Kenapa Telinga Saya Terasa Sakit Saat Sedang Pilek?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Pernahkah Anda merasakan telinga sakit saat pilek? Ya, selain hidung meler atau tersumbat, sakit telinga juga menjadi salah satu gejala yang muncul saat Anda sedang pilek atau flu. Pilek dan flu sama-sama menyebabkan adanya penumpukan lendir dan tekanan pada telinga. Bedanya, gejala pilek lebih ringan dibanding dengan flu.

Semakin parah gejala pilek yang Anda rasakan, semakin besar kemungkinan Anda merasakan sakit pada telinga. Akan tetapi, kenapa bisa terjadi dan bagaimana mengatasinya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Sebenarnya, apa yang membuat telinga sakit saat pilek?

Pilek terjadi saat rhinovirus menginfeksi saluran pernapasan Anda. Jadi bukan hanya hidung saja, tenggorokan dan tabung eustachius (tabung yang menghubungkan telinga dengan tenggorokan) juga ikut terkena dampaknya. Itulah sebabnya saat pilek, Anda juga bisa mengalami sakit tenggorokan atau sakit telinga sekaligus.

Sebenarnya, lendir (mukus) sudah diproduksi dan selalu mengalir dari hidung hingga ke paru-paru untuk menjaga kelembapan. Lendir ini juga berfungsi untuk menyaring kotoran pada udara yang Anda hirup.

Nah, saat rhinovirus menyerang tubuh, maka terjadi perubahan pada lendir tersebut. Lendir menjadi lebih banyak diproduksi dan berubah warna. Banyaknya lendir bisa menyumbat hidung sekaligus juga tabung eustachius yang ada pada telinga bagian tengah.  Adanya penumpukan membuat lendir yang seharusnya mengalir ke tenggorokan malah terjebak di telinga tengah dan menyumbat telinga.

Ketika sehat, tabung eustachius akan melakukan gerakan buka dan tutup untuk menjaga keseimbangan udara. Saat pilek terjadi, tabung eustachius menjadi lebih sulit melakukan gerakan tersebut karena ada tumpukan lendir pada saluran.

Selain itu, lendir tersebut juga memberikan tekanan lebih pada telinga bagian tengah. Inilah yang menjadi penyebab kenapa Anda menjadi tidak responsif terhadap suara dan merasa ada tekanan pada telinga sehingga terasa sakit.

Untungnya, telinga sakit saat pilek jarang terjadi. Kondisi ini hanya muncul jika pilek Anda sangat parah dan akan membaik seiring dengan pulihnya tubuh Anda dari pilek.

Apakah sakit telinga saat pilek harus diobati?

Sakit telinga saat pilek pasti sangat mengganggu Anda dalam beraktivitas. Ini akan sembuh jika Anda mengobati pilek Anda, karena semakin jika jumlah lendir sudah kembali normal, maka tak ada lagi yang menekan dan menyumbat telinga.

Obat acetaminophen, dekongestan, atau ibuprofen sesuai resep dokter dapat membantu Anda mencairkan lendir sehingga gejala menjadi lebih berkurang. Mengompres telinga dengan handuk yang direndam dengan air panas atau perbanyak minum air putih juga bisa membantu meringankan gejala.

Jika Anda terus membiarkan kondisi ini, dikhawatirkan penumpukan lendir akan memicu perkembangan bakteri di telinga. Bakteri tersebut akan bertambah banyak dan membuat peradangan.

Kondisi ini berbeda dengan pilek dan disebut dengan infeksi telinga. Walaupun memiliki gejala infeksi telinga hampir serupa dengan pilek, termasuk sakit pada telinga. Bedanya, rasa sakit pada telinga akan terus terjadi disertai rasa pusing dan kesulitan untuk tidur.

Bila kondisi ini berlanjut dan terus membuat Anda tak nyaman, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca