Sudah Pernah Coba Pijat Kaki Sendiri? 3 Kebaikan Ini yang Akan Anda Dapatkan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Pijat sudah dipercaya sebagai salah satu metode alternatif untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Salah satu yang sering dan masih dilakukan sampai saat ini adalah pijat kaki. Ternyata tak hanya dapat menghilangkan rasa sakit atau menyembuhkan cedera pada kaki, pijat kaki juga punya segudang manfaat bagi kesehatan. Lalu, apa saja manfaat pijat refleksi kaki untuk kesehatan?  Mari simak manfaat pijat refleksi kaki di bawah ini

Segudang manfaat pijat kaki untuk kesehatan

1. Melepaskan stres

beda stres akut dan ptsd

Memijat kaki bermanfaat untuk mengurangi kecemasan dan memunculkan sensasi rileks yang menyenangkan bagi tubuh. Penting untuk mengetahui, bahwa di permukaan telapak kaki terdapat titik refleks yang dinamakan solar plexus.

Solar plexus ini semacam titik yang berisi semua sumber stres di dalam tubuh. Jika Anda rutin memijat atau melakukan refleks pada kaki, Anda perlahan bisa membuang stress di tubuh satu persatu lewat pijatan refleksi telapak kaki Anda.

2. Meningkatkan dan memperlancar sirkulasi darah

manfaat dan risiko pijat refleksi

Aliran darah membawa banyak nutrisi dan oksigen untuk dibagikan ke berbagai sel-sel dalam tubuh. Darah juga berfungsi untuk membersihkan kotoran dan racun dari tubuh.

Sayangnya saat Anda stres, aliran darah akan terbatas dan tidak mampu bekerja melaksanakan tugasnya untuk tubuh. Maka dari itu, pijat refleksi kaki dirasa pas dan bermanfaat untuk mengurangi stres serta membantu sirkulasi darah mengalir tanpa hambatan.

3. Mengurangi rasa nyeri

sakit telapak kaki atas saat jalan

Pijat refleksi pada kaki juga membantu mengurangi rasa nyeri.  Pijat refleksiologi pada kaki mampu mengeluarkan lebih banyak hormon endorphin. Hormon endorphin ini berguna untuk memblokir sinyal rasa sakit ke otak.

Endorphin adalah hormon penghilang rasa sakit yang lebih kuat dari obat morfin. Orang yang sedang mengalami rasa sakit, bisa mencoba refleksiologi untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan. 

Tips dan cara melakukan pijat kaki sendiri di rumah

Biasanya, pijat kaki bisa didapatkan di tempat pijat atau klinik refleksiologi tertentu. Sayangnya, tidak semua orang berkesempatan mengunjungi tempat pijat kaki di sela-sela waktu sibuknya. Tidak perlu khawatir, karena Anda masih bisa untuk memijat kaki di rumah layaknya pemijat profesional dengan beberapa tips dan cara berikut ini:

  • Pertama, duduk di kursi dan posisikan tubuh senyaman mungkin.
  • Lalu, tekuk kaki kiri, angkat dan dan istirahatkan kaki kiri dengan lembut di atas paha kanan Anda.
  • Tuang sedikit losion atau minyak esensial kulit ke tangan Anda. Gosokkan dengan lembut ke kaki Anda dan pijat seluruh kaki Anda termasuk jari-jari kaki, lengkungan jari, dan tumit.
  • Lakukan pijatan lebih dalam. Tekan buku-buku jari tangan kanan Anda ke kaki kiri Anda.
  • Pijat dan remas perlahan jari jemari kaki. Anda juga perlahan bisa menarik jari-jari Anda ke luar bersamaan ataupun secara terpisah. Ini bisa meregangkan otot-otot di bawahnya.Jangan lupa ulangi dengan kaki satunya.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Mei 27, 2018 | Terakhir Diedit: Mei 21, 2018

Yang juga perlu Anda baca