Demeclocycline obat apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Demeclocycline Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa demeclocycline?

Demeclocycline adalah obat  untuk mengobati berbagai macam infeksi bakteri, termasuk yang bakteri menyebabkan jerawat. Obat ini dikenal sebagai antibiotik tetrasiklin. Ia bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri.

Antibiotik ini hanya mengobati infeksi bakteri. Obat ini tidak akan bekerja untuk infeksi virus (misalnya, pilek, flu). penggunaan antibiotik yang tidak perlu atau penyalahgunaan antibiotik apapun dapat menyebabkan efektivitasnya menurun.

PerhatikanBagian ini berisi penggunaan obat ini yang tidak tercantum dalam label obat yang disetujui ahli kesehatan, tetapi mungkin diresepkan oleh dokter Anda. Gunakan obat ini untuk kondisi yang tercantum dalam bagian ini jika hanya sudah diresepkan oleh dokter.

Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati ketidakseimbangan hormon tertentu (Syndrome of Inappropriate Antidiuretic Hormon-SIADH) yang menyebabkan tubuh Anda untuk menyimpan air dan urin sehingga menjadi lebih pekat dari yang biasanya. Demeclocycline bekerja dengan meningkatkan jumlah air dalam urin Anda ke tingkat yang lebih normal.

Cara Pakai

Bagaimana cara penggunaan demeclocycline?

Minumlah obat ini 2 sampai 4 kali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Demeclocycline adalah obat yang bekerja dengan baik bila diminum pada saat perut kosong setidaknya 1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan.

Minumlah setiap dosis dengan segelas air (8 ons atau 240 mililiter) kecuali dokter Anda mengarahkan Anda sebaliknya. Jangan berbaring selama 10 menit setelah minum obat ini. Untuk alasan ini, jangan minum obat ini tepat sebelum waktu tidur.

Jika sakit perut terjadi, tanyakan ke dokter Anda jika Anda dapat minum obat ini dengan makanan.

Ambil obat ini 2 sampai 3 jam sebelum atau setelah mengonsumsi obat yang mengandung magnesium, aluminium, atau kalsium. Beberapa contoh obat termasuk quinapril, bentuk-bentuk obat ddl tertentu (obat kunyah / tablet terdispersi atau larutan oral anak), vitamin / mineral, dan antasida. produk susu (misalnya, susu, yogurt), jus diperkaya kalsium, sukralfat, subsalisilat, zat besi, dan seng juga disertakan. Produk tersebut bereaksi mengikat dengan demeclocycline, sehingga mencegah penyerapan penuh.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan. Ketika mengobati anak di atas 8 tahun, dosis juga didasarkan pada berat badan. Untuk pengobatan infeksi, anak-anak tidak boleh mengonsumsi lebih dari 600 miligram obat ini per hari.

Obat ini bekerja dengan baik bila jumlah obat dalam tubuh Anda berada pada tingkat yang konstan. Oleh karena itu, minumlah obat ini secara teratur.

Jika Anda minum obat ini untuk mengobati infeksi, terus gunakan sampai jumlah yang ditentukan habis, bahkan jika gejala telah hilang setelah beberapa hari. Menghentikan pengobatan terlalu dini dapat mengakibatkan kembalinya infeksi.

Informasikan dokter Anda jika kondisi Anda tidak membaik atau semakin memburuk. Jika Anda menggunakan obat ini untuk mengobati SIADH, Anda akan merasakan peningkatan jumlah urin dalam waktu 5 hari.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan demeclocycline?

Democlocyline adalah obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis demeclocycline untuk orang dewasa?

Dosis dewasa biasa untuk SIADH adalah:

  • Dosis awal: 900-1200 mg / hari secara oral dalam  dosis terbagi.
  • Dosis Pemeliharaan: 600-900 mg / hari secara oral dalam dosis terbagi

Dosis dewasa biasa untuk Infeksi

  • 600 mg per hari terbagi dalam 2 atau 4 dosis

Dosis dewasa biasa untuk Infeksi

  • 900 mg per hari terbagi dalam 3 dosis selama 6 hari

Bagaimana dosis demeclocycline untuk anak-anak?

Obat ini tidak direkomendasikan untuk anak <12 tahun.

Dalam dosis apakah demeclocycline tersedia?

Demeclocycline adalah obat yang tersedia dalam tablet, oral sebagai hidroklorida  150 mg, 300 mg.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena demeclocycline?

Efek samping yang umum akibat Declomycin adalah termasuk luka atau bengkak di daerah dubur atau genital Anda, mual, muntah, diare, kehilangan nafsu makan, bercak putih atau luka di mulut, lidah bengkak, kesulitan menelan, dan gatal-gatal atau adanya cairan vagina.

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda dari reaksi alergi seperti: gatal-gatal, sulit bernafas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Berhenti menggunakan demeclocycline dan hubungi dokter Anda jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

  • demam, menggigil, nyeri tubuh, gejala flu
  • mudah memar, perdarahan yang tidak biasa (pada hidung, mulut, vagina, atau dubur), bintik-bintik ungu atau merah di bawah kulit Anda
  • kulit pucat, urin berwarna gelap, jaundice (menguningnya kulit atau mata)
  • kebingungan, perubahan mood, kelemahan, rasa haus  atau buang air kecil meningkat
  • pembengkakan, berat badan bertambah, kencing lebih sedikit dari biasanya atau tidak sama sekali
  • nyeri dada, mengi, batuk kering, napas cepat, merasa sesak napas
  • kesemutan, mati rasa, nyeri, kelemahan otot yang parah
  • sakit kepala, dengung di telinga, pusing, mual, gangguan penglihatan, nyeri di belakang mata Anda
  • sakit tenggorokan dan sakit kepala parah, kulit mengelupas, dan ruam kulit merah
  • sakit parah di perut bagian atas dan menyebar ke punggung, mual dan muntah, detak jantung cepat.

Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk:

  • luka atau bengkak di dubur atau area genital
  • mual ringan, muntah, diare, kehilangan nafsu makan
  • bercak putih atau luka di dalam mulut atau bibir Anda
  • lidah bengkak, kesulitan menelan atau
  • gatal atau adanya cairan vagina

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan demeclocycline?

Demeclocycline adalah obat yang harus digunakan di bawah pengawasan dokter. Sebelum menggunakan demeclocycline, beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap demeclocycline, tetrasiklin, minocycline, doxycycline, atau obat lain.

Beri tahu dokter dan apoteker tentang obat resep dan obat non resep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau yang akan Anda gunakan. Pastikan untuk menyebutkan hal berikut: antasid, antikoagulan ( ‘pengencer darah’) seperti warfarin (Coumadin), dan penisilin. Demeclocycline mengurangi efektivitas beberapa obat kontrasepsi oral bentuk lain dari obat kontrol kelahiran harus digunakan saat menggunakan obat ini.

Ketahuilah bahwa antasida, suplemen kalsium, produk besi, dan obat pencahar yang mengandung magnesium mengganggu demeclocycline, sehingga kurang efektif. Minumlah demeclocycline 1 jam sebelum atau 2 jam setelah antasida (termasuk natrium bikarbonat), suplemen kalsium, dan obat pencahar yang mengandung magnesium. Konsumsi demeclocycline 2 jam sebelum atau 3 jam setelah konsumsi zat besi dan produk vitamin yang mengandung zat besi.

Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki diabetes atau penyakit ginjal atau hati. Beri tahu dokter juga jika Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu menggunakan demeclocycline, segera hubungi dokter Anda. Demeclocycline dapat membahayakan bagi janin.

Jika Anda menjalani operasi, termasuk operasi gigi, beri tahu dokter atau dokter gigi tentang penggunaan demeclocycline.

Rencanakan untuk menghindari paparan sinar matahari yang tidak perlu atau lama  dan kenakan pakaian pelindung, kacamata hitam, dan tabir surya. Demeclocycline dapat membuat kulit Anda sensitif terhadap sinar matahari.

Anda harus tahu bahwa ketika demeclocycline digunakan selama kehamilan atau pada bayi atau anak-anak hingga usia 8 tahun, obat ini dapat menyebabkan noda pada gigi yang bersifat permanen. Demeclocycline tidak boleh digunakan pada anak-anak di bawah usia 8 tahun kecuali dokter Anda memutuskan bahwa pasien benar-benar membutuhkan.

Apakah demeclocycline aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Demeclocycline adalahh obat yang telah dimasukan ke kategori kehamilan D oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Amerika, alias “ada bukti berisiko.”

Penelitian pada hewan telah menunjukkan bukti keracunan pada janin dan efek teratogenik terkait dengan penggunaan tetrasiklin. Demeclocycline mengalir pada plasenta dengan konsentrasi rata-rata 65% dari tingkat darah ibu. Tidak ada data penelitian pada kehamilan manusia. Namun, cacat bawaan yang terkait dengan penggunaan tetrasiklin telah dilaporkan, termasuk pengaruh racun pada pembentukan tulang.

Ketika digunakan selama perkembangan gigi (selain dari masa kehamilan) tetrasiklin dapat menyebabkan perubahan warna kuning abu-abu-coklat yang permanen pada gigi dan enamel hipoplasia.

Demeclocycline harus diberikan dengan sangat hati-hati selama kehamilan. Demeclocycline hanya direkomendasikan untuk digunakan selama kehamilan jika tidak ada alternatif lain dan jika manfaatnya melebihi risiko. Pasien hamil atau pasien yang baru hamil selama menggunakan demeclocycline harus diberitahukan mengenai potensi bahaya pada janin.

Tidak ada data mengenai ekskresi demeclocycline ke dalam susu manusia Namun, tetrasiklin diekskresikan ke dalam susu manusia dalam jumlah kecil. Konsentrasi tetrasiklin dalam susu rata-rata 0,6 mcg / mL ketika tingkat darah sekitar 1,2 mcg / mL.

Ada risiko teoritis pewarnaan gigi dan penghambatan pertumbuhan tulang, meskipun jarang terjadi. Dalam satu studi, tingkat tetracycline tidak terdeteksi pada bayi yang menyusui. Tetrasiklin, dan obat terkait lainnya, dianggap cocok dengan ibu menyusui oleh American Academy of Pediatrics.

Karena potensi efek samping yang serius pada bayi menyusui, produsen merekomendasikan bahwa keputusan harus dilakukan untuk menghentikan menyusui atau menghentikan penggunaan obat dengan mempertimbangkan pentingnya manfaat obat kepada ibu.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan demeclocycline?

Beberapa OBAT MUNGKIN BERINTERAKSI dengan demeclocycline. Beritahu dokter Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat lain, terutama salah satu dari obat berikut:

Acitretin, antikoagulan (misalnya, warfarin), digoxin, isotretinoin, methotrexate, atau metoksiflurana karena risiko efek samping dan efek toksik dapat ditingkatkan dengan demeclocycline

  • Penisilin (misalnya, amoksisilin) ​​atau KB hormonal (misalnya, pil KB) karena efektivitas pil KB mungkin akan menurun karena demeclocycline

Daftar ini mungkin bukan daftar lengkap dari semua interaksi yang mungkin terjadi. Tanyakan kepada dokter Anda jika demeclocycline dapat berinteraksi dengan obat-obatan lain yang Anda gunakan. Periksakan ke dokter Anda sebelum Anda mulai, berhenti, atau mengubah penggunaan dosis obat apapun.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan demeclocycline?

Demeclocycline adalah obat yang dapat bereaksi jika Anda makan aytau minum minuman seperti alkohol. Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan demeclocycline?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: September 27, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca