Siapa sih, yang tidak familiar dengan skenario satu ini: Anda sudah setengah perjalanan atau malah sudah tiba di tempat tujuan, eh! Tiba-tiba teringat kalau laptop atau berkas-berkas penting yang seharusnya dikerjakan hari itu ketinggalan di rumah. Alhasil, harus putar balik lagi atau minta tolong dibawakan oleh jasa kurir pengirim. Sering lupa bawa barang penting itu memang menyebalkan. Tapi tak usah pundung. Ada satu trik sederhana yang bisa Anda lakukan agar tidak lagi di cap pelupa oleh teman-teman.

Strategi memori alami bantu Anda agar tidak sering lupa lagi

Meskipun Anda sudah berusaha untuk mengingatnya, pasti tetap saja ada barang-barang yang sering lupa untuk dibawa. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal Memory and Cognition, ada sebuah trik khusus yang bisa membantu seseorang yang sering lupa. Trik ini disebut dengan unitisasi atau para peneliti menyebutnya dengan strategi memori alami. Unitisasi adalah mengaitkan hubungan antara dua benda yang berbeda untuk menciptakan suatu skenario baru, yang bisa Anda bayangkan konsekuensi sebab-akibatnya. Bingung?

Sederhananya begini: Anda sering lupa bawa payung (benda pertama), padahal cuaca sedang tak menentu. Sekarang, coba langsung gantungkan payung itu di gagang pintu depan rumah Anda (benda kedua). Jadi kali selanjutnya Anda akan pergi ke luar rumah, Anda langsung bisa melihat payung itu dan membawanya pergi bersama Anda. Masa sih, sesederhana itu?

Unitisasi sendiri menurut para peneliti bekerja dengan tiga tahap: gabungan, gerak, dan pemahaman mengenai urutan tindakan atau konsekuensi.  Metode unitisasi ini secara tidak sadar akan membangun sebuah hubungan dalam otak Anda antara payung dan pintu (gabungan). Begitu akan pergi, otak akan menghubungkan payung dan pintu dengan “kegiatan luar rumah”, dan “kegiatan luar rumah” akan mengingatkan Anda untuk mengunci pintu (pemahaman atas konsekuensi). Dengan begitu, hal ini akan membuat Anda ingat dua hal sekaligus yaitu membawa payung sebelum keluar rumah dan mengunci pintu (urutan dan gerak).

Trik ini bisa Anda aplikasikan ke benda apapun yang Anda anggap penting untuk dibawa dan jangan sampai tertinggal. Misalnya taruh handphone di dekat tas kantor agar saat berangkat pagi, Anda otomatis langsung mengambil handphone dan tas kantor Anda, tanpa harus pikir panjang.

Mengapa trik ini bisa membantu Anda untuk mengingat?

Ingatan manusia sebenarnya dipengaruhi oleh banyak hal, dua di antaranya adalah ingatan jangka pendek dan jangka panjang.

Ingatan jangka panjang adalah informasi yang tersimpan dalam waktu yang lama. Ingatan jangka panjang bisa bersifat tidak disadari, seperti cara mengoperasikan komputer atau mengemudikan kendaraan, namun juga bisa berupa ingatan akan informasi atau pengetahuan yang Anda dapat zaman sekolah dulu, atau peristiwa masa lalu. Memori ini sering tidak disadari, tapi dapat dimunculkan kembali jika dibutuhkan atau jika ada pemicu yang berhubungan dengan ingatan tersebut.

Sementara ingatan jangka pendek biasanya berupa informasi yang relatif baru dan hanya bertahan selama 18-30 detik. Oleh karena itu, ngatan jangka pendek bisa hilang dengan mudah jika tidak diakses kembali, tidak dibutuhkan, atau tergantikan oleh informasi baru yang dianggap lebih penting. Lupa bawa barang biasanya disebabkan oleh “hangus”nya ingatan jangka pendek Anda mengenai hal ini, misalnya karena fokus Anda teralihkan oleh dering telepon atau berita menghebohkan di tv pagi itu. Atau bisa juga karena Anda keliru menaruh barang itu di suatu tempat.

Inilah alasannya mengapa membiasakan diri untuk melakukan trik unitisasi dapat membantu memperkuat ingatan jangka pendek Anda. Jika sering diakses, ingatan jangka pendek dapat berubah menjadi ingatan jangka panjang.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca