4 Jenis Teh yang Bermanfaat Membantu Tubuh Melawan Peradangan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Beberapa tanaman memiliki sifat anti-peradangan atau inflamasi. Anda bisa mendapatkan khasiatnya ini dengan mengolahnya dan menjadikannya teh. Namun, tidak semua jenis teh cocok dan bermanfaat untuk inflamasi atau peradangan. Teh apa saja yang cocok untuk mengatasi peradangan?

Jenis teh yang membantu mengatasi peradangan

Menurut ahli reumatologi, dr. Bukowski, MD, PhD, kepada Arthritis Foundation, kebiasaan minum teh dapat meningkatkan kemampuan sel untuk memerangi infeksi virus dan bakteri. Jika infeksi virus dan bakteri bisa dicegah, tentu akan mengurangi risiko penyakit flu dan pilek. 

Ini dia beberapa jenis teh yang membantu Anda mengatasi peradangan karena kandungan anti-inflamasi yang ada di dalamnya. 

1. Teh hijau

manfaat minum teh hijau

Pada tahun 2015 terdapat sebuah penelitian yang mencari tahu peran teh hijau di dunia kesehatan. Di dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa terkandung polifenol pada daun teh hijau yang paling berpotensi, yaitu Epigallocatechin gallate (EGCG). 

EGCG merupakan senyawa yang bersifat anti-peradangan dan dapat membantu meringankan rasa nyeri yang terkait dengan penyakit peradangan usus. Itu sebabnya, teh hijau disebut sebagai salah satu minuman yang dapat berguna untuk mengatasi peradangan. 

Cara menyeduh teh hijau pun terbilang mudah karena Anda hanya membutuhkan daun teh hijau dan infuser yang berisi air mendidih untuk menghasilkan teh hijau.

Anda juha bisa menggunakan bubuk matcha, daun teh hijau yang sudah ditumbuk halus, untuk dijadikan teh dan dikonsumsi bersama susu sesuai selera. 

Walaupun sehat untuk tubuh, terlalu banyak mengonsumsi teh pun akan berdampak pada peningkatan kadar gula Anda. Bagi orang yang ingin minum teh hijau sebagai pendukung untuk mengatasi peradangan, konsultasikan dulu dengan dokter agar dapat mengetahui kondisi Anda cocok atau tidak. 

2. Teh hitam 

manfaat teh hitam

Selain teh hijau, jenis teh yang dapat membantu Anda mengatasi peradangan adalah teh hitam. Walaupun berasal dari tumbuhan yang sama, teh hitam telah teroksidasi, yaitu daunnya terpapar oleh udara lembap dan kaya akan oksigen. 

Akibatnya, daun hijau tersebut berubah warna menjadi hitam kecoklatan. Teh hitam pun mengandung senyawa yang sama dengan teh hijau, yakni polifenol.

Meski begitu, minum teh hitam terlalu banyak bisa menyebabkan tekanan darah Anda naik sementara waktu.

Lagi-lagi, jika ingin mengonsumsi teh hitam secara rutin untuk mempercepat mengatasi peradangan yang Anda miliki, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dulu.

3. Teh kunyit

teh kunyit herbal jamu
Sumber: Keri Brooks

Hampir semua orang Indonesia pasti tahu rempah bernama kunyit memiliki segudang manfaat. Kandungan kurkumin pada kunyit dipercaya dapat mengurangi nyeri dan peradangan. 

Menurut seorang ahli diet kesehatan, Krista Kohls, RD, CD, kunyit mungkin dapat membantu menurunkan kolesterol, gatal-gatal, dan osteoarthritis. Akan tetapi, masih sangat sedikit penelitian yang mendukung pernyataan ini, sehingga penggunaannya pun mesti dibatasi pada orang tertentu, seperti:

  • Bagi penyandang kolesterol tinggi disarankan mengonsumsi 1,4 gram ekstrak kunyit yang sudah dibagi dalam dua dosis setiap hari selama 3 bulan. 
  • Bagi penderita osteoarthritis dianjurkan hanya mengonsumsi 500 mg 2-4 kali sehari selama 12 minggu. 

Teh kunyit umumnya dikonsumsi bersama dengan susu, sehingga teh susu berwarna kuning keemasan ini disebut sebagai golden milk. Akan tetapi, masih ada resep lainnya yang bisa membuat campuran kunyit dan rempah lainnya menjadi teh tradisional. 

4. Teh putih

teh putih

Teh putih merupakan variasi lain dari teh hijau yang terkenal di China. Sama seperti teh hijau, teh putih mengandung polifenol berupa katekin yang memiliki sifat anti-peradangan. 

Kandungan antioksidan dan anti-peradangan pada polifenol berguna untuk membasmi radikal bebas yang ada di tubuh.  

Oleh karena itu, teh putih termasuk dalam jenis teh yang bisa membantu Anda mengatasi peradangan. Ingat, konsultasikan dengan dokter Anda dahulu sebelum rutin minum teh putih. 

Pada dasarnya, Anda tetap dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum rutin minum teh untuk mengatasi masalah peradangan yang Anda miliki. Terlebih, apabila Anda juga telah mengonsumsi obat-obatan dari dokter dan meragukan keamanan dari kandungan tanaman serta rempah yang digunakan. 

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca