Tangan Sering Terasa Hangat, Pertanda Apa, Ya?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 02/04/2020
Bagikan sekarang

Katanya, jika Anda mempunyai tangan yang hangat artinya Anda memiliki kepribadian yang hangat atau suka menolong. Nah, ternyata hal tersebut benar adanya. Sebuah penelitian tahun 2008 mengungkapkan bahwa orang yang tangannya sering terasa hangat, artinya mereka baik hati.

Akan tetapi, dalam kondisi medis, penyebab tangan terasa hangat tidak ada sangkut pautnya dengan kepribadian Anda. Ternyata, gejala tangan terasa hangat ini adalah awal mula dari berbagai penyakit. Tentu saja Anda tidak bisa menduga penyakit tersebut melalui tangan yang hangat.

Lantas, mengapa tangan terasa hangat, ya?

Penyebab tangan terasa hangat

Apabila tangan Anda terasa hangat dan merasakan sensasi terbakar artinya kemungkinan besar terdapat masalah pada kesehatan Anda. Walaupun gejala tangan hangat sendiri tidak bisa menjadi patokan, tetap saja Anda harus mewaspadainya.

1. Perubahan suhu di luar

mengatasi heat stroke serangan panas

Pertama-tama, hal yang paling masuk akal dan memang sering terjadi pada setiap orang adalah perubahan suhu lingkungan.

Jika cuaca saat itu sedang panas, hal tersebut juga akan berpengaruh pada tangan Anda. Misalnya, Anda sedang berkebun di taman rumah Anda. Pada saat berkebun, biasanya orang akan menggunakan sarung tangan agar tangannya tidak terlalu kotor. Nah, di sinilah penyebab tangan Anda terasa hangat.

Setiap aktivitas yang mengharuskan Anda memakai sarung tangan dan tertutup oleh cuaca cerah, biasanya membuat beberapa bagian dari tubuh Anda akan terasa lebih hangat.

2. Olahraga

Pada saat berolahraga, tubuh akan meningkatkan aliran darah. Hal tersebut ternyata bisa membuat suhu di tangan Anda terasa lebih panas daripada biasanya. Aktivitas fisik yang melibatkan tangan Anda bisa menjadi penyebab kondisi ini terjadi, seperti:

  • Mengetik
  • Menulis
  • Olahraga yang menggunakan kekuatan tangan, seperti latihan pegangan.

Tentu saja tangan hangat yang dirasakan setelah berolahraga tidak membutuhkan pengobatan apapun. Cukup mendiamkannya saja dan suhu di tangan Anda pun perlahan akan kembali seperti semula.

3. Selulitis

selulitis adalah

Tangan hangat mungkin artinya Anda mengalami penyakit selulitis. Selulitis adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri. Nah, perubahan suhu di tubuh ini pun bertujuan untuk melawan infeksi bakteri selulitis, sehingga daerah yang terinfeksi sering terasa lebih hangat daripada biasanya.

Biasanya, selulitis disebabkan oleh beberapa jenis bakteri yang masuk melalui luka dan menginfeksi jaringan di sekitarnya. Jika gejalanya berlanjut dari tangan hangat menjadi adanya pembengkakan, terasa nyeri, dan kemerahan, segera hubungi dokter Anda.

4. Sindrom carpal tunnel (CTS)

mengobati pergelangan tangan sakit carpal tunnel syndrome

CTS atau carpal tunnel syndrome adalah penyakit yang mempengaruhi pergelangan tangan dan tangan. Kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh penyempitan terowongan carpal karena pergelangan yang membengkak. Nah, saluran yang mengecil tersebut akhirnya menekan saraf medianus, sehingga menyebabkan berbagai gejala seperti:

  • Nyeri, kesemutan, dan mati rasa pada bagian tangan
  • Sering menjatuhkan sesuatu karena sulit menggenggam
  • Bahu dan lengan atas terasa tidak nyaman
  • Jika tangan diputar atau digerakkan, rasa nyeri semakin bertambah.

Orang-orang yang sering mengalami sindrom ini tentunya mereka yang menjalani profesi yang membutuhkan keahlian tangan. Mulai dari tukang daging, tukang ketik, hingga petugas kebersihan. Tentu saja Anda harus memeriksakan diri jika mengalami gejala-gejala di atas selain tangan yang terasa lebih hangat.

5. Neuropati perifer

Kondisi tangan hangat yang disebabkan oleh neuropati perifer sering dirasakan oleh para penyandang diabetes. Penyakit yang disebabkan oleh luka pada saraf tepi ini dapat menimbulkan kesemutan, mati rasa, dan sensasi yang tidak nyaman pada tangan dan kaki Anda.

Jika tangan dan kaki Anda terasa lebih sensitif terutama ketika cuaca ekstrim, segera periksakan ke dokter untuk perawatan lebih lanjut.

6. Fibromyalgia

fibromyalgia adalah

Bagi beberapa orang yang menderita fibromyalgia biasanya sangat peka terhadap perubahan suhu yang drastis di ruangan atau lingkungan. Hal tersebut bisa menyebabkan tangan mereka lebih panas daripada biasanya.

Nah, gangguan pada otak dalam memproses rasa sakit ini dapat disebabkan oleh faktor genetik, infeksi, atau trauma fisik dan emosional. Supaya Anda mendapatkan kepastian yang lebih menjamin, segera datangi dokter Anda untuk perawatan lebih lanjut.

7. Eritema palmar

Sensasi hangat dan terbakar pada kedua tangan juga bisa disebabkan oleh eritema palmar. Nah, kondisi yang mempengaruhi warna dan temperatur tangan ini belum diketahui penyebab pastinya, namun biasanya wanita hamil sering mengalami hal ini.

Hal tersebut dikarenakan tubuh ibu hamil sedang mengalami perubahan hormon yang menyebabkan estrogen semakin naik. Semakin tingginya kadar estrogen di dalam tubuh, semakin besar eritema palmar terjadi.

Bagi para ibu hamil tidak perlu khawatir, gangguan ini hanya berlangsung pada saat kehamilan, begitu melahirkan biasanya kondisi tangan akan kembali seperti biasanya.  Akan tetapi, alangkah baiknya Anda tetap berkonsultasi kepada dokter terlepas Anda hamil atau tidak.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui bukan bahwa tangan yang terasa hangat artinya bisa jadi terdapat gangguan pada kesehatan Anda. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala yang sangat mengganggu selain perubahan suhu pada tangan, segera konsultasikan kepada dokter Anda.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tangan dan Kaki Dingin Terus? Ini 6 Tips Jitu Mengatasinya

Terjebak di ruangan ber-AC dalam waktu yang lama memang bisa membuat tangan dan kaki dingin. Jangan khawatir. Berbagai cara ini mungkin bisa membantu.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Gambar Tangan Manusia Beserta Fungsi Setiap Bagiannya

Anda mungkin tidak dapat beraktivitas dengan lancar apabila tangan sedang sakit. Yuk, cari tahu penjelasan tentang gambar tangan dan fungsi setiap bagiannya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Jari Tangan Sering Gatal? Jangan Sepelekan, 5 Gangguan Kesehatan Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Kondisi kulit yang kering sering dikaitkan sebagai penyebab jari tangan gatal. Namun ternyata, ada beberapa penyakit yang bisa memicu rasa gatal juga.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Sering Nyeri dan Kesemutan di Jari? Waspada Sindrom Guyon!

Kesemutan mungkin tidak Anda anggap serius. Akan tetapi, kalau terlalu sering terjadi dan disertai rasa nyeri, bisa jadi Anda kena sindrom Guyon. Apa itu?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. William

Direkomendasikan untuk Anda

neuropati diabetik adalah komplikasi diabetes yang menyerang saraf

Mengenal Jenis-Jenis Neuropati Diabetik

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 04/02/2020
cara menjadi ambidextrous

3 Cara Mudah Melatih Diri Sendiri Agar Luwes Pakai Tangan Kanan dan Kiri (Ambidextrous)

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 19/12/2019
koordinasi mata dan tangan

Semakin Tua, Koordinasi Mata-Tangan Akan Menurun. Yuk, Jaga Dengan 4 Cara Ini!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 09/02/2019
neuropati perifer akibat kemoterapi

Memahami Neuropati Perifer, Kerusakan Saraf Tepi Akibat Pasca Kemoterapi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 28/01/2019