Membedakan Pusing Biasa dan Pusing Gejala Stroke

Oleh

Semua orang pasti pernah merasa pusing alias keliyengan. Pusing yang tidak berbahaya dapat terjadi setelah naik roller coaster, menonton film 3-D, atau saat kurang tidur. Namun, terkadang ada saja cerita dari seseorang yang mengalami stroke, yang dimulai dengan, “Awalnya saya merasa sedikit pusing…”

Pusing merupakan perasaan yang tidak menyenangkan dan dapat menakutkan. Wajar jika beberapa orang khawatir bahwa mereka mungkin akan mengalami stroke ketika pusing terjadi.

Pusing digambarkan sebagai perasaan seperti berputar atau berada di ruangan berputar, yang sering juga disebut sebagai vertigo. Hal ini dapat membuat Anda merasa kehilangan keseimbangan dan bahkan seperti akan pingsan. Hal ini dapat berkembang lebih parah sehingga Anda merasa gemetaran. Dalam beberapa kasus, pusing dapat terasa seperti berada di perahu goyang. Pusing juga dapat terasa seperti lingkungan Anda tidak cukup stabil atau  seperti Anda seolah-olah berada di luar tubuh, atau kepala Anda seperti diselimuti awan.

Terkadang pusing terjadi dengan gejala-gejala ini:

  • mual
  • muntah atau diare
  • sakit kepala atau migrain
  • nyeri dada
  • sesak napas
  • demam
  • dering di telinga
  • penglihatan berbayang
  • penglihatan kabur
  • mati rasa
  • geli pada lengan atau kaki
  • berbicara melantur
  • kesemutan di sekitar mulut
  • kecapekan

Mengapa saya tak perlu khawatir jika mengalami pusing?

Ada beberapa penyebab pusing, dan stroke merupakan salah satunya. Salah satu karakteristik dari stroke batang otak adalah pusing. Biasanya, ketika seseorang mengalami stroke atau stroke ringan, ada gejala lain selain rasa pusing. Jarang sekali pusing tanpa gejala lain menjadi satu-satunya tanda stroke atau stroke ringan.
Secara umum, pusing mungkin merupakan tanda tubuh sedang mencoba untuk menyampaikan sesuatu.

Kapan saya harus khawatir?

Periksa ke dokter jika pusing disertai dengan gejala lain. Ketika Anda mengalami pusing parah, ini mungkin merupakan tanda perubahan mendadak dalam fungsi jantung atau tanda masalah serius lain. Ketika pusing mempengaruhi keseimbangan, koordinasi, dan kemampuan  berjalan, penting untuk mendapatkan diagnosis medis dan diselesaikan sesegera mungkin.

Pusing bisa menjadi tanda dari beberapa masalah kesehatan yang serius, seperti:

Dehidrasi atau hilangnya cairan tubuh, baik dari kurangnya hidrasi yang tepat, keringat berlebihan, muntah, diare atau masalah metabolisme.

Heat stroke – Penyimpangan irama jantung atau aritmia adalah gangguan irama jantung yang dapat menyebabkan terganggunya suplai darah ke otak, sehingga menghasilkan sensasi pusing.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat mempengaruhi pembuluh darah di seluruh tubuh dan dapat mengakibatkan stroke iskemik atau stroke hemoragik.

Hipotensi atau tekanan darah rendah dapat menyebabkan pasokan darah rendah ke otak atau watershed stroke sehingga mengakibatkan dehidrasi.

Stroke – Semua jenis stroke dapat menyebabkan pusing, tetapi terutama stroke yang melibatkan batang otak.

Stroke ringan atau Transient Ischemic Attack (TIA) adalah gejala-gejala yang menyerupai stroke namun bukan stroke.

Serangan jantung disebabkan karena kurangnya pasokan darah ke pembuluh darah jantung. Ini sering mengakibatkan pasokan darah rendah atau tidak teratur ke otak, menyebabkan sensasi pusing.

Penyakit telinga dapat menyebabkan kehilangan keseimbangan karena telinga sangat penting dalam menjaga keseimbangan dan koordinasi.

Infeksi pada  lapisan otak menyebabkan sakit kepala, kurangnya nafsu makan, mual, muntah, diare, dehidrasi dan hipotensi.

Meningitis – Infeksi pada lapisan otak menyebabkan sakit kepala dan pusing.

Encephalitis adalah infeksi yang lebih serius,  melibatkan jaringan otak dan umumnya disertai dengan demam.

Neuropati – adalah hilangnya serat sensorik pada saraf. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan pada keseimbangan dan koordinasi, sering sulit untuk berjalan. Penderita neuropati sering merasa pusing ketika mandi pada saat mata ditutup karena mereka tidak dapat merasakan kaki mereka di tanah.

Tumor otak dapat menyebabkan pusing karena tekanan pada otak, terutama jika batang otak terlibat.

Efek samping obat – sejumlah obat menyebabkan pusing. Butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan obat baru yang menyebabkan pusing. Kadang-kadang pusing mereda dalam beberapa hari. Dokter atau apoteker dapat menyarankan Anda mengenai apa yang perlu dilakukan ketika pusing.

Sakit kepala migrain sering disertai dengan pusing, baik sebelum, selama, atau setelah migrain. Jika pusing dan migrain mengikuti pola yang sudah diprediksi, gejala biasanya tidak terlalu mengkhawatirkan.

Kecapekan dapat menyebabkan pusing dan perasaan bingung tanpa efek jangka panjang yang signifikan.

Apa yang harus saya lakukan?

Pusing adalah masalah umum dan dapat menjadi tanda dari masalah ringan maupun masalah yang lebih serius. Lebih baik jika berkonsultasi ke dokter sehingga dapat dievaluasi dan diobati.  Sering kali pusing bukanlah pertanda masalah yang berat, seperti stroke, serangan jantung atau tumor otak, dan pemeriksaan menyeluruh tentang penyebab pusing biasanya rumit dan panjang. Namun, jika Anda khawatir ada yang salah dengan tubuh Anda, jangan pernah ragu untuk mendapatkan jawaban dan bantuan yang jelas.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca