Tips untuk Mengatasi Whiplash (Nyeri Leher) di Rumah

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 Maret 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Whiplash adalah suatu kondisi di mana adanya pergerakan tiba-tiba pada leher, yang mana dapat menyebabkan cedera. Kadang-kadang whiplash dikenal sebagai keseleo atau tegang pada tengkuk leher. Whiplash sering terjadi setelah Anda mengalami kecelakaan lalu lintas, terutama ketika sepeda motor atau mobil Anda ditabrak dari belakang. Kegiatan olahraga juga dapat menyebabkan whiplash.

Pengobatan medis untuk whiplash tergantung pada tingkat cedera. Anda dapat mengobati whiplash di rumah jika kondisi Anda tidak parah. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu whiplash Anda:

Jangan gunakan penyangga leher

Ini mungkin terdengar aneh, tapi Anda perlu terus melakukan beberapa gerakan lembut sehingga Anda dapat menghindari kekakuan pada leher. Mungkin menyakitkan, tetapi menjaga gerakan tetap minimal dapat membantu leher lebih cepat sembuh dan meningkatkan perbaikan gerakannya. Jika terkadang Anda merasa sakit, jangan khawatir, itu normal dan tidak akan membuat leher Anda lebih sakit.

Memakai penyangga leher atau kerah hanya akan memperpanjang gejala dan menunda pemulihan Anda. Disarankan untuk tidak menggunakannya jika Anda ingin sembuh lebih cepat.

Lakukan peregangan

Peregangan leher dapat membantu penyembuhan. Gerakan peregangan dapat mengurangi kekakuan dan mengurangi rasa sakit. Anda dapat mencoba latihan pengendalian, seperti dalam yoga, untuk meningkatkan jangkauan gerak leher dan memandu Anda merawat leher Anda.

Jika Anda mengalami kejang otot selama lebih dari seminggu, pijat sangatlah bermanfaat. Pijat menguraikan otot leher dengan dilatasi pembuluh darah yang dapat meningkatkan sirkulasi darah. Mandi air panas sebelum menggosok daerah leher merupakan ide yang baik agar lebih rileks.

Memilih bantal yang tepat

Tergantung pada ketinggian atau keempukan bantal, ini dapat memperburuk atau meredakan rasa sakit selama proses pemulihan dari cedera whiplash. Untuk mengurangi nyeri leher, Anda harus memilih bantal yang tepat, terutama yang berbasis air. Bantal yang sempurna bagi penderita whiplash adalah bantal yang dapat mendukung lekukan leher. Bantal yang baik efektif menurunkan nyeri leher dan sakit kepala, dan mendukung tidur yang nyenyak.

Untuk mencegah kerusakan jaringan di leher, direkomendasikan untuk menghindari tidur tengkurap. Coba menekuk kepala dan leher beberapa derajat untuk posisi tidur yang sempurna.

Menjaga postur tubuh yang baik

Pastikan bahwa Anda selalu menjaga postur yang baik dan tegak dengan menjaga punggung tetap lurus saat duduk, berdiri dan berjalan. Ingatlah untuk menyesuaikan kursi dengan layar komputer dengan cara yang benar jika Anda menghabiskan banyak waktu menggunakan komputer.

Jika Anda mengalami luka parah, atau jika rasa sakit berlangsung selama 6 bulan atau bertambah buruk bahkan dengan perawatan di rumah, saatnya untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab rasa sakit dan mendapatkan bantuan medis.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Bagaimana Cara Mendorong Anak Menjadi Atlet?

    Olahraga sangat bermanfaat dalam mendukung tumbuh kembang anak. Namun, memotivasi dan mendorong anak menjadi atlet adalah lain hal. Bagaimana caranya?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Rina Nurjanah
    Kebugaran, Hidup Sehat 9 September 2020 . Waktu baca 7 menit

    Menjadi Atlet di Mata Atlet Muda Indonesia

    Menjadi atlet sejak usia belia sebaiknya berdasarkan keinginan si anak sendiri. Inilah kisah-kisah para atlet muda Indonesia atas pilihannya.  

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Kebugaran, Hidup Sehat 9 September 2020 . Waktu baca 7 menit

    8 Penyebab Leher Anda Sering Terasa Pegal

    Pegal di leher sesekali saja memang wajar. Tapi jika sering terjadi dan tidak ditangani, ini bisa memicu masalah kesehatan yang lebih serius, lho!

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Hidup Sehat, Tips Sehat 1 September 2020 . Waktu baca 4 menit

    Infeksi Kandung Kemih

    Infeksi kandung kemih adalah penyakit akibat serangan bakteri pada organ yang menampung urine. Pelajari gejala, penyebab, dan pengobatannya di sini.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Urologi, Kandung Kemih 6 Agustus 2020 . Waktu baca 10 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    asam urat atau gout

    Penyakit Asam Urat (Gout)

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Dipublikasikan tanggal: 6 Oktober 2020 . Waktu baca 11 menit
    arthritis adalah radang sendi

    Arthritis

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Dipublikasikan tanggal: 6 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
    kebugaran jantung

    Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
    Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
    osteoporosis

    Osteoporosis

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 10 menit