Haruskah Pakai Conditioner Setelah Keramas?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 16/10/2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Siapa tidak ingin punya rambut indah dan sehat? Baik pria dan wanita tentu ingin hal ini. Rutin mencuci rambut merupakan salah satu kuncinya. Tak hanya itu, banyak produsen produk perawatan rambut juga menyarankan agar Anda pakai conditioner setelah pakai sampo. Tapi, apa benar conditioner memang berpengaruh untuk kesehatan rambut?

Apakah harus pakai conditioner setelah keramas?

Conditioner merupakan salah satu produk yang disarankan untuk dipakai setelah sampo. Conditioner ini berfungsi untuk menghidrasi kutikula (lapisan terluar rambut), sehingga kutikula yang renggang menjadi rapat lagi. Hal ini menambah kelembapan rambut yang mungkin hilang saat memakai shampo. Juga, membuat rambut terasa lebih halus dan lembut, serta membuat rambut Anda lebih mudah diatur.

Seperti yang disarankan oleh Nick Arrojo, penulis “Great Hair: Secrets to Looking Fabulous and Feeling Beautiful Every Day”, sebaiknya pakai conditioner setiap kali Anda mencuci rambut, dilansir dari WebMD.

Pemakaian conditioner sangat diperlukan, terutama untuk rambut kering, rapuh, rambut berwarna, atau rambut yang sering terpapar dengan bahan kimia atau proses styling. Dengan menggunakan conditioner, kelembapan rambut Anda akan terjaga sehingga rambut tampak lebih indah dan sehat.

Bagaimana cara memakai conditioner?

Sebelum pakai conditioner, sebaiknya baca aturan pakai. Banyak produk menyarankan agar menggunakan conditioner setelah pakai sampo. Hal ini karena shampo biasanya dapat menghilangkan kelembapan rambut Anda, membuat rambut menjadi lebih kering. Sehingga, dengan menggunakan conditioner setelah shampo, maka kelembapan rambut Anda akan kembali lagi.

Selain itu, hindari menggunakan conditioner sampai akar rambut. Cukup oleskan conditioner dari batang sampai ujung rambut. Ini merupakan cara terbaik untuk melembapkan rambut Anda di tempat yang paling membutuhkan kelembapan.

Juga, jangan terlalu banyak saat pakai conditioner, ini justru dapat membuat rambut terlihat tidak bervolume dan rata begitu saja. Sebaiknya pakai conditioner secukupnya saja.

berhenti keramas pakai shampo

Kenali jenis rambut Anda

Sebelum memilih sampo dan conditioner, sebaiknya kenali dulu jenis rambut Anda. Berbeda jenis rambut akan berbeda pula jenis sampo dan conditioner yang sebaiknya dipakai. Setiap orang mempunyai jenis rambut yang berbeda-beda.

Jika memang rambut Anda sudah berkilau dan indah sejak lahir, Anda mungkin tidak perlu pusing-pusing harus memilih sampo seperti apa dan harus memakai conditioner atau tidak. Namun, kebanyakan orang harus benar-benar merawat rambutnya dengan baik untuk mendapatkan rambut yang indah.

Seperti yang dijelaskan oleh Arrojo, ada lima jenis rambut yang membutuhkan perawatan berbeda, yaitu:

  • Rambut normal atau halus, cuci rambut dengan sampo dan conditioner yang dapat menambah volume rambut
  • Rambut keriting, pakai sampo dan conditioner khusus untuk rambut kering untuk mencegah rambut menjadi kering dan tidak beraturan
  • Rambut kering, pilih shampo yang mengandung moisturizer untuk menambah kelembapan rambut. Anda bisa memilih sampo yang mengandung minyak kelapa, minyak alpukat, atau minyak argan. Juga, pilih conditioner yang khusus rambut kering.
  • Rambut berminyak, pilih sampo khusus untuk rambut berminyak dan pilih conditioner yang hanya mengandung sedikit minyak. Jika muncul ketombe (masalah pada rambut berminyak), pilih sampo antiketombe yang mengandung bahan seperti ketoconazole, zinc pyrithione, atau selenium sulfide.
  • Rambut berwarna, pilih sampo dan conditioner yang bisa melembabkan rambut dan tidak menghilangkan warna rambut Anda.

Jadi, pilihlah sampo dan conditioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Hal ini membuat shampo dan conditioner bisa bekerja lebih baik pada rambut Anda dan memberikan hasil yang sempurna.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Lupakan Catok, Ini 5 Tips Meluruskan Rambut Secara Alami

Beberapa wanita mungkin mendambakan rambut yang lurus karena mudah diatur. Inilah beragam cara meluruskan rambut secara alami yang bisa dicoba.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 02/01/2020 . Waktu baca 4 menit

3 Khasiat Masker Pisang untuk Rambut yang Lebih Indah dan Kuat

Siapa bilang pisang hanya untuk dimakan? Pisang juga bisa diolah menjadi masker yang baik untuk rambut. Apa saja manfaat masker pisang untuk rambut?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 16/12/2019 . Waktu baca 5 menit

Apakah Anda Mempunyai Rambut yang Sehat? Temukan Jawabannya di Sini!

Ciri-ciri rambut sehat umumnya dimiliki oleh orang yang juga menjaga kesehatan tubuhnya, sehingga rambutnya terlihat lebih baik dibandingkan orang lain.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat, Kecantikan 06/10/2019 . Waktu baca 4 menit

Benarkah Sampo Kuda Ampuh Memanjangkan Rambut?

Sampo kuda digadang-gadang sebagai sampo paling ampuh untuk memanjangkan rambut. Tak heran bila sampo ini banyak dicari orang. Tapi, benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Kecantikan 14/09/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara potong poni sendiri

Cara Potong Poni Sendiri di Rumah Tanpa Takut Gagal

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 12/05/2020 . Waktu baca 3 menit
merawat rambut bagi wanita berhijab

9 Trik Mudah Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020 . Waktu baca 6 menit
dewasa pakai sampo bayi

Apa Orang Dewasa Boleh Pakai Sampo Bayi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 22/02/2020 . Waktu baca 3 menit
conditioner kena kulit kepala

Bolehkah Kondisioner Digunakan di Kulit Kepala?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 10/01/2020 . Waktu baca 4 menit