Colestipol obat apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Colestipol Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa colestipol?

Colestipol adalah obat untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Obati ini digunakan bersamaan dengan pola makan yang baik dan olahraga untuk menurunkan tingkat kolesterol tinggi pada darah. Menurunkan tingkat kolesterol sama dengan mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu mencegah stroke dan serangan jantung.

Sebagai tambahan pola makan yang sesuai (seperti pola makan rendah kolesterol/rendah lemak), perubahan gaya hidup yang dapat membantu obat ini bekerja lebih baik termasuk berolahraga, menurunkan berat badan apabila memiliki berat badan berlebih, dan berhenti merokok. Konsultasikan pada dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Colestipol adalah obat yang juga dikenal sebagai resin pengikat asam empedu. Cara kerjanya adalah dengan mengeluarkan asam empedu dari tubuh. Pada orang dengan kolesterol tinggi, ini menyebabkan hati untuk memproduksi lebih banyak asam empedu menggunakan kolesterol dalam darah. Hal ini membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam darah.

Cara Pakai

Bagaimana cara penggunaan Colestipol?

Colestipol adalah obat yang umumnya diminum sebanyak 1 hingga 2 kali sehari. Apabila dosis Anda lebih dari satu tablet, minum tablet satu per satu. Jangan mencoba untuk minum lebih dari satu tablet sekaligus. Minum tablet dengan banyak cairan (seperti air, jus). Telan tablet utuh. Jangan menggerus, mengunyah, atau menghancurkan tablet. Apabila Anda mengalami kesulitan menelan tablet, konsultasikan pada dokter Anda.

Dosis didasarkan pada kondisi kesehatan dan respons pada pengobatan. Untuk mengurangi risiko efek samping, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk memulai pengobatan dalam dosis yang rendah yang kemudian ditingkatkan perlahan. Ikuti instruksi dokter. mungkin perlu beberapa minggu sebelum Anda mendapat manfaat penuh dari obat ini.

Colestipol adalah obat yang dapat menurunkan penyerapan obat lain yang Anda gunakan. Gunakan obat lain sebagaimana dianjurkan dokter, biasanya setidaknya 4-6 jam setelah Anda menggunakan colestipol. Tanyakan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut atau apabila Anda memiliki pertanyaan.

Gunakan obat ini dengan rutin untuk mendapat hasil yang diinginkan. Untuk membantu Anda mengingat, minum pada waktu yang sama tiap harinya. Penting untuk terus menggunakan obat ini meskipun Anda sudah merasa lebih baik. Banyak orang dengan kolesterol tinggi tidak merasa sakit.

Bagaimana cara penyimpanan obat ini?

Colestipol adalah obat yang paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis colestipol untuk orang dewasa?

Dosis awal obat colestipol adalah sebanyak 5 gram butiran diminum sekali atau dua kali sehari (dalam cairan) atau 2 tablet (2 g) diminum sekali atau dua kali sehari.Dosis lanjutan obat colestipol dapat dititrasi dalam peningkatan harian sebesar dua atau lima gram setiap 1 hingga dua bulan.

Bagaimana dosis Colestipol untuk anak-anak?

Colestipol adalah obat yang keamanan dan efektivitas belum ditetapkan pada pasien usia anak-anak (kurang dari usia 18 tahun).

Dalam bentuk dosis apakah Colestipol tersedia?

Colestipol adalah obat yang tersedia dalam sediaan tablet 1 gram.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena colestipol?

Colestipol adalah obat yang dapat menyebabkan efek samping. Segera cari pertolongan gawat darurat apabila Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut; sulit bernapas; pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hentikan penggunaan colestipol dan hubungi dokter Anda segera apabila Anda mengalami efek samping serius seperti:

  • kesulitan menelan
  • konstipasi atau sakit perut yang parah
  • feses berwarna hitam atau berdarah
  • mudah lebam atau berdarah, nyeri otot atau sendi, kehilangan nafsu makan.

Efek samping yang lebih ringan dapat termasuk:

  • konstipasi ringan yang kadang terjadi
  • gas, gangguan pencernaan yang kadang terjadi
  • diare
  • wasir atau iritasi rektal

Tidak semua orang mengalami efek-efek samping tersebut. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak terlampir di atas. Apabila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan colestipol?

Saat memutuskan untuk menggunakan obat, risiko dan manfaat penggunaan obat harus dipertimbangkan. Ini adalah keputusan yang dibuat oleh Anda dan dokter Anda. Berikut yang harus dipertimbangkan untuk obat ini:

Alergi

Beri tahu dokter apabila Anda pernah mengalami reaksi alergi atau reaksi tidak biasa saat menggunakan obat ini atau obat-obatan lain. Beri tahu penyedia layanan kesehatan Anda apabila Anda memiliki alergi lain seperti alergi makanan, pewarna makanan, pengawet, atau hewan. Untuk produk-produk nonresep baca baik-baik komposisi yang tertera pada kemasan.

Anak-anak

Belum ada informasi spesifik mengenai perbandingan penggunaan colestipol pada anak-anak dan pada kelompok usia lain. Namun demikian, penggunaan tidak disarankan pada anak-anak berusia 2 tahun ke bawah karena kolesterol diperlukan untuk perkembangan normal

Lansia

Efek samping lebih mungkin terjadi pada pasien berusia lebih dari 60 tahun, yang biasanya lebih sensitif pada efek colestipol

Apakah colestipol aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunan obat ini pada ibu hamil atau menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan colestipol?

Meskipun beberapa obat tertentu tidak direkomendasikan untuk digunakan bersamaan, pada kasus lain dua obat-obatan yang berbeda dapat digunakan bersamaan meskipun interaksi obat mungkin terjadi. Pada kasus-kasus seperti ini, dokter Anda mungkin akan mengganti dosis, atau pencegahan lain yang perlu dilakukan. Beri tahu penyedia layanan kesehatan Anda apabila Anda menggunakan obat-obatan resep atau non-resep lain.

Penggunaan obat ini dengan salah satu dari obat-obatan berikut biasanya tidak disarankan, namun dalam beberapa kasus mungkin diperlukan. Apabila kedua obat diresepkan bersama, dokter mungkin akan mengganti dosis atau seberapa sering penggunaan salah satu atau kedua obat.

  • Mycophenolate Mofetil
  • Mycophenolic Acid

Penggunaan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut dapat meningkatkan risiko beberapa efek samping tertentu, namun penggunaan kedua obat dapat menjadi pengobatan yang terbaik untuk Anda. Apabila kedua obat diresepkan bersamaan, dokter mungkin akan mengganti dosis atau seberapa sering penggunaan salah satu atau kedua obat.

  • Cholic Acid
  • Diclofenac
  • Digoxin
  • Diltiazem
  • Ezetimibe
  • Fenofibrate
  • Furosemide
  • Hydrocortisone
  • Tetracycline

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan colestipol?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan colestipol?

Adanya masalah kesehatan lain dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahu dokter apabila Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: September 26, 2018

Sumber