu menghidrasi kulit, sehingga membuatnya jauh lebih lembap.

Hyaluronic acid, ceramide, dan antioksidan merupakan beberapa jenis bahan yang biasa ditemukan di sebagian besar sheet mask. Hyaluronic acid bertugas untuk menghidrasi, mengunci kelambapan, sekaligus meningkatkan tekstur kulit.

Fungsi ceramide yakni menjaga kelembapan serta menghalangi efek buruk dari polusi dan bakteri. Sementara antioksidan dapat membantu melindungi kulit dari serangan radikal bebas, yang bisa mengakibatkan penuaan.

Nah, yang kerap menjadi pertanyaan bagi para penggemar sheet mask, yakni mengenai produk skin care yang perlu digunakan setelah pakai sheet mask, contohnya pelembap.

Perlukah pakai pelembap setelah menggunakan sheet mask?

sheet mask

Pada dasarnya, kandungan serum yang ada di dalam sheet mask bisa membantu membuat wajah lebih lembap dan terhidrasi. Bagi beberapa orang yang kulitnya normal atau berminyak, pemakaian sheet mask saja biasanya sudah cukup untuk mengakhiri serangkaian tahapan skin care.

Namun, jika tipe kulit Anda tergolong kering, tidak ada salahnya untuk pakai pelembap setelah selesai menggunakan sheet mask. Pelembap alias moisturizer biasanya digunakan sebagai penutup di tahap akhir skin care.

Ini karena penggunaan pelembap bertugas untuk “mengunci” sejumlah serum atau essence yang telah meresap ke dalam kulit wajah. Di sisi lain, pakai pelembap setelah sheet mask juga dapat membantu menjaga kulit terhidrasi dan lembap lebih lama.

Jangan khawatir kalau pelembap akan mengganggu proses penyerapan serum dari sheet mask. Pasalnya, pelembap justru membantu mempertahankan serum pada kulit, agar tekstur kulit wajah tidak terasa kering.

Bahkan, kulit akan semakin terasa lembut usai pakai pelembap setelah sheet mask. Supaya terasa lebih nyaman dan tidak lengket, Anda bisa memilih pelembap dengan tekstur yang ringan dan tidak menyisakan residu di wajah.

Hindari membilas wajah setelah pakai sheet mask

mandi malam paru-paru basah

Pilihan untuk pakai pelembap setelah selesai menggunakan sheet mask sebenarnya bukanlah suatu keharusan. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan jenis dan kebutuhan kulit.

Jika penggunaan sheet mask saja dirasa sudah cukup membantu membuat kulit wajah terasa lebih segar, lembut, dan lembap, sah-sah saja untuk mengakhiri tahapan skin care Anda. Sebaliknya, bila ternyata kulit Anda sedang sangat kering dan membutuhkan kelembapan lebih banyak, tentu pelembap bisa Anda pakai setelah sheet mask.

Hanya saja, sama seperti produk perawatan wajah (skin care) lainnya, sheet mask juga punya aturan penggunaan tersendiri. Biasanya, jenis masker wajah lain dalam bentuk bubuk, clay mask, maupun gel, perlu dibilas dengan air setelah digunakan.

Sementara pada sheet mask, Anda sangat tidak dianjurkan untuk membasuh wajah setelah menggunakannya. Alih-alih membuat kulit lebih lembap dan lembut, serum atau essence yang Anda di kulit wajah justru menjadi terbuang dan larut bersama air.

Alhasil, penggunaan sheet mask menjadi percuma dan tidak memberikan manfaat baik setelahnya. Apabila serum yang menempel di wajah setelah menggunakan sheet mask terasa agak lengket dan membuat Anda kurang nyaman, sebaiknya kipas-kipas wajah perlahan.

Cara ini setidaknya akan membantu mempercepat penyerapan serum, sehingga tidak akan terbuang percuma.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Hydrating Toner vs Exfoliating Toner, Mana yang Lebih Baik?

Toner adalah produk yang esensial untuk rutinitas perawatan kulit. Lantas, manakah yang lebih baik, exfoliating toner atau hydrating toner?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Hidup Sehat, Kecantikan 03/03/2020 . 6 mins read

Perlukah Anak Pakai Skin Care? Seperti Apa Produknya?

Skin care sangat dibutuhkan jika ingin memiliki wajah yang sehat dan bersih. Lantas apakah penggunaan skin care disarankan pada anak?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Kesehatan Anak, Parenting 02/03/2020 . 5 mins read

Moisturizer Dulu Atau Sunscreen? Ini Urutan Pemakaian yang Benar

Urutan pemakaian skincare terkadang memang membingungkan. Antara moisturizer atau sunscreen, mana yang perlu dipakai lebih dulu?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 09/02/2020 . 3 mins read

Harus Pakai Skin Care Berapa Lama Hingga Hasilnya Terlihat?

Kira-kira, berapa lama produk skin care akan menunjukkan hasil dan perubahan pada kulit wajah Anda? Untuk tahu jawabannya, simak artikel berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 05/02/2020 . 4 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

jerawat gara-gara kacamata

Cara Mencegah Masalah Jerawat Gara-gara Pemakaian Kacamata

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 22/05/2020 . 4 mins read
Skin care dengan asam aktif

Manfaat dan Cara Aman Pakai Skin Care yang Mengandung Asam Aktif

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020 . 4 mins read
pelembab kulit eksim

Tips Memilih Pelembap untuk Kulit Eksim

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 18/04/2020 . 4 mins read

Waktu Terbaik Memakai Masker Wajah Ternyata Tergantung Pada Jenis Kulit Anda

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 08/03/2020 . 4 mins read