Perkembangan Bayi Usia 33 Minggu

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi di minggu 33?

Bayi sekarang memasuki bulan ke-9 dan seharusnya bisa menyangga berat badannya saat berdiri, berbalik menuju sumber suara Anda, dan mencari benda yang jatuh. Mobilitas baru ini berarti dia sekarang akan sering terbentur dan terjatuh. Ini tidak dapat terelakkan sebagai bagian masa anak-anak, dan walaupun Anda akan sering terkejut, cobalah senang melihat bayi menjelajahi sekitar dan menemukan batasnya.

Di minggu pertama bulan ke-9, anak mungkin mampu:

  • Menahan beban di atas kaki saat digendong
  • Makan biskuit sendiri
  • Menggaruk benda dan menggenggamnya (jauhkan benda berbahaya dari jangkauan bayi)
  • Pergi mendekati sumber suara
  • Mencari benda yang jatuh

Insting pertama Anda adalah melindungi bayi, dan ini merupakan hal yang wajar. Cara terbaik untuk membantu bayi adalah membiarkannya memiliki ruang untuk bertumbuh dan belajar. Ini akan membantunya menjadi lebih mandiri. Bukan berarti Anda bisa meninggalkannya tanpa pengawasan. Anda harus menciptakan lingkungan yang aman untuk bayi. Cara yang bagus adalah membayangkan segala yang bisa berbahaya bagi bayi, lalu menemukan solusinya. Solusi dapat termasuk memindahkan benda yang mudah pecah ke tempat yang tidak terjangkau anak, dan menaruh benda berbahaya di dalam lemari yang terkunci.

Kesehatan Bayi Usia 33 Minggu

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 33?

Bila ada masalah darurat, Anda tidak harus menunggu sampai jadwal pertemuan berikutnya. Penting untuk berbicara dengan dokter secepatnya.

Bila Anda berpikir anak Anda tidak berkembang dengan benar, tuliskan tanda-tanda mencemaskan yang Anda lihat dan bicarakan dengan dokter tentang masalah tersebut. Anda mungkin juga ingin berkonsultasi kepada dokter anak spesialis masalah perkembangan atau spesialis wicara. Percayalah pada insting Anda. Penundaan perkembangan kadang-kadang tidak serius. Beberapa bayi perlu waktu untuk menyusul perkembangan bayi lain.

Merawat bayi usia 33 minggu

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui:

Merangkak

Bayi mungkin merayap (mendorong diri sendiri dengan perut), merangkak, atau bergerak dengan menyeret bagian bawah— menggeser pantat menggunakan tangan di belakang dan kaki di depan untuk meluncur.

Merayap adalah metode pertama dalam menggerakkan tubuhnya sendiri. Biasanya, dia akan pertama-tama mendorong diri sendiri dengan kedua tangan dan bangun dengan tangan dan lutut. Lalu dia akan menemukan cara bergerak ke depan dan belakang dengan mendorong lututnya.

Semua variasi merangkak akan memperkuat otot yang akan membuatnya dapat berjalan. Metode mobilitas apapun yang bayi gunakan akan menarik bagi kita untuk melihat bagaimana dia memecahkan masalah dalam bergerak.

Berdiri

Bayi mungkin bisa berdiri sambil bertahan pada perabotan. Bahkan, jika Anda menyandarkan bayi di sebelah sofa, dia mungkin bisa menahan diri sendiri walaupun harus bertahan agar tidak jatuh.

Pada tahap ini, beberapa orangtua menaruh anak mereka pada alat bantu jalan bayi (baby walker), tapi bukanlah ide yang bagus karena alat ini tidak aman. Bayi bisa menggunakan alat bantu jalan sebagai pijakan untuk mencapai benda berbahaya, seperti kompor yang menyala atau sebotol cairan pembersih. Di sisi lain, alat bantu jalan membuat bayi senang bermain di atas lantai, yang membantunya belajar berjalan dengan memberikan bayi kesempatan untuk merangkak, menarik diri, dan berkeliling sambil bertahan pada perabotan — semua aktivitas yang membantu berjalan.

Keselamatan utama

Sudah bisa berpindah tempat sendiri berarti bayi Anda mungkin lebih mudah terbentur dan jatuh. Sekarang adalah saat yang tepat untuk menjauhkan gorden dan kawat dari anak, memasang pelindung pada ujung meja yang tajam, memasang pengaman pada dudukan toilet, memindahkan barang-barang yang bisa berbahaya ke area yang lebih tinggi, menyingkirkan deterjen dan obat beracun, menutup stop kontak, dan mengamankan bagian atas dan bawah depan tangga.

Penundaan perkembangan

Keterlambatan perkembangan muncul saat anak lebih lambat mengembangkan kemampuan untuk duduk, merangkak, berjalan, dan berbicara. Ini mungkin mengindikasikan kelainan perkembangan. Faktanya, anak akan cepat berkembang sebagaimana seharusnya. Contohnya, pada bayi prematur, perkembangan bayi akan melambat dibandingkan dengan bayi lain. Namun, semakin ia berkembang, tinggi dan berat badan akan menjadi normal.

Proses perkembangan anak sering berbeda-beda pada setiap anak, meskipun anak cenderung mendapatkan keahlian yang mirip sepanjang proses pertumbuhan. Beberapa bayi mengembangkan kemampuan motorik seperti duduk lebih awal, sementara anak lain bisa dengan cepat mendapatkan keahlian motorik yang rumit, seperti mengenggam benda kecil. Sejumlah anak lambat berjalan, tapi bisa dengan cepat mendeteksi suara. Hal terpenting adalah waktu akan berlalu di mana bayi bisa terus mengembangkan kemampuan mental dan fisik lebih baik lagi.

Namun, penundaan pembelajaran bahasa harus diawasi dengan ketat. Penyebabnya mungkin adalah kurangnya komunikasi dengan orang dewasa, bayi memiliki masalah pendengaran, atau alasan yang lebih jarang termasuk penyakit macam spina bifida dan autisme.

Bila Anda berpikir anak Anda mengalami sedikit penundaan dalam proses perkembangan yang normal, pelajari tentang waktu normal untuk belajar bahasa dan perkembangan lainnya, atau Anda bisa meminta bantuan dokter atau ahli tumbuh kembang anak lebih awal untuk dinilai dalam perkembangan, pendengaran, dan penglihatan anak.

Yang Harus Diperhatikan

Apa yang perlu diwaspadai saat usia bayi 33 minggu?

Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui:

Menghadapi rumah yang berantakan

Jika bayi merangkak dan menarik segala benda dan Anda tidak tahan dengan kekacauan yang dibuatnya, jangan cemas, ambil sejumlah langkah berikut:

  • Mulai dengan rumah yang aman. Sebelum Anda membiarkan bayi berkeliling rumah, pastikan semuanya aman untuk dan dari bayi.
  • Membersihkan kekacauan. Sisi kompulsif Anda akan berterima kasih bila Anda hanya harus membersihkan satu atau dua ruangan yang berantakan. Ini berarti membiarkan bayi bebas menjelajah hanya di dalam kamarnya dan mungkin di ruang keluarga atau ruang tamu-tempat Anda dan pasangan menghabiskan waktu bersama.
  • Kendalikan diri sendiri: Jangan ikuti bayi saat dia membuat kekacauan dan merebut segalanya yang dia ambil. Bayi akan menjadi frustasi, membuat dia merasa bahwa segala yang dia lakukan tidak diterima dan sia-sia.
  • Beri dia pelajaran tentang kerapian, berulang kali: Jangan membersihkan saat bayi berada di dekat Anda. Namun, ambil beberapa benda dengannya setiap sesi bermain selesai, dengan berkata (walaupun bayi tidak mengerti),”Bisa bantu Ayah mengambil mainan ini dan menaruhnya kembali sekarang?”
  • Biarkan dia membuat berantakan: Jangan terus mengeluh tentang kekacauan yang dibuat bayi atau membuatnya merasa bahwa mengutarakan rasa ingin tahu yang wajar adalah berarti dia anak yang nakal. Bila Anda tidak ingin ini terjadi lagi, biarkan dia tahu, tapi sebagai guru, bukan hakim.
  • Anda tidak boleh memukulnya dan berkelahi dengannya: Jangan memutuskan seperti itu karena Anda tetap kalah, Anda mungkin malah akan menyerah dan membiarkannya, bahkan mengabaikannya. Hidup seperti itu tidak baik bagi semangat Anda dan tidak akan bermanfaat bagi bayi.
  • Miliki tempat untuk menyendiri (happy place). Anda tidak akan selalu bisa sabar menghadapi kekacauan dari malaikat kecil Anda, tapi cobalah tenangkan diri di dalam kamar tidur Anda atau bahkan ruang keluarga, misalnya dengan tidak mengizinkan bayi untuk bermain di sana atau memastikan bahwa ruangan ini akan tetap bersih, rapi, dan nyaman sepanjang hari. Dengan begini, pada akhir hari Anda akan bisa memiliki tempat untuk kabur sejenak.
  • Bermain dengan aman. Sikap membiarkan kekacauan terjadi tidak boleh dibuat jika ini mengancam keselamatan. Jika bayi menumpahkan air ke lantai, segera lap bersih. Tumpahan cairan membuat lantai tanpa karpet menjadi selicin arena ice skating sehingga bayi bisa jatuh. Selain itu, ambil selebaran kertas dan majalah segera sebelum bayi melewatinya, dan jaga jalur (terutama menuju tangga) bebas dari mainan, terutama mainan yang beroda, setiap hari.

Seperti apa pertumbuhan bayi pada minggu ke-34?

Sumber

Direview tanggal: July 10, 2017 | Terakhir Diedit: July 10, 2017

Yang juga perlu Anda baca