Depresi adalah kelainan mental yang paling umum terjadi. The World Health Organization (WHO) memperkirakan sekitar 350 juta orang menderita depresi di seluruh dunia. Depresi ditandai dengan perasaan harga diri yang rendah, kesedihan ekstrim yang dapat menyebabkan kehilangan napsu makan dan semangat dalam aktivitas sehari-hari. Penting untuk menemui dokter untuk membantu Anda mengenal masalah dan mencari pilihan penanganan yang terbaik untuk Anda. Biasanya, dikombinasikan dengan terapi obat, dokter akan merekomendasi perubahan gaya hidup dan perilaku. Berikut beberapa tips untuk mengatasi depresi:

1. Jadilah lebih aktif

Beberapa bentuk olahraga dapat membantu meningkatkan mood Anda. Berjalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat membuat mood Anda lebih baik. Terdapat beberapa bukti yang menunjukkan bahwa endorfin, zat kimia alami yang membuat Anda merasa baik, dapat ditingkatkan dengan melakukan olahraga yang rutin. Hal ini memberikan keuntungan jangka panjang untuk mereka yang sering mengalami depresi dan mendorong otak untuk berpikir secara positif.

2. Makan yang sehat

Penting untuk selalu makan dengan sehat. Saat Anda depresi, Anda cenderung untuk makan secara berlebih untuk mengatasi emosi Anda, hal ini sering disebut sebagai makan secara emosional. Hal ini dapat berbahaya apabila Anda tidak memperhatikan apa yang Anda makan. Binge eating, atau makan secara tidak terkendali saat Anda depresi dapat menyebabkan penyakit kesehatan lainnya. Penting untuk memilih buah-buahan dan sayuran daripada makanan yang tinggi lemak dan gula. Beberapa makanan dapat meningkatkan mood Anda, seperti ikan berlemak yang mengandung banyak omega-3. Omega-3 terbukti dapat mengubah zat kimia pada otak yang bertugas mengatur mood.

3. Tidur yang cukup

Anda mungkin merasa kesulitan untuk tidur saat depresi; namun, tidur yang terlalu sedikit dapat memperburuk kondisi depresi. Anda dapat memulai tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, pada waktu yang lama. Jangan tidur siang terlalu lama, karena Anda akan kesulitan untuk tidur kembali pada malam hari. Menjauhi segala distraksi, seperti komputer, TV, handphone sebelum tidur, dapat memperbaiki tidur Anda. Minum secangkir susu hangat atau mandi sebelum tidur adalah ide yang baik untuk mengurangi depresi.

4. Hadapi masalah Anda

Siapapun pernah mengalami depresi dengan masalah masing-masing pada hidup, seperti kehilangan pekerjaan, stress pada pekerjaan, segera menikah atau kejadian yang menyebabkan pikiran negatif pada jangka panjang. Saran terbaik adalah menantang mood buruk Anda, lawan depresi dan ubah cara Anda berpikir. Apabila Anda merasa buruk pada diri Anda sendiri, cobalah untuk mengendalikan pikiran Anda dan mulai memikirkan hal-hal positif dari diri Anda dan masalah yang Anda hadapi. Walau teknik ini memerlukan waktu untuk berlatih, teknik ini merupakan penanganan terbaik untuk mengatasi depresi Anda.

5. Lakukan hal-hal yang baru dan menyenangkan dengan orang-orang terdekat

Apabila Anda menderita depresi, walaupun terasa sulit, namun cobalah untuk mendorong diri Anda untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan dan berbeda, seperti pergi ke kebun binatang, membaca buku baru, mempelajari bahasa baru, berlibur ke tempat baru, dan lain lain. Saat Anda melakukan hal-hal baru, otak Anda juga akan mulai membuat perubahan yang terkait dengan rasa senang.

Menikmati waktu bersama dengan keluarga dan teman-teman dapat membantu Anda melupakan depresi dan meningkatkan mood Anda secara efektif.

Bicarakan dengan dokter atau psikiater tentang bagaimana melawan depresi Anda. Anda mungkin akan memerlukan kombinasi obat dan terapi bicara dengan gaya hidup yang sehat untuk mengendalikan depresi Anda.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca