5 Pertanyaan Umum Tentang Dialisis Peritoneal

Oleh

Untuk apa dialisis peritoneal?

Dialisis peritoneal adalah prosedur lain yang menghilangkan limbah, bahan kimia, dan air ekstra dari tubuh Anda. Jenis dialisis ini menggunakan lapisan perut Anda, atau perut, untuk menyaring darah Anda. lapisan ini disebut membran peritoneal dan bertindak sebagai ginjal buatan.

Bagaimana cara kerja dialisis peritoneal?

Campuran mineral dan gula dilarutkan dalam air, yang disebut cairan dialisis, mengalir melalui kateter ke dalam perut Anda. Gula (disebut dekstrosa) menarik limbah, bahan kimia, dan air ekstra dari pembuluh darah kecil di membran peritoneal Anda ke dalam larutan dialisis. Setelah beberapa jam, larutan yang digunakan dikuras dari perut Anda melalui tabung, yang membawa limbah dari darah Anda dengan cairan tersebut. Kemudian perut Anda diisi ulang dengan cairan dialisis segar, dan siklus diulang. Proses pengeringan dan isi ulang disebut pertukaran.

Apa saja jenis dialisis peritoneal?

Tiga jenis dialisis peritoneal tersedia.

Continious Ambulatory Peritoneal Dialysis (CAPD)

CAPD tidak memerlukan mesin dan dapat dilakukan dalam ruang bersih, tempat remang. Dengan CAPD, darah Anda selalu dibersihkan. Larutan dialisis dialirkan dari kantong plastik melalui kateter dan ke dalam perut Anda, di mana cairan itu menetap selama beberapa jam dengan kateter disegel. Periode waktu di mana cairan dialisis berada di perut Anda disebut waktu tinggal. Berikutnya, Anda mengeringkan cairan dialisis ke dalam kantong kosong untuk pembuangan. Anda kemudian mengisi perut Anda dengan cairan dialisis segar sehingga proses pembersihan bisa dimulai lagi. Dengan CAPD, larutan dialisis tetap di perut Anda untuk waktu tinggal 4 sampai 6 jam, atau lebih. Proses pengeringan cairan dialisis yang digunakan dan menggantinya dengan larutan segar membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 40 menit. Kebanyakan orang mengubah cairan dialisis setidaknya empat kali sehari dan tidur dengan larutan di perut mereka pada malam hari. Dengan CAPD, tidak perlu untuk bangun dan melakukan tugas-tugas dialisis pada malam hari.

Continius Cycler-assisted Peritoneal Dialysis (CCPD)

CCPD menggunakan mesin yang disebut cycler untuk mengisi dan mengosongkan perut tiga sampai lima kali selama malam saat Anda tidur. Di pagi hari, Anda mulai satu pertukaran dengan waktu tinggal yang berlangsung sepanjang hari. Anda dapat melakukan pertukaran tambahan di tengah-tengah sore hari tanpa cycler untuk meningkatkan jumlah sampah yang dibuang dan untuk mengurangi jumlah cairan yang tertinggal di tubuh Anda.

Kombinasi CAPD dan CCPD

Jika  berat Anda lebih dari 80 kg atau jika peritoneum Anda menyaring limbah secara perlahan, Anda mungkin perlu kombinasi CAPD dan CCPD untuk mendapatkan dosis dialisis yang tepat. Sebagai contoh, beberapa orang menggunakan cycler di malam hari tetapi juga melakukan satu pertukaran siang hari. Orang lain melakukan empat pertukaran siang hari dan menggunakan minicycler untuk melakukan satu atau lebih pertukaran pada malam hari. Anda akan bekerja dengan tim perawatan kesehatan Anda untuk menentukan jadwal terbaik untuk Anda.

Apakah diperlukan perubahan diet?

Diet dialisis peritoneal sedikit berbeda dari diet hemodialisis pusat.

  • Anda masih perlu untuk membatasi garam dan cairan, tetapi Anda mungkin dapat membutuhkan lebih dari masing-masing zat tersebut, dibandingkan dengan hemodialisis di pusat.
  • Anda harus makan lebih banyak protein.
  • Anda mungkin memiliki batasan yang berbeda pada kalium. Anda bahkan mungkin perlu makan makanan tinggi kalium.
  • Anda mungkin perlu untuk mengurangi jumlah kalori yang Anda makan karena ada kalori dalam cairan dialisis yang dapat menyebabkan Anda untuk menambah berat badan.

Dokter dan ahli gizi yang mengkhususkan diri dalam membantu orang dengan gagal ginjal akan dapat membantu Anda merencanakan makanan Anda.

Apa pro dan kontra dari dialisis peritoneal?

Setiap jenis dialisis peritoneal memiliki kelebihan dan kekurangan.

CAPD

Pro:

  • Anda dapat melakukannya sendiri.
  • Anda dapat melakukannya pada waktu yang Anda pilih selama Anda melakukan jumlah pertukaran yang diperlukan  setiap hari.
  • Anda dapat melakukannya di banyak lokasi.
  • Anda tidak perlu mesin.
  • Anda tidak akan memiliki perasaan yang banyak pasien hemodialisis rasakan.
  • Anda tidak perlu melakukan perjalanan ke rumah sakit tiga kali seminggu.

Kontra:

  • Hal ini dapat mengganggu jadwal harian Anda.
  • Ini adalah pengobatan terus menerus, dan semua pertukaran harus dilakukan 7 hari seminggu.

CCPD

Pro:

  • Anda dapat melakukannya di malam hari, terutama saat Anda tidur.
  • Anda bebas melakukan pertukaran siang hari.

Kontra:

  • Anda perlu mesin.
  • Gerakan Anda di malam hari dibatasi oleh koneksi Anda ke cycler mesin tersebut.

Apa yang harus saya ingat?

Dialisis hemodialisis dan dialisis peritoneal merupakan pengobatan yang membantu menggantikan pekerjaan ginjal Anda. Perawatan ini membantu Anda merasa lebih baik dan hidup lebih lama, tetapi mereka tidak menyembuhkan gagal ginjal. Meskipun pasien dengan gagal ginjal sekarang hidup lebih lama dari sebelumnya, penyakit ginjal yang terjadi selama bertahun-tahun dapat menyebabkan masalah seperti penyakit jantung, penyakit tulang, arthritis, kerusakan saraf, infertilitas, dan kekurangan gizi.

Masalah-masalah ini tidak akan pergi dengan dialisis, namun dokter sekarang memiliki cara baru dan lebih baik untuk mencegah atau mengobati mereka. Anda harus membicarakan komplikasi ini dan perawatan mereka dengan dokter Anda.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca