Sakit bahu biasanya terjadi akibat keseringan bawa tas berat atau cedera saat berolahraga. Namun jika Anda tiba-tiba jadi sering sakit bahu tanpa penyebab yang jelas, Anda patut waspada. Sebab bisa jadi, diam-diam ada masalah kesehatan yang mulai menggerogoti tubuh Anda. Salah satunya gejala kanker paru.

Sering sakit bahu bisa jadi tanda kanker paru

pengobatan kanker paru

Setiap orang yang terkena kanker paru mengalami gejala yang berbeda-beda. Biasanya, hal ini ditandai dengan nyeri dan sesak di bagian dada. Namun, sebagian lainnya justru merasakan sakit di bagian bahu. Kenapa bisa begitu?

Ketika tumor terbentuk di bagian atas paru, tumor tersebut akan menekan dan menjepit berbagai saraf yang ada di sekitar paru. Mulai dari bagian bahu, lengan, tulang belakang, hingga kepala.

Saat saraf yang menghubungkan antara paru dan bahu terjepit, otak akan mengartikan rasa sakit tersebut seolah-olah datang dari bahu. Padahal sebenarnya, saraf yang sedang terganggu adalah saraf yang ada di paru yang terhubung dengan bahu, bukan yang terletak di bagian bahu.

Selain itu, nyeri bahu yang diakibatkan oleh kanker paru juga bisa berarti bahwa pertumbuhan kankernya sudah menyebar sampai ke tulang bahu. Bukan hanya menyebabkan sakit bahu, tapi juga seringnya menjalar sampai ke lengan.

Namun ingat, ini bukan berarti semua kasus sakit bahu sudah pasti gejala kanker paru, ya! Sebab, rasa nyeri di bahu Anda juga bisa disebabkan oleh radang sendi saja. Ada baiknya, konsultasikan ke dokter terdekat untuk memastikan penyebabnya.

Cara membedakan sakit bahu karena kanker paru

penyebab bahu sakit

Anda mungkin masih bingung dan sulit membedakan, mana sakit bahu yang wajar terjadi karena cedera dan mana yang disebabkan oleh kanker paru.

Cara mudahnya begini. Bila Anda mempunyai kebiasaan membawa tas berat saat pergi ke kantor atau ke sekolah, lalu merasakan nyeri di bagian bahu, maka bisa dipastikan bahwa kebiasaan tersebutlah penyebabnya.

Sebaliknya, jika Anda tak pernah mengalami sakit bahu, tapi tiba-tiba jadi sering mengalaminya tanpa sebab, maka Anda patut waspada. Hal ini mungkin saja menjadi gejala kanker paru, apalagi kalau sakitnya tak kunjung hilang saat istirahat.

Terlebih, Anda juga seorang perokok yang mulai mengalami gejala kanker paru lainnya seperti sesak napas, batuk, mengi, dan sebagainya. Untuk memastikannya, segera periksakan diri ke dokter guna pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca