Tazarotene Obat Apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Tazarotene Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Tazarotene digunakan?

Tazarotene adalah obat untuk mengobati psoriasis atau jerawat. Obat ini adalah produk retinoid yang berkaitan dengan Vitamin A. Tazarotene bekerja dengan cara mempengaruhi pertumbuhan sel-sel kulit.

Tazarotene dalam sediaan foam hanya disetujui untuk mengobati jerawat.

Bagaimana aturan pakai obat Tazarotene?

Bacalah panduan obat dan Brosur Informasi Pasien yang disediakan apotek, jika ada, sebelum Anda mendapatkan obat ini dan setiap kali Anda membeli ulang. Jika ada pertanyaan, ajukan pada dokter atau apoteker.

Gunakan obat ini pada kulit saja. Jika Anda mengobati jerawat, bersihkan dan benar-benar keringkan area yang akan diobati. Jika Anda menggunakannya untuk mengobati psoriasis, pastikan kulit Anda telah kering sebelum mengaplikasikan obat. Oleskan lapisan tipis obat ini pada kulit yang terkena, biasanya sekali sehari di malam hari atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap terapi.

Jika Anda menggunakan obat ini dalam bentuk foam, maka kocok kaleng sebelum digunakan. Obat dalam bentuk foam mudah terbakar. Hindari merokok atau meletakannya di dekat api ketika sedang mengaplikasikan obat  tersebut.

Hindari terkena mata, kelopak mata, atau mulut, atau di dalam vagina. Jika area tersebut tidak sengaja terkena obat maka basuh dengan banyak air.

Jangan membungkus, menutup, atau membalut area yang telah diolesi obat. Jangan mengaplikasikan obat ini ke kulit yang normal dan sehat. Juga, jangan aplikasikan pada kulit yang luka, tergores, terbakar matahari, atau terkena eksim.

Setelah mengaplikasikan obat, cuci tangan Anda kecuali jika Anda menggunakan obat ini untuk mengobati tangan. Jika Anda menggunakan obat ini di tangan Anda, jangan menyentuh mata Anda dengan tangan Anda.

Jika Anda juga menggunakan krim pelembab/lotion, aplikasikan setidaknya 1 jam sebelum mengoleskan obat ini.

Gunakan obat ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal. Untuk membantu Anda mengingat, gunakan obat ini di waktu yang sama setiap hari. Jangan menggunakan obat ini dalam jumlah yang lebih banyak atau lebih sering dari yang telah ditentukan. Cara seperti itu tidak akan membuat kondisi Anda membaik dengan lebih cepat, namun malah dapat meningkatkan terjadinya efek samping

Karena obat ini diserap melalui kulit dan dapat membahayakan bayi yang belum lahir, wanita yang sedang hamil atau yang mungkin masih akan hamil seharusnya tidak menggunakan obat ini.

Beritahu dokter Anda jika kondisi Anda memburuk atau tidak membaik setelah beberapa minggu.

Bagaimana cara menyimpan Tazarotene?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Tazarotene?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-Anak

Studi yang tepat belum dilakukan pada hubungan usia terhadap efek Tazarotene foam ataupun gel pada anak-anak yang lebih muda dari 12 tahun, dan Tazarotene krim pada populasi anak-anak . Keamanan dan kemanjuran belum ditentukan pada kelompok usia ini.

Lansia

Studi yang tepat belum dilakukan pada hubungan usia terhadap efek Tazarotene topikal pada populasi lansia. Keamanan dan kemanjuran belum ditentukan.

Apakah obat Tazarotene aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori X. (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Efek Samping

Apa efek samping Tazarotene yang mungkin terjadi?

Tidak semua orang mengalami efek samping obat. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Tazarotene?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Tazarotene?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Tazarotene?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Eksim (Penyakit kulit)
  • Kulit yang terbakar matahari – Tazarotene dapat menyebabkan iritasi kulit dan tidak boleh digunakan pada pasien dengan kondisi ini.
  • Kanker kulit, atau riwayat – Gunakan dengan hati-hati

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Tazarotene untuk dewasa?

Dosis dewasa biasa untuk jerawat

Tazorac (R) krim topikal 0,1 % :

Untuk pengobatan topikal dari pasien dengan jerawat vulgaris: Bersihkan wajah dengan lembut. Setelah kulit kering , oleskan lapisan tipis (2 mg/cm2) sekali sehari, di malam hari, untuk daerah-daerah kulit dimana luka jerawat muncul. Gunakan secukupnya untuk menutupi seluruh area yang terkena jerawat.

Topikal foam 0,1%:

Untuk pengobatan topikal acne vulgaris: Setelah mencuci dengan pembersih wajah ringan dan keringkan wajah, lalu aplikasikan topikal foam Tazarotene sekali sehari di malam hari. Keluarkan busa topikal foam secukupnya ke telapak tangan. Gunakan ujung jari, aplikasikan foam tersebut untuk menutupi area yang terkena jerawat dengan lapisan tipis; pijat lembut hingga foam terserap ke kulit wajah.

Topikal gel 0,1%:

Untuk pengobatan topikal dari pasien dengan acne vulgaris wajah mulai dari fase ringan hingga sedang agak parah: Bersihkan wajah. Setelah kulit kering, oleskan lapisan tipis (2 mg/cm2) sekali sehari, di malam hari, pada kulit dimana luka jerawat muncul. Gunakan secukupnya untuk menutupi seluruh area yang terkena jerawat.

Dosis Dewasa biasa untuk Psoriasis:

Tazorac (R) krim topikal 0,05% dan 0,1%:

Untuk pengobatan topikal dari pasien dengan psoriasis plak: Oleskan sekali sehari, di malam hari, untuk luka psoriatik, gunakan secukupnya (2 mg/cm2) untuk menutupi luka dengan lapisan obat yang tipis. Jika sebelumnya Anda mandi terlebih dahulu, maka kulit harus kering sebelum Anda mengaplikasikan krim tersebut. Karena kulit yang tidak terpengaruh mungkin lebih rentan terhadap iritasi, maka dari itu jangan sampai Anda menerapkan krim topikal Tazarotene ke area kulit yang sehat tersebut.

Topikal gel 0,05% dan 0,1%:

Untuk pengobatan topikal dari pasien dengan psoriasis plak stabil hingga 20% keterlibatan luas permukaan tubuh: Oleskan sekali sehari, di malam hari, untuk luka psoriatik, gunakan secukupnya (2 mg/cm2) untuk menutupi luka dengan lapisan tipis tidak lebih dari 20% dari luas permukaan tubuh. Jika sebelumnya Anda mandi terlebih dahulu, maka kulit harus kering sebelum Anda mengaplikasikan krim tersebut. Karena kulit yang tidak terpengaruh mungkin lebih rentan terhadap iritasi, maka dari itu jangan sampai Anda menerapkan krim topikal Tazarotene ke area kulit yang sehat tersebut.

Pengobatan harus dimulai dengan tazarotene krim topikal atau gel 0,05%, dengan kekuatan yang meningkat menjadi 0,1% jika dapat ditoleransi dan ada indikasi medis.

Berapa dosis obat Tazarotene untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas belum ditentukan pada pasien anak (kurang dari 18 tahun).

Dalam dosis dan sediaan apa Tazarotene tersedia?

Krim 0,1% (30 g); 0,05% (30 g, 60 g)

Foam 0,1% (50 g, 100 g)

Gel 0,05% (30 g, 100 g); 0,1% (30 g, 100 g)

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: Juli 28, 2017 | Terakhir Diedit: September 12, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca