Ketika puasa, masalah yang paling umum terjadi adalah muncul sariawan di dalam mulut. Walaupun tidak berbahaya, kondisi ini ternyata cukup mengganggu, terutama saat sahur dan berbuka. Nah, agar tidak ada lagi benjolan dalam mulut yang mengganggu, berikut beberapa tips untuk Anda mencegah sariawan hadir saat puasa.

Cara mencegah sariawan saat puasa

Sariawan adalah gangguan pada mulut yang ditandai dengan luka pada dinding mulut. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh kekurangan vitamin B dan C, zat besi, dan nutrisi lainnya. Apalagi ketika puasa asupan makanan berkurang drastis karena tidak diperbolehkan makan.

Oleh karena itu, penting sekali untuk Anda mengetahui bagaimana cara mencegah sariawan saat sedang menjalani puasa.

1. Hindari makanan olahan

makanan kaleng untuk anak

Pada saat sahur dan berbuka puasa, usahakan untuk menghindari makanan dari kaleng dan olahan. Produk ini diolah dengan cara diasamkan supaya punya masa kedaluwarsa yang panjang dengan menghambat bakteri.

Nah, karena terlalu banyak asam pada mulut bisa menyebabkan sariawan, usahakan untuk menghindari makanan kaleng dan olahan.

2. Jangan makan makanan yang lengket

Memang enak jika berbuka dengan makan cokelat yang manis. Sayangnya, makan makanan yang lengket seperti cokelat ternyata bisa membuat Anda sariawan. Hal tersebut disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang menumpuk pada gigi dan lidah menyebabkan sariawan.

3. Sikat gigi setelah sahur dan sebelum tidur

Salah satu cara untuk mencegah sariawan saat puasa adalah menyikat gigi setelah makan saat sahur dan sebelum tidur. Cara ini sangat ampuh untuk mengurangi hingga menghilangkan kotoran pada gigi dan mulut.

Selain itu, pilihlah sikat gigi dengan bulu yang lembut agar gusi tidak sakit. Hindari juga pemakaian pasta gigi serta obat kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate

4. Tidak makan terburu-buru

Biasanya, sariawan juga disebabkan oleh tergigitnya mulut dan lidah dan menyebabkan luka berupa benjolan sedikit. Nah, makan dengan terburu-buru bisa membuat lidah dan mulut Anda tergigit secara tidak sengaja. Oleh karena itu, upayakan untuk makan pelan-pelan. Selain bisa mencegah sariawan, hal ini juga membantu proses pencernaan Anda.

5. Menghindari makanan asam dan pedas

makan pedas

Makanan yang bisa mengiritasi mulut Anda, seperti tingkat kepedasan dan keasaman yang tinggi, ternyata bisa membuat sariawan di mulut Anda. Oleh karena itu, untuk mencegah timbulnya sariawan saat puasa adalah menghindari makanan asam dan pedas.

Cobalah untuk mengganti makanan tersebut dengan:

  • Makanan berserat tinggi: Roti, sereal, oatmeal
  • Segala jenis sayuran
  • Buah-buahan manis dan tidak asam: melon, pisang, kelapa
  • Makanan yang berasal dari binatang: ayam, daging, dan ikan

6. Tidak mengonsumsi minuman panas

gerah saat cuaca panas

Bila tidak ingin puasa Anda terganggu karena sariawan, cobalah untuk mengurangi minum minuman panas saat sahur dan berbuka. Minuman yang terlalu panas bisa melukai rongga mulut Anda, sehingga menimbulkan sariawan. Cobalah untuk mengganti minuman panas Anda dengan air hangat.

Cara mencegah sariawan saat puasa ini memang melibatkan makanan dan minuman. Oleh karena itu, usahakan untuk memakai tips-tips tersebut ketika sahur dan berbuka puasa. Selain itu, minum air putih yang banyak juga menjadi poin penting untuk menghindari sariawan yang mengganggu ketika puasa.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca