Rontgen Leher

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu rontgen leher?

Rontgen leher (disebut juga rontgen cervical spine) adalah pengambilan gambar sinar-X dari tulang leher Anda, di mana terdapat tujuh tulang pada leher Anda yang melindungi bagian atas tulang belakang Anda. Rontgen leher juga menunjukkan struktur sekeliling, termasuk pita suara, amandel, kelenjar gondok, trakea (tenggorokan), dan epiglotis (flap jaringan yang mencakup tenggorokan Anda ketika Anda menelan).

Rontgen alias x-ray adalah bentuk radiasi yang melewati tubuh Anda untuk mengekspos potongan film, membentuk gambar tubuh Anda. Struktur padat seperti tulang terlihat putih pada sinar-X karena hanya sedikit radiasi yang dapat melewatinya untuk mengekspos film pada sisi lain. Jaringan halus seperti pembuluh darah, kulit, lemak, dan otot, tidak begitu padat, sehingga radiasi bisa lebih banyak melewatinya. Struktur ini akan terlihat berwarna abu-abu gelap pada gambar sinar-X.

Kapan saya harus menjalani rontgen leher?

Jika Anda mengalami cedera leher atau mati rasa terus-menerus, nyeri, atau lemas pada tubuh bagian atas, dokter Anda mungkin menyarankan rontgen. Dokter Anda akan memeriksa gambar rontgen sebagai bukti untuk kondisi berikut:

  • retak atau patah tulang
  • pembengkakan di atau dekat saluran pernapasan
  • pengeroposan tulang leher dikarenakan osteoporosis
  • tumor tulang atau kista
  • kondisi kronis pada cakram dan sendi leher Anda (spondylosis serviks)
  • sendi tidak berada pada posisi normal (dislokasi)
  • pertumbuhan abnormal pada tulang (bone spurs)
  • deformitas tulang belakang
  • pembengkakan di sekitar pita suara (croup)
  • pembengkakan pada jaringan yang menutupi tenggorokan Anda (epiglotitis)
  • benda asing yang bersarang di tenggorokan atau saluran napas
  • pembesaran amandel dan kelenjar gondok

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani rontgen leher?

Terdapat paparan sinar radiasi rendah. Sinar-X dipantau sehingga jumlah sinar radiasi terendah digunakan untuk menghasilkan gambar. Wanita hamil dan anak-anak lebih sensitif terhadap risiko sinar-X. Pengambilan gambar lebih lanjut dengan CT atau MRI (tidak dibahas) sering tepat digunakan pada situasi cedera berisiko tinggi, defisit neurologis, pemeriksaan klinis terbatas, atau bila terdapat hasil pencitraan sinar-X yang tidak jelas.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani rontgen leher?

Anda harus memberi tahu dokter bila Anda sedang atau ada kemungkinan hamil. Lepaskan semua perhiasan Anda.

Bagaimana proses rontgen leher?

Rontgen leher (C-Spine x-ray) dilakukan oleh radiolog di ruang radiologi. Tiga standar tampilan yang diambil adalah AP (tampilan anteroposterior, tampilan tulang belakang dari sisi depan); lateral (memperlihatkan tulang belakang dari sisi samping) dan tampilan peg (tampilan ini melihat bagian atas tulang belakang dan mensyaratkan pasien untuk membuka lebar mulutnya). 5-seri termasuk tampilan fleksi dan ekstensi. Sinar-X diambil dengan kepala pasien pada fleksi penuh (bersandar ke depan sejauh mungkin). Pasien akan diminta untuk menekuk kepala ke depan sejauh mungkin, dan memperpanjang leher belakang sejauh mungkin.

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani rontgen leher?

Jika rontgen dilakukan untuk memeriksa cedera, mungkin akan ada rasa ketidaknyamanan pada leher Anda saat berada dalam posisi tertentu. Perawatan akan dilakukan untuk mencegah cedera lebih lanjut. Tes-tes lain, seperti MRI, dapat digunakan untuk mencari disk atau masalah saraf. Radiolog akan memproses gambar sinar-X dan mengirimkannya ke dokter Anda dalam beberapa hari.

Apabila Anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan proses tes ini, konsultasikanlah kepada dokter Anda untuk pemahaman yang lebih baik.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Jika tulang dan jaringan tampak normal pada gambar sinar-X, Anda mungkin tidak memiliki bone spurs, kelainan bentuk tulang belakang, spondylosis serviks, dll. Jika salah satu kelainan ini muncul pada gambar sinar-X, dokter akan mendiskusikan pilihan pengobatan dengan Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca