Salah satu hal yang paling sulit dilakukan adalah berhenti dari segala hal yang membuat candu, salah satunya adalah rokok. Terlepas dari banyak peringatan akan bahaya merokok atau peringatan “dilarang merokok”, nyatanya, masih banyak saja jumlah perokok. Bahkan di Indonesia, jumlah perokok di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan. Tak terkecuali jumlah perokok usia muda. Bahkan, berdasarkan data terakhir Riset Kesehatan Dasar 2013, perokok aktif mulai dari usia 10 tahun ke atas berjumlah 58.750.592 orang. 

Rokok memang membuat candu karena kandungan nikotin di dalamnya. Sehingga, tidak mengherankan jika banyak perokok aktif yang mengalami kesulitan untuk benar-benar berhenti merokok meskipun berbagai cara telah banyak dilakukan. Kesulitan dalam berhenti merokok tersebut biasanya dialami oleh perokok pada awal-awal percobaan untuk berhenti merokok.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa Anda lakukan untuk mengatasi kesulitan dalam berhenti merokok.

1. Menyeruput air dingin melalui sedotan

Salah satu cara unik yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan berhenti merokok adalah dengan menghirup air dingin melalui sedotan; hal ini dapat dijadikan cara untuk mengganti keinginan mengisap batang rokok. Selain itu, menghirup air dingin melalui sedotan juga akan melepaskan dopamin yang merupakan bahan kimia otak yang dapat membantu meringankan suasana hati yang buruk. Atau, Anda juga dapat mengganti keinginan menghisap batang rokok dengan makan makanan ringan yang sehat.

2. Catat hal positif yang terjadi setelah Anda berhenti merokok

Banyak perokok yang tidak mau berhenti karena merasa bahwa berhenti merokok hanya menyiksa diri. Padahal, berhenti merokok akan memberikan banyak manfaat pada tubuh Anda, termasuk keuangan dan kesehatan Anda. Untuk itu, saat Anda sedang mencoba berhenti merokok, cobalah untuk mencatat hal-hal positif yang Anda dapatkan dalam beberapa hari berhenti merokok, termasuk perasaan yang lebih terkendali, menghemat uang, badan terasa lebih energik, dan sebagainya.

3. Rutin sikat gigi

Biasanya, perokok aktif memiliki bibir yang berwarna gelap dan napas mulut yang cenderung bau rokok. Oleh karena itu, salah satu hal baik yang Anda dapatkan ketika mencoba berhenti merokok adalah napas mulut Anda yang terasa lebih segar terlebih ketika Anda sering sikat gigi. Jika Anda rutin sikat gigi dan selalu memiliki napas yang segar, Anda pun akan merasa sayang untuk mengotorinya kembali dengan tar dan asap rokok.

4. Hindari alkohol

Berdasarkan sebuah studi, sudah diketahui bahwa terdapat kaitan yang erat antara konsumsi alkohol dengan merokok. Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk berhenti merokok adalah dengan menghindari alkohol karena alkohol dapat merusak pertahanan diri Anda untuk berhenti merokok.

5. Olahraga, bahkan hanya jalan kaki

Jika Anda benar-benar ingin berhenti merokok, Anda harus mencoba aktif berolahraga. Karena ketika tubuh Anda aktif, tubuh Anda akan mengirimkan bahan kimia alami yang dapat membantu suasana hati dan mengurangi stres. Salah satu olahraga ringan yang dapat Anda coba adalah berjalan kaki.

6. Masukan sesuatu pada mulut Anda

Maksudnya adalah, ketika Anda dalam proses berhenti merokok, akan selalu ada keinginan untuk memasukkan sesuatu di mulut Anda. Hal tersebut terjadi karena Anda sudah terbiasa mengisap batang rokok sehingga ketika Anda dalam tahap mencoba berhenti merokok Anda akan merasa aneh jika tidak ada sesuatu di mulut Anda. Oleh karena itu, Anda bisa mengganti rokok yang biasa Anda letakkan di mulut Anda dengan permen karet bebas gula, atau makanan ringan yang sehat.

7. Kuatkan diri terutama di dua minggu pertama

Waktu terberat dalam proses berhenti merokok adalah pada dua minggu pertama. Namun, setelah Anda melewati waktu tersebut, Anda akan mulai terbiasa tanpa rokok dan mulai memperoleh manfaatnya. Oleh karena itu, saat Anda sudah melewati dua minggu awal, jangan sampai Anda kembali tergoda untuk merokok karena hal tersebut akan membuat segala usaha Anda di waktu-waktu terberat menjadi sia-sia.

8. Ingat kembali, apa alasan Anda berhenti merokok

Dan terakhir, jika pada akhirnya Anda mulai menyerah dengan segala upaya yang telah Anda lakukan untuk berhenti merokok, Anda harus kembali mengingat apa alasan Anda ingin berhenti merokok. Cobalah tulis semua daftar alasan tersebut dan tempatkan daftar alasan tersebut ditempat yang bisa Anda lihat -sebagai bahan untuk refleksi diri. Terlebih, ketika alasan And berhenti merokok adalah keluarga Anda, khususnya orangtua, anak, atau istri.

Yang juga perlu Anda baca