5 Tips Bagi Orang yang Merawat Penderita PPOK

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Kita pasti ingin menjaga sendiri orang yang kita cintai untuk memberikan perawatan terbaik dan menghilangkan rasa sakitnya. Tampaknya ironis, tetapi terkadang kita bisa ikut berakhir di rumah sakit karena terlalu fokus dalam merawat orang tercinta. Itulah mengapa kami menyusun tips berikut supaya Anda dapat menjaga diri sendiri selama merawat pasien Anda.

Tip 1: Jaga diri Anda sendiri

Banyak orang sering terlalu fokus pada kesehatan penderita sehingga mereka melupakan kesehatannya sendiri. Ingatlah, kesehatan Anda adalah kesehatan pasien Anda. Luangkan sedikit waktu untuk rileks, berolahraga, dan makan dengan sehat.

Anda adalah teladan bagi orang tercinta Anda dan dengan memberikan contoh yang baik, sehingga Anda bisa mendorong penderita untuk melakukan hal yang sama. Kita tahu itu sulit, tetapi cobalah untuk tidak membiarkan apa yang sedang dialami oleh orang tercinta memengaruhi Anda.

Tips 2: Kendalikan tingkat stres Anda

Merawat seseorang bisa membuat kelelahan bahkan orang yang paling sehat sekalipun. Stres kronis akibat merawat orang yang dicintai dengan penyakit paru-paru bisa berpotensi menyebabkan masalah kesehatan Anda sendiri. Tanda-tanda umum dari stres meliputi berikut:

  • merasa sedih atau moody
  • menangis lebih sering daripada biasanya
  • merasa memiliki tidak berenergi
  • merasa seperti Anda tidak memiliki waktu untuk diri sendiri
  • mengalami sulit tidur, tidak ingin beranjak dari tempat tidur di pagi hari
  • mengalami sulit makan atau makan terlalu banyak
  • berjumpa dengan teman atau kerabat lebih jarang daripada biasanya
  • kehilangan minat pada hobi atau hal-hal yang biasa Anda lakukan dengan teman atau keluarga
  • merasa marah pada orang yang Anda rawat, pada orang lain, atau pada situasi yang ada

Sangat mudah untuk merasa terbebani saat Anda merawat orang lain. Luangkan waktu untuk diri sendiri. Berolahragalah lari jarak jauh, atau lakukan yoga atau meditasi untuk melepaskan sebagian stres harian Anda.

Tip 3: Jangan takut meminta bantuan

Anda tidaklah sendirian. Anda bisa menghubungi anggota keluarga, dokter, atau kelompok dukungan (support group). Ada juga banyak organisasi yang menawarkan saran bagi keluarga penderita.

Banyak orang yang merasa bersalah karena menyerahkan tanggung jawab pada orang lain. Ini mungkin karena mereka merasa bahwa itu adalah tanggung jawab mereka atau bahwa mereka tidak ingin membebani orang lain. Namun, Anda bukanlah manusia super dan tidak ada yang mengharapkan Anda menjadi perawat PPOK.

Anda mungkin akan terkejut dengan jumlah orang yang tidak keberatan mengambil alih tanggung jawab untuk satu atau dua hari. Tulislah daftar cara bagaimana Anda bisa melimpahkan tanggung jawab pengasuhan kepada orang lain. Misalnya, Anda bisa melimpahkan sebagian tanggung jawab ke seorang anggota keluarga atau teman pasien.

Hanya dengan meluangkan waktu sekitar satu jam untuk diri Anda sendiri satu kali seminggu, Anda dapat memperbaiki mood Anda secara signifikan. Ini bisa memberi Anda waktu pribadi untuk melakukan pijat, makan siang dengan teman, atau menonton bioskop. Anda bahkan mungkin akan mendapati pasien Anda ternyata menikmati waktu liburan singkatnya juga.

Tip 4: Bergabunglah dengan komunitas

Mari kita tekankan sekali lagi: Anda tidaklah sendirian. Berbicara dengan orang lain yang melewati hal yang sama adalah cara yang bagus untuk mendapatkan dukungan emosional. Orang-orang di kelompok dukungan, yang pernah atau sedang menjalani rintangan yang sama persis seperti Anda, bisa menjadi bentuk dukungan emosional yang luar biasa.

Banyak komunitas memiliki kelompok dukungan di mana sesama pengasuh menawarkan saran dan dukungan. Anda bahkan bisa menemukan dukungan di internet dan menemukan kelompok dukungan lokal di daerah Anda. Hanya dengan berbicara pada seseorang mengenai hari-hari Anda, Anda bisa mengurangi tingkat stres dan menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Seiring waktu, Anda mungkin akan mendapatkan teman baru.

Tip 5: Ingatlah, Anda adalah seorang pahlawan

Kita tahu bahwa merawat penderita PPOK adalah pekerjaan penuh waktu, dan ini mungkin lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan. Satu hal yang selalu kita dengar berulang kali dari pasien adalah bahwa perawat mereka adalah pahlawan mereka.

Anda adalah orang yang cerdas, luar biasa kuat, penyayang dan pemberi. Tanpa Anda, orang tercinta Anda akan memiliki pilihan yang terbatas. Pujilah diri Anda sendiri dan berikan imbalan kepada diri Anda untuk apa yang telah Anda capai.

Terlepas apakah Anda adalah seorang pasangan, anggota keluarga, profesional terlatih atau teman, menjalankan peran pengasuh bagi seseorang yang menderita PPOK atau penyakit paru lainnya bukanlah tugas yang mudah. Bisa jadi ada kesedihan besar, perasaan terisolasi, dan stres akibat kurangnya hiburan dan waktu pribadi.

Penting untuk mengambil inisiatif untuk meningkatkan kualitas hidup baik bagi orang yang Anda cintai maupun diri Anda sendiri. Dengan merasa lebih baik, Anda akan dapat membantu orang yang Anda cintai merasa lebih baik.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca