backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Apakah Alergi Bisa Sembuh? Ini Penjelasannya

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Diva Mosaik Lintang · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

    Apakah Alergi Bisa Sembuh? Ini Penjelasannya

    Memiliki alergi memang sangat tidak nyaman, terutama bagi sebagian orang yang sudah memiliki bawaan alergi sejak kecil. Reaksi yang sering dialami saat alergi kambuh adalah gatal, sehingga mengganggu kenyamanan. Lantas, bagaimana cara menghadapinya? Apakah alergi bisa sembuh sendiri? Mari pahami selengkapnya di sini.

    Apakah alergi bisa sembuh?

    Alergi merupakan gangguan pada sistem kekebalan terhadap suatu pemicu atau alergen tertentu, seperti debu, hewan berbulu, atau makanan.

    Saat suatu pemicu atau alergen masuk ke dalam tubuh, ini dianggap sebagai zat asing yang ‘berbahaya’, sehingga tubuh melepaskan antibodi yang akan membuat Anda merasakan reaksi alergi, salah satunya seperti gatal.

    Gejala alergi seperti gatal, biduran, atau kulit bengkak nyatanya dapat dialami oleh sebagian orang bahkan sedari kecil.

    Tak heran jika Anda dengan kondisi ini mencoba agar bisa sembuh dari alergi yang dialami sejak lama. Namun, apakah alergi bisa disembuhkan? Sayangnya, tidak.

    Reaksi alergi seperti gatal, biduran, atau kulit bengkak memang bisa ditangani dengan obat tertentu, tapi ini bukan berarti menghilangkan alergi bawaan.

    Anda masih bisa mengalami kembali reaksi alergi tersebut saat tubuh terpapar alergen sebagai pemicunya.

    Oleh sebab itu, orang-orang dengan kondisi alergi seringkali lebih disarankan untuk melakukan upaya yang fokusnya mengendalikan alergi, bukan menghilangkannya.

    Mengingat bahwa reaksi alergi tidak dapat sembuh secara tuntas, Anda harus siap menghadapi reaksi yang bisa muncul kapan saja dengan melakukan sejumlah langkah pengendalian guna membantu Anda hidup sehat sekalipun memiliki alergi.

    Kontrol alergi agar tak mudah kambuh

    Misteri perihal apakah alergi bisa hilang sudah terjawab, saatnya Anda fokus pada upaya untuk mengontrol dan mengurangi tingkat keparahan alergi. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba.

    1. Mengidentifikasi pemicu alergi

    Perlu diketahui bahwa pemicu alergi atau yang disebut alergen bisa berupa banyak hal. Pemicunya bisa berupa:

    • tungau,
    • debu,
    • makanan tertentu,
    • jamur,
    • serbuk bunga,
    • bulu hewan, ataupun
    • obat.

    Banyaknya hal yang bisa menjadi pemicu alergi membuat sebagian orang bahkan tidak mengenali pemicu alergi nya sendiri. Hal ini tentu menghambat penanganan alergi yang dialami.

    Sebab, jika Anda tidak mengetahui hal apa yang menjadi pemicu alergi Anda, ini bisa memicu kekambuhan alergi yang lebih sering.

    Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengidentifikasi apa yang menjadi pemicu reaksi alergi.

    Jika merasa kesulitan, Anda bisa melakukan tes dengan tenaga medis untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

    2. Mengenali gejala alergi

    Mengingat pemicu alergi yang sangat beragam, gejala alergi nyatanya juga ditandai dengan banyak hal.

    Gejala alergi juga banyak menyerang pada kulit, seperti gatal, ruam, biduran, serta kulit kemerahan dan membengkak.

    Semakin Anda mengenali gejala alergi yang sering muncul, hal ini dapat membantu Anda melakukan penanganan dengan lebih cepat.

    Untuk itu, kenali dan pahami gejala alergi yang sering Anda alami terutama setelah terpapar pemicu alergi tertentu, untuk mengendalikan alergi Anda.

    3. Mengontrol alergen penyebabnya

    Jika Anda telah mengenali apa pemicu alergi dan gejala-gejala yang dialami, saatnya Anda untuk mengendalikan alergi adalah dengan menghindari pemicunya.

    Hal ini penting karena cara tersebut juga menjadi salah satu upaya yang tidak kalah efektif untuk mengendalikan alergi agar tidak sering kambuh.

    Oleh sebab itu, apapun pemicu alergi Anda baik berupa hewan, udara, serbuk bunga, ataupun makanan, mulailah untuk menghindarinya agar alergi bisa lebih terkendali.

    4. Mengonsumsi obat yang tepat

    Perlu Anda ketahui, bahwa obat-obatan alergi yang ada di apotek terbagi menjadi 2 golongan yaitu obat bebas dan obat yang memerlukan resep dokter. 

    Jika alergi Anda sering kambuh, Anda disarankan untuk selalu sedia obat alergi bebas sebagai penanganan cepat.

    Meski tidak menyembuhkan alergi, obat yang dijual bebas bisa membantu meringankan gejala alergi yang sedang kambuh.

    Untuk memudahkan, Anda bisa memilih obat alergi dengan kandungan betamethasone dan dexchlorpheniramine maleate yang dapat meredakan gejala alergi dan peradangan, seperti gatal, biduran, atau kulit bengkak.

    Tak perlu bingung memilih, karena kini tersedia Hufabethamin yang merupakan obat khusus untuk meredakan gejala alergi dan peradangan dengan kandungan betamethasone dan dexchlorpheniramine maleate.

    Hufabethamin tersedia dalam bentuk sirup rasa jeruk yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak dan Hufabethamin Kaplet untuk dikonsumsi orang dewasa. 

    Anda jadi tak perlu khawatir dengan alergi, karena berbagai cara bisa dilakukan untuk mengendalikan alergi agar tak mudah kambuh.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Carla Pramudita Susanto

    General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


    Ditulis oleh Diva Mosaik Lintang · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan