1. Definisi

Apa itu sengatan ikan beracun?

Ikan yang menyengat biasanya memiliki racun dalam sirip dorsal.  Ikan pari memiliki satu atau lebih racun sirip pada ekornya. Karena kekuatannya, ikan pari sering juga menyebabkan goresan.

Apa saja tanda dan gejalanya?

Sengatan dari hewan ini menyebabkan nyeri dan kemerahan. Ini juga umumnya menyebabkan lemas, berkeringat, demam, muntah, kram otot, kelumpuhan, atau bahkan terkejut.

2. Cara mengatasinya

Apa yang harus saya lakukan?

Untungnya, racun dari jenis-jenis ikan ini bisa dihilangkan dengan suhu yang hangat.

  • Bersihkan bagian yang tersengat dengan air laut untuk melemahkan racun.
  • Keluarkan berbagai partikel sirip ikan pari yang tertinggal di luka.
  • Rendam bagian yang terinfeksi dengan air panas (43-45°C) selama 30 menit. Air panas menetralisir berbagai racun dari ikan atau bulu babi dan membantu mengurangi nyeri.

Kapan saya harus ke dokter?

Hubungi dokter segera bila muncul gejala lain setelah sengatan ikan.

Untuk sengatan ikan pari, hubungi dokter jika luka menyebabkan kulit terbuka, atau ada duri/sirip ikan yang masih tertinggal di dalam kulit dan tak bisa Anda keluarkan sendiri.

3. Pencegahan

Cara terbaik melindungi diri Anda adalah untuk tidak mengganggu makhluk laut. Ketika Anda pergi ke pantai, baca tanda peringatan terkait ubur-ubur atau makhluk laut berbahaya lainnya di dekat area.

Menjauh dari perahu nelayan dan hindari air jika Anda berdarah: darah bisa menarik perhatian hiu dari jarak bermil-mil jauhnya. Bila Anda melihat hiu, tinggalkan air secepat dan setenang mungkin.

Seret kaki, jangan melangkah, jika Anda berjalan di dalam air laut. Bila Anda berjalan di dalam air dangkal, menyeret kaki Anda bisa membantu Anda menghindari menginjak hewan. Binatang juga mungkin akan merasakan kedatangan Anda dan pergi menjauh.

Jangan menyentuh hewan laut, termasuk bagian dari mereka—bahkan jika mereka sudah mati. Sebuah tentakel masih bisa berbahaya.

Tutupi diri. Pakaian dapat membantu melindungi Anda terhadap sengatan dari hewan dan goresan batu karang. Bahan kimia dalam kulit Anda bisa memicu ubur-ubur untuk mengeluarkan sengatannya. Bahkan mengenakan celana ketat atau tabir surya khusus bisa menjadi pembatas antara kimia kulit Anda dan ubur-ubur. Mengenakan sepatu di dalam air juga merupakan ide yang bagus. Namun, ingat bahwa banyak hewan berduri bisa merobek sepatu atau pakaian renang Anda.

Yang juga perlu Anda baca