Jangan Sampai Pengobatan Gagal, Ini 4 Tips Taat Aturan Minum Obat TBC

Oleh

Lamanya periode pengobatan TBC yang bisa berlangsung 6 sampai 9 bulan membuat penderita kesulitan untuk bisa minum obat secara teratur. Padahal jika lalai dalam mematuhi aturan minum obat TBC, terdapat konsekuensi yang lebih merugikan.

Penderita berpotensi mengalami efek resistansi obat sehingga antibiotik yang diberikan sebelumnya tidak lagi dapat menghentikan infeksi bakteri tuberkulosis. Kondisi ini juga dikenal sebagai penyakit TBC resistan. Penyakit TBC resistan sama menularnya dengan TBC aktif. Efek resistansi membuat masa penyembuhannya menjadi lebih lama dengan risiko efek samping yang juga lebih berat.

Oleh karena itu, Anda memang dituntut untuk memiliki disiplin tinggi saat menjalani pengobatan TBC. Supaya tidak lupa atau terlewat mengonsumsi obat, Anda bisa mengikuti tips taat aturan minum obat TBC berikut ini!

Aturan minum obat TBC agar selalu tepat jadwal

 1. Minum obat pada waktu yang sama setiap harinya

Sebelum mulai mengonsumsi obat, pastikan Anda telah memahami aturan minum obat TBC dengan baik.

Dokter biasanya tidak akan spesifik menentukan jam berapa sebaiknya Anda meminum obat, tapi cobalah untuk menetapkan waktu yang pasti. Misalnya sesaat setelah makan siang atau saat akan tidur. Lakukan ini secara berulang sampai Anda terbiasa.

Selain memperhatikan waktu konsumsi obat yang dianjurkan dokter, ketahui juga berapa banyak dosis yang diperlukan dan efek samping obat TBC

2. Tempatkan di area yang mudah terlihat

Cara lain agar tidak lupa dengan aturan minum obat TBC adalah dengan memanfaatkan penggunaan kotak obat. Penggunaannya sangat berguna bagi orang yang mengonsumsi obat secara rutin setiap harinya.

Selain disimpan dalam suhu normal, pastikan Anda menyimpan kotak obat di tempat yang mudah dijangkau. Kotak obat bisa diperoleh dengan mudah di apotek atau supermarket, pilihlah yang berukuran kecil sehingga lebih praktis saat dibawa bepergian.

3. Pasang pengingat  pada gawai, jam tangan, dan di sekeliling ruangan

Manfaatkanlah fitur pengingat pada gawai yang hampir setiap waktu Anda gunakan. Aktifkan alarm pada telepon genggam, laptop, sampai jam tangan dan sesuaikan dengan waktu seharusnya Anda meminum obat.

Sekarang ini, terdapat beberapa aplikasi kesehatan yang tidak hanya membantu mengingatkan Anda untuk minum obat juga mencatat jumlah dosis yang Anda konsumsi.

Anda juga bisa menempelkan pengingat aturan minum obat TBC di sekeliling ruangan tempat Anda beristirahat dan beraktivitas. Begitupun pada area-area tertentu yang mudah dilihat, seperti pada cermin dan kulkas.

Selain itu, jangan ragu meminta orang-orang terdekat, seperti keluarga, teman, atau rekan kerja, untuk mengingatkan Anda. Dukungan moral dari orang-orang di sekitar juga baik bagi proses penyembuhan Anda.

4. Gunakan kalendar untuk mencatat durasi pengobatan

Setiap harinya, setelah berhasil mengikuti aturan minum obat TBC dengan benar berilah tanda di kalender. Hal ini berguna untuk merekam telah berapa lama Anda menjalani pengobatan TBC. 6 sampai 9 bulan bukanlah waktu yang sebentar. Anda belum tentu bisa memastikan, bahwa Anda telah mengonsumsi obat setiap harinya selama periode tersebut tanpa pernah mencatatnya.

Cara ini juga bisa membantu Anda untuk merencanakan aturan minum obat TBC di kemudian hari, seperti menentukan kapan obat-obatan akan habis dan kapan Anda perlu berkonsultasi lagi dengan dokter.

Ini yang harus dilakukan jika lupa mengonsumsi obat TBC

Anda tak perlu khawatir jika pernah suatu waktu lupa meminum obat. Anda bisa tetap melanjutkan pengobatan dengan minum obat pada waktu yang telah dijadwalkan berikutnya. Namun apabila Anda telah lebih dari sekali tidak meminum obat sesuai jadwal, maka sebaiknya segera hubungi dokter Anda sebelum meminum obat selanjutnya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca