Seberapa Mahal Biaya Pengobatan Stroke? Apakah Ditanggung Askes?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Sehat itu mahal, karena biaya pengobatan bisa membengkak dan menguras kantong Anda. Stroke adalah salah satu penyakit yang membutuhkan biaya pengobatan yang mahal. Memang apa saja perawatan yang harus dilakukan dan seberapa banyak biaya pengobatan stroke yang dibutuhkan?

Biaya pengobatan stroke di rumah sakit tidak sedikit

Stroke adalah penyakit yang terjadi ketika pasokan darah menuju otak terganggu atau sama sekali berkurang, sehingga otak kekurangan oksigen dan nutrisi. Dalam hitungan menit, sel-sel otak mulai mati.

Stroke termasuk penyakit yang paling ditakutkan, karena bisa menyebabkan kerusakan permanen bahkan menyebabkan kematian. Saat ini, stroke menjadi penyebab kematian ke-3 di dunia.

Menurut dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp. S., seorang spesialis saraf dari Rumah Sakit Premier Jatinegara, tak jarang pasien stroke akhirnya mengalami cacat seumur hidup, dan keluarga dari pasien harus siap menyediakan biaya yang tidak murah.

Biaya pengobatan stroke bisa berbeda untuk setiap rumah sakit. Di Rumah Sakit Otak Nasional misalnya, biaya pengobatan stroke untuk sekali perawatan mulai dari dua juta rupiah. Sementara di Rumah Sakit Pusat Pertamina, biaya yang harus dikeluarkan untuk sekali perawatan stroke adalah sekitar 1,5 juta rupiah.

Pengobatan stroke yang didapatkan pasien biasanya terdiri dari penanganan ketika serangan terjadi hingga rehabilitasi pasca serangan.

Sementara, menurut dr. Sukono, tiga bulan pasca serangan stroke terjadi, biaya pengobatan yang harus dikeluarkan setidaknya mencapai ratusan juta. Pasalnya, setelah serangan stroke terjadi, pasien masih membutuhkan serangkaian pengobatan yang tak sedikit biayanya.

Diperkirakan bahwa biaya pengobatan stroke bisa mencapai sekitar 150 juta rupiah, bahkan dalam kasus stroke yang lebih berat bisa mencapai sekitar 450 juta rupiah.

Apakah biaya pengobatan stroke ditanggung oleh asuransi kesehatan?

Biaya pengobatan yang ditanggung oleh asuransi kesehatan biasanya beragam, tergantung dengan pilihan asuransi yang Anda ambil.

Dalam perjanjian klaim asuransi atau polis asuransi akan tertulis biaya pengobatan apa saja yang akan ditanggung. Pada kasus stroke, asuransi kesehatan bisa saja menanggung seluruh atau sebagian biaya pengobatan.

Oleh karena itu, penting untuk benar-benar memahami paket asuransi yang Anda ambil dan membaca dengan teliti perjanjian asuransi.

Biaya tersebut biasanya mencakup biaya obat, berbagai tes kesehatan, terapi pemulihan, biaya rumah sakit jika rawat inap, dan biaya lainnya. Semua ini tergantung dengan besar premi yang Anda bayarkan dan kesepakatan antara Anda dan pihak asuransi.

Namun, biasanya jika Anda menggunakan asuransi BPJS, biaya pengobatan stroke bisa ditanggung bersama, yang berarti BPJS tidak menanggung 100 persen seluruh biaya pengobatan stroke.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca