4 Macam Penyakit Jantung yang Paling Banyak Terjadi

Anda mungkin sering mendengar atau melihat peringatan: Waspada penyakit jantung! Penyakit jantung yang mana yang dimaksudkan? Sebenarnya ada berbagai macam tipe kelainan jantung dan dapat terjadi pada satu waktu yang sama. Berikut akan saya bahas beberapa jenis penyakit dan kelainan jantung yang paling sering ditemukan.

Jenis penyakit jantung yang paling umum

1. Penyakit Jantung Koroner

Mungkin jenis penyakit jantung ini yang paling terkenal dan ditakuti banyak orang. Penyakit jantung koroner adalah penyempitan pada pembuluh darah koroner. Pembuluh darah koroner adalah pembuluh yang mengalirkan darah kaya oksigen untuk sel-sel otot jantung.

Jadi, ketika pembuluh darah itu menyempit, oksigen tidak akan sampai ke jantung hingga akhirnya menyebabkan fungsi jantung terganggu. Biasanya, penyempitan pembuluh darah ini disebabkan adanya plak lemak menumpuk yang disebut dengan aterosklerosis.

Bila lemak yang menumpuk semakin banyak, area pembuluh darah yang menyempit akan kian meluas. Hal inilah yang akan memicu serangan jantung tiba-tiba.

Jika Anda dicurigai mengalami penyakit jantung koroner, maka dokter akan menyarankan untuk melakukan kateterisasi jantung atau CT Scan koroner. Saat pembuluh darah menyempit dan aliran darah terhambat tiba-tiba, maka seseorang akan mengalami apa yang disebut serangan jantung.

2. Penyakit katup jantung

Jantung manusia normal terdiri dari empat ruangan utama. Empat katup jantung berfungsi sebagai ‘pintu’ antara ruangan di jantung dengan pembuluh darah utama.

Gangguan fungsi katup dapat menyebabkan tekanan salah satu ruang jantung meningkat. Jenis penyakit jantung ini umunya akan menimbulkan gejala sesak napas hingga rasa cepat lelah.  Gangguan fungsi katup ini dapat disebabkan oleh infeksi, kelainan bawaan, komplikasi dari penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi atau akibat proses penuaan.

Pemeriksaan echocardiography (USG jantung) akan memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai kelainan ini. Penyakit ini sering kali disebut oleh masyarakat awam sebagai penyakit katup bocor pada jantung.

3. Penyakit jantung bawaan

Penyakit jantung juga bisa disebabkan kelainan yang dibawa sejak lahir. Kelainan yang paling sering ditemui di antaranya adalah kelainan pada sekat atau dinding ruang jantung atau defek Septum Atrium, defek Septum Ventrikel, dan duktus arteriosus paten.

Biasanya, duktus arteriosus paten adalah penyakit jantung bawaan pada bayi yang lebih dikenal dengan penyakit jantung bocor. Di samping itu, terdapat berbagai macam kelainan katup jantung bawaan yang diakibatkan gangguan pembentukan saat janin serta berbagai kelainan jantung lainnya yang relatif lebih jarang terjadi.

4. Gangguan irama jantung

Jantung yang normal berdetak dengan ritme yang teratur. Secara ilmiah gangguan irama jantung disebut disritmia. Seperti kelainan jantung yang saya jelaskan sebelumnya, gangguan irama jantung ini juga bisa sebuah kelainan bawaan dari lahir. Keluhan yang dirasakan oleh penderita gangguan ini biasanya berdebar-debar, pusing atau pingsan.

Serangan jantung, dapat menyebabkan gangguan irama jantung yang fatal dan berujung pada kematian mendadak. Gangguan struktur jantung akibat kelainan katup dapat menyebabkan adanya irama jantung yang tidak teratur, sehingga berpeluang menyebabkan stroke. Kelainan ini dapat dideteksi melalui pemeriksaan elektrokardiogram (EKG) , holter atau spyder.

Jika mengalami sakit pada bagian dada, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, sehingga dapat diketahui jenis penyakit jantung yang mungkin dialami.

Baca Juga:

dr. Vito Anggarino Damay, SpJP (K), M.Kes, FIHA, FICA Jantung & Pembuluh Darah
Vito Anggarino Damay, Mkes, SpJP (K) FIHA, FICA adalah seorang spesialis jantung dan pembuluh darah Siloam Hospital Lippo Village yang juga merupakan dosen tetap di Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan. Semasa kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan, dr. Vito pernah menjabat sebagai ketua senat mahasiswa, president annual meeting Asian Medical Student Association Indonesia Branch dan mendapatkan penghargaan sebagai Mahasiswa Berprestasi Fakultas Kedokteran.  Lulus dokter umum dari tahun 2008, dr. Vito kemudian menjalankan tugas sebagai dokter di Halilulik, perbatasan Indonesia-Timor Leste. Dr. Vito mendapatkan beasiswa untuk sekolah spesialis Jantung dan Pembuluh Darah yang diraihnya pada tahun 2014, lalu berhasil menyelesaikan pendidikan Magister Kesehatan di tahun yang sama. Aktif membuat karya ilmiah dan dipresentasikan diantaranya dalam Complex Cardiology Intervention 2017 di Penang, Asian Interventional Cardiology Therapeutics 2017 di Melbourne, Asia Pacific Vascular Intervention Course 2018 di New Delhi dan World Congress of Angiology 2018 di Tokyo. Pada Indonesian Society of Interventional Cardiology Annual Meeting (ISICAM) InaLive tahun 2015 dan tahun 2017, dr. Vito mendapatkan penghargaan ‘The Best Moderated Poster’. Saat ini dr. Vito aktif sebagai pembicara kesehatan mengenai jantung dan kesehatan umum, juga sebagai TV presenter Ayo Hidup Sehat di tvOne. dr. Vito juga aktif berbagi ilmu mengenai kesehatan jantung melalui vlog-nya di Youtube. Anda bisa menonton berbagai vlog seputar kesehatan yang dibuat dr. Vito di dalam akun Youtube-nya di sini.
Selengkapnya
Artikel Terbaru