Leher Kanan Terasa Sakit? Mungkin 8 Hal ini yang Jadi Penyebabnya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

Apakah Anda pernah mengalami leher kanan sakit? Sebenarnya, leher memang sangat rentan cedera akibat terlalu banyak bergerak dan tak dilindungi oleh bagian lain dari tubuh. Terkadang, nyeri leher bisa menyerang di kedua sisi, entah itu kanan dan kiri. Namun, jika leher kanan terasa sakit, apa yang menjadi penyebabnya?

Apa saja penyebab leher kanan sakit?

Leher terhubung ke beberapa bagian lain dari tubuh. Untuk alasan ini, nyeri leher dapat menyebabkan rasa sakit di area lain di tubuh Anda, termasuk bahu, lengan, punggung, rahang, atau kepala.

Sakit leher di sisi kanan atau kiri leher dapat hilang dengan sendirinya, atau dengan perawatan rumahan, setelah beberapa hari atau minggu. Anda harus menemui dokter jika Anda memiliki sakit leher yang kronis atau berat.

Ada beberapa kondisi yang mungkin menjadi penyebab leher kanan sakit, yang sebenarnya juga bisa menyebabkan nyeri pada leher bagian kiri. Apa saja penyebabnya?

1. Ketegangan otot

Anda mungkin mengalami leher kanan sakit setelah menggunakan komputer atau ponsel dalam jangka waktu yang lama. Atau Anda juga mungkin mengalami nyeri leher saat berkendara jarak jauh atau melakukan pekerjaan atau hobi yang membatasi gerakan kepala untuk waktu yang lama.

Aktivitas-aktivitas tersebut dapat menyebabkan otot-otot di leher Anda menjadi lemah. Jika otot-otot leher Anda lemah, sendi leher Anda bisa menjadi kaku dan Anda mungkin kesulitan menggerakkan leher Anda. Sambungan leher yang kaku dapat menghubungi saraf atau otot ketika berputar, sehingga menyebabkan rasa sakit.

2. Posisi tidur yang salah

Leher Anda mungkin sakit setelah tidur dalam posisi yang tidak biasa. Anda lebih mungkin mengalami sakit leher jika tidur tengkurap. Tidur dengan terlalu banyak bantal juga bisa menyebabkan leher kanan sakit karena kepala dan leher tidak sejajar dengan bagian tubuh Anda yang lain.

Selain itu, kasur Anda mungkin terlalu lembut dan menyebabkan keselarasan antara kepala dan leher Anda menjadi mati dibandingkan dengan bagian tubuh Anda yang lain.

cedera leher whiplash

3. Postur tubuh yang buruk

Postur yang buruk secara langsung memengaruhi otot-otot di dekat leher dan bahu serta tulang belakang Anda. Semakin lama Anda mempertahankan postur yang buruk, semakin lemah bagian-bagian tubuh Anda, yang menyebabkan lebih banyak rasa sakit.

4. Kecemasan atau stres

Mengalami kecemasan atau stres dapat menyebabkan otot Anda menjadi kencang, terutama merasakan di sekitar leher dan bahu Anda.

5. Whisplash

Trauma pada leher dapat menyebabkan keseleo leher, yang menyebabkan rasa sakit. Whiplash adalah istilah lain yang digunakan untuk keseleo leher. Hal ini terjadi ketika ligamen atau otot di leher Anda menjadi terluka karena sesuatu yang memengaruhi tubuh yang menyebabkan leher Anda melebar dan kembali ke tempatnya terlalu cepat.

Dampak ini dapat terjadi jika Anda mengalami kecelakaan mobil atau ketika naik roller coaster.

6. Cedera brachial plexus

Cedera brachial plexus dapat terjadi ketika Anda bermain olahraga kontak atau dalam kecelakaan traumatis. Ini dapat merusak pleksus brakialis, satu set saraf yang menghubungkan tulang belakang, bahu, lengan, dan tangan, yang menyebabkan sakit leher.

7. Gangguan degeneratif

Ada beberapa gangguan degeneratif yaitu gangguan yang terjadi akibat proses penuaan, dapat berkaitan dengan sendi, tulang belakang, otot, dan bagian lain dari leher Anda yang dapat menyebabkan rasa sakit.

Kondisi ini dapat terjadi dari penuaan atau dari kondisi kesehatan lain. Beberapa kondisi degeneratif ini adalah radang sendi, radang saraf, cervical disc degeneration, dan patah tulang leher.

8. Penyebab lainnya

Leher kanan sakit juga dapat dikaitkan dengan kecelakaan, demam tinggi, dan gejala seperti nyeri di lengan dan kaki, atau sakit kepala. Penyebab gejala-gejala ini harus didiagnosis oleh dokter segera.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Cara Ampuh Mencegah Sakit Leher Saat Bekerja di Depan Komputer

Keseringan bekerja di depan komputer bisa membuat leher sakit karena kaku. Cek cara mencegah rasa sakit di leher Anda dengan cara-cara berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Tips Sehat 24/03/2019 . Waktu baca 4 menit

Cara Pijat yang Tepat untuk Redakan Pegal Sesuai Lokasinya

Pergi ke tukang pijat memang solusi efektif untuk meredakan pegal. Namun, saat kondisinya tak memungkinkan, yuk ikuti panduan cara pijat berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Tips Sehat 12/03/2019 . Waktu baca 3 menit

2 Posisi Tidur yang Aman dan Nyaman Bagi Anda yang Punya Sakit Leher

Posisi tidur yang salah sering kali membuat Anda terbangun dengan leher sakit. Tenang, coba posisi tidur ini untuk meredakan sakit leher Anda.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Nyeri Kronis, Health Centers 17/02/2019 . Waktu baca 4 menit

3 Gerakan untuk Mengatasi Sakit Leher Akibat Cedera Hernia Tulang Belakang

Selain ke dokter, ada beberapa gerakan peregangan yang bisa mengatasi sakit leher akibat cedera hernia tulang belakang (hernia diskus). Begini cara amannya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Nyeri Kronis, Health Centers 23/01/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

leher bayi merah

5 Penyebab Leher Bayi Kemerahan dan Apa yang Bisa Ortu Lakukan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit
obat herbal sakit leher

4 Jenis Tanaman Herbal yang Dapat Mengurangi Sakit Leher Anda

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 07/12/2019 . Waktu baca 4 menit
gerakan untuk leher kaku

Atasi Leher Kaku Dengan 5 Peregangan Sederhana Ini

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 27/11/2019 . Waktu baca 5 menit
cara mengatasi leher kaku

Ganggu Aktivitas, Ini 6 Cara Ampuh Agar Anda Terbebas dari Leher Kaku

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2019 . Waktu baca 5 menit