Tulang keropos dicap sebagai gangguan kesehatan yang terjadi pada orang yang lanjut usia. Padahal, kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, bahkan Anda yang masih berusia muda juga bisa mengalami kekeroposan tulang. Lalu, apakah tulang keropos bisa disembuhkan? Apa yang terjadi bila terus dibiarkan dan tidak ditangani?

Apa saja penyebab tulang keropos?

Tulang adalah penopang utama dari tubuh Anda. Oleh karena itu, tulang memang dirancang untuk sangat kuat dan padat agar dapat menunjang kegiatan Anda sehari-hari seperti berjalan dan berlari. Kepadatan tulang dipengaruhi oleh jumlah mineral yang ada pada tulang Anda.

Mineral merupakan zat yang paling banyak dalam menyusun tulang, yaitu mencapai 60-70% dan sementara sisanya terdiri dari kolagen dan protein. Seseorang yang mengalami kekeroposan tulang disebabkan oleh penurunan  jumlah mineral tulang.

Tulang yang keropos belum tentu osteoporosis, dalam bidang kesehatan, kondisi ini sebut dengan osteopenia, yaitu tahapan awal sebelum terjadinya osteoporosis. Osteopenia adalah kondisi di mana kadar mineral di tulang cukup rendah, sehingga mudah sekali patah atau rapuh. Beberapa penyebab dari osteopenia adalah:

  • Kurangnya konsumsi kalsium atau vitamin D
  • Kurang berolahraga
  • Merokok
  • Terlalu banyak mengonsumsi alkohol
  • Terlalu sering mengonsumsi minuman berkarbonasi seperti soda

Sementara, beberapa kondisi medis yang dialami seseorang dapat menyebabkan tulangnya menjadi keropos, seperti penyakit celiac yang tidak ditangani, pernah menjalani kemoterapi, dan mengonsumsi beberapa obat-obatan yang menghambat penyerapan mineral dalam tubuh. penuaan bisa juga jadi penyebab dari kondisi ini.

Lalu, apakah tulang keropos bisa disembuhkan?

Osteopenia sebenarnya bukan lah penyakit, karena pengeroposan tulang yang terjadi masih sedikit dan dalam tahap awal. Kondisi ini adalah hal yang wajar dialami, apalagi ketika seseorang telah memasuki usia 50 tahunan dan hal tersebut tak dapat dihindari.

Bila dokter Anda menyatakan bahwa Anda telah mengalami osteopenia, meskipun usia Anda belum mencapai 50 tahun, Anda masih dapat mencegahnya agar kondisi tersebut tak menjadi lebih buruk yaitu osteoporosis.

Tak semua orang yang mengalami osteopenia membutuhkan pengobatan medis khusus. Hal ini disesuaikan dengan tingkat pengeroposan tulang yang terjadi pada masing-masing individu. Untuk mencegahnya bertambah buruk, Anda dapat menerapkan pola hidup sehat seperti, lebih sering melakukan olahraga, mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D, serta menghindari rokok dan alkohol.

Jika saya sudah mengidap osteoporosis, apakah bisa sembuh?

Pada dasarnya tak ada yang bisa membuat struktur atau kepadatan tulang Anda normal  dan sama persis seperti sebelum Anda terkena osteoporosis. Jadi, pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi osteoporosis sebenarnya lebih bertujuan untuk mencegah agar penderita tidak mengalami patah tulang, memperlambat proses pengeroposan yang sedang terjadi, dan meningkatkan kepadatan tulang sedikit demi-sedikit.

Obat-obatan yang biasanya diberikan pada penderita osteoporosis adalah:

  • Bisphosphonates, seperti Fosamax, Boniva, Actonel, dan Reclast
  • Calcitonin, seperti Fortical dan Miacalcin
  • Terapi hormon estrogen

Sementara, Anda juga bisa melakukan pencegahan sendiri dengan cara mengubah pola hidup Anda ke arah yang lebih sehat, seperti mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium serta berolahraga secara rutin.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca