Cara Mengatasi Sakit Kepala Tegang di Rumah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Mengatasi sakit kepala tegang di rumah tanpa obat perlu Anda ketahui, sebab sakit kepala ini tergolong umum terjadi pada semua usia. Meski, lebih sering terjadi pada remaja dan orang dewasa.

Sakit kepala tegang atau tension type headaches terjadi ketika otot leher dan kulit kepala menjadi tegang atau berkontraksi. Kontraksi otot dapat menjadi respons terhadap stres, depresi, cedera kepala, atau kecemasan.

Beragam cara mengatasi sakit kepala tegang di rumah tanpa obat

Ada beberapa cara untuk mengatasi sakit kepala tegang tanpa obat yang dilakukan di rumah. Cara-cara ini bisa membantu mengurangi keparahan atau sakit yang dirasakan.

1. Kurangi stres

Stres bisa menjadi pemicu sakit kepala tegang. Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi sakit kepala tegang di rumah yaitu melakukan hal yang menjadi penyebab stres terlebih dahulu. Luangkan banyak waktu untuk bersantai dan menenangkan pikiran. Anda bisa lakukan meditasi, latihan pernapasan dalam, atau olahraga seperti yoga.

Selain itu, memijat pelan bagian kepala Anda yang sakit juga bisa membantu. Pijat dapat mengurangi stres dan meredakan ketegangan. Ini sangat efektif untuk melemaskan otot yang kencang di belakang kepala, leher, dan bahu.

Belajar untuk mengenali dan menghindari situasi penyebab stres yang memicu sakit kepala juga bisa menjadi cara yang efektif. Beberapa hal-hal tersebut di atas, dapat menjadi cara mengatasi sakit kepala tegang di rumah yang efektif.

2. Kompres air hangat atau dingin

Cara mengatasi sakit kepala tegang di rumah berikutnya adalah melakukan kompres air hangat atau dingin di bagian kepala yang sakit. Hal ini dapat dilakukan untuk mengurangi ketegangan otot yang menyebabkan sakit kepala.

Kompres air hangat bisa Anda lakukan dengan menggunakan botol yang diisi air hangat atau handuk yang dibasahi air panas. Begitu pula dengan kompres air dingin, jangan langsung menempelkan es ke bagian kulit kepala Anda. Bungkus es dengan handuk bersih lalu tempelkan ke bagian kepala yang sakit.

3. Ubah kebiasaan

Sakit kepala tegang juga bisa dipicu dari kebiasaan-kebiasaan yang tidak disadari. Oleh karena itu, beberapa perubahan ini mungkin membantu mengatasi sakit kepala tegang di rumah.

  • Pakai bantal yang lebih empuk dan nyaman serta ganti posisi tidur.
  • Jika Anda lebih banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer, luangkan waktu untuk meregangkan punggung, leher, dan bahu Anda di sela-sela waktu bekerja. Atur posisi duduk Anda, duduk dengan tegak dan pastikan kaki menempel di lantai.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Desember 24, 2018 | Terakhir Diedit: Januari 3, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca