home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Jumping Frenchmen of Maine

Jumping Frenchmen of Maine
Definisi|Gejala|Penyebab|Pengobatan

Definisi

Apa itu jumping Frenchmen of Maine?

Jumping Frenchmen of Maine adalah kondisi di mana penderitanya menunjukkan reaksi terkejut yang berlebihan setiap ada rangsangan tak diduga (misalnya dikagetkan suara keras). Respon berlebihan ini natural, tidak dibuat-buat, dan tidak bisa dikontrol oleh penderitanya.

Seberapa umumkah jumping Frenchmen of Maine?

Jumping Frenchmen of Maine adalah kondisi yang sangat langka. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Gejala

Apa saja gejala jumping Frenchmen of Maine?

Gejala jumping Frenchmen of Maine biasanya dimulai setelah puber atau selama masa remaja. Penderita kondisi ini akan menunjukkan reaksi terkejut yang berlebihan dan abnormal, termasuk melompat, berteriak, melambai-lambaikan tangan, memukul, atau melempar benda.

Reaksi ini terjadi saat penderita dikagetkan oleh suara keras atau tak terduga, gerak tubuh yang tiba-tiba, atau kontak tubuh yang mengejutkan, misalnya dicolek di pinggang. Setelah reaksi kaget tersebut, penderita mungkin akan mengulang-ulang kata seperti burung beo (ekolalia), atau meniru gerakan tertentu (ekopraksia). Beberapa individu juga bisa secara tak sadar bersumpah serapah atau mengucapkan kata-kata kotor (koprolalia). Selain itu, beberapa penderita terkadang mendadak patuh pada perintah-perintah yang diucapkan tepat setelah reaksi kaget tersebut, misalnya, “Lompat!” “Pukul dia!” dan sebagainya, tanpa bisa mengontrol.

Pada banyak kasus, gejala ini akan membaik dan berkurang kekambuhannya seiring bertambahnya usia. Intensitas reaksi juga bisa dipengaruhi oleh seberapa sering ia dikagetkan, dan kondisi tubuh seperti rasa lelah, stres, atau tekanan emosional.

Jumping Frenchmen of Maine dapat memengaruhi hidup seseorang karena ia tidak bisa mengontrol reaksinya setiap ia merasa terkejut di tempat umum. Penderita juga sering jadi bahan ejekan sehingga membuat reaksi latah semakin parah dan semakin sering terjadi. Biasanya, semakin sering ia dikagetkan, semakin parah reaksinya.

Penyebab

Apa penyebab jumping Frenchmen of Maine?

Penyebab jumping Frenchmen of Maine tidak diketahui. Satu teori menyebutkan bahwa kondisi inii disebabkan oleh respon yang dikondisikan secara ekstrem terhadap situasi tertentu, yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan.

Pengobatan

Informasi di bawah ini tidak dapat dijadikan pengganti konsultasi medis. SELALU konsultasikan pada dokter untuk mendapat informasi tentang pengobatan.

Bagaimana cara mengobati jumping Frenchmen of Maine?

Tidak ada pengobatan yang spesifik untuk penderita latah. Namun untuk mengurangi reaksi latah, penderita perlu dihindarkan dari kekagetan, dan tidak boleh dengan sengaja dikagetkan hanya untuk memancing reaksinya.

Gejala biasanya akan berkurang seiring bertambahnya usia, tapi bisa terasa makin parah saat sedang stres atau cemas.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Jumping Frenchmen of Maine. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/jumping-frenchmen-of-maine. Accessed November 7, 2017.

Jumping Frenchmen of Maine. https://rarediseases.info.nih.gov/diseases/6803/jumping-frenchmen-of-maine. Accessed November 7, 2017.

Jumping Frenchmen of Maine. https://rarediseases.org/rare-diseases/jumping-frenchmen-of-maine/. Accessed November 7, 2017.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi
Tanggal diperbarui 14/12/2017
x