Menyusun Menu Buka Puasa Sehat untuk Sekeluarga

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Memasuki bulan Ramadan, apakah Anda sudah memikirkan rencana menu buka puasa sehat apa yang akan dimasak untuk anggota keluarga Anda satu bulan ke depan? Memang, terkadang tidak mudah untuk menentukan menu yang cocok untuk seluruh anggota keluarga karena masing-masing tentunya memiliki seleranya sendiri.

Jangan khawatir, sebenarnya untuk menyiapkan menu buka puasa tidak jauh berbeda dengan merencanakan masakan apa yang akan dibuat setiap harinya. Yang jelas, pastikan makanan yang Anda sajikan bergizi seimbang sehingga bisa mengganti energi yang hilang setelah berpuasa. Lantas, apa saja menu buka puasa sehat untuk seluruh keluarga?

Pilihan menu buka puasa sehat sekaligus lezat untuk Anda dan keluarga

1. Sup sayuran

sup sayuran

Sup sayuran adalah satu dari berbagai menu makan yang banyak digemari semua kalangan. Beragam macam sayur di dalamnya, mulai dari wortel, kentang, daun bawang, tomat, hingga kol, semua bercampur menjadi satu.

Menu yang satu ini tentunya bisa menjadi pilihan yang baik untuk disajikan sebagai menu berbuka puasa. Pasalnya, kandungan bermacam-macam sayuran di dalamnya bisa menjaga kebutuhan serat seluruh anggota keluarga, terutama bagi anak-anak.

Tidak hanya itu, sup sayuran tentunya memiliki banyak kandungan air yang bisa menambah kebutuhan cairan setelah berpuasa. Anda juga bisa menambahkan potongan daging ayam sebagai sumber protein hewani yang baik untuk menyumbang energi usai berpuasa.

2. Spaghetti

Spaghetti termasuk salah satu sumber karbohidrat sehingga cocok dijadikan menu buka puasa sehat bagi keluarga Anda untuk menambah energi yang terkuras seharian. Jika ingin lebih sehat, Anda bisa membuat spaghetti dengan saus tomat merah dibandingkan memakai saus pasta karbonara.

Bukan tidak boleh, hanya saja jumlah kalori, natrium, dan lemak jenuh yang ada di dalam saus pasta karbonara cukup tinggi. Selain itu, Anda bisa menambahkan nutrisi baik dari paprika dan brokoli untuk pelengkapnya. Paprika dan tomat sebagai bahan dasar pembuat saus, kaya akan folat, vitamin A, dan vitamin C. Sementara brokoli berperan sebagai sumber serat, magnesium, folat, protein, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Sumber protein juga bisa Anda penuhi dengan menambahkan potongan bakso, ayam, atau aneka seafood. Tentunya, ini akan menjadi salah satu menu buka puasa sehat dengan nutrisi yang lengkap.

3. Telur dadar gulung

Untuk menu buka puasa, telur dadar gulung bisa menjadi menu sehat dan praktis bagi seluruh anggota keluarga, mulai dari anak-anak sampai lanjut usia. Pasalnya, telur merupakan sumber protein tinggi yang dilengkapi dengan sejumlah nutrisi baik seperti vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin K, kalsium, zinc, fosfor, serta lemak sehat.

Anda bisa mengkreasikan olahan telur dadar gulung bikinan Anda dengan irisan kecil wortel, tomat, dan daun bawang agar kebutuhan vitamin dan serat anggota keluarga tetap tercukupi.

Bahkan akan lebih menarik dan sehat bila Anda berikan irisan jamur yang kaya akan vitamin B, vitamin D; serta sejumlah mineral meliputi fosfor, kalium, besi, dan selenium. Yang tentunya akan mengganti kebutuhan vitamin dan mineral yang hilang saat berpuasa.

4. Kolak pisang dan labu

kolak

Jika Anda berencana membuat takjil yang sehat dan bergizi untuk keluarga, coba buat olahan dari buah-buahan segar yang kaya serat. Salah satu pilihan yang lezat dan sehat yakni kolak pisang dengan labu.

Labu kaya akan kandungan beta-karoten yang berguna untuk memproduksi vitamin A, manfaatnya baik untuk kesehatan mata sekaligus membantu tubuh melawan infeksi. Sebab, vitamin A berperan penting untuk memperkuat lapisan usus dan menjaga dari serangan infeksi. Tidak hanya itu, labu juga menyimpan banyak vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Begitu pula dengan pisang, kandungan tinggi kalium bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Dilengkapi dengan vitamin B, vitamin C, kalium, serat, dan karbohidrat yang tentunya berfungsi untuk mengganti nutrisi dan energi tubuh yang hilang saat puasa.

Bila ingin sajian Anda lebih sehat, coba ganti kuah santan dengan yogurt tawar (plain) dan susu rendah lemak (skim). Pasalnya, setiap yogurt dan susu skim yang Anda konsumsi bisa menyumbang vitamin B12, kalsium, fosfor, protein, dan karbohidrat, yang tidak kalah bermanfaat untuk menambah energi setelah berpuasa.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca