Obat Nyeri Sudah Tidak Mempan Lagi? Ini yang Harus Anda Lakukan

Oleh

Apakah Anda pernah minum obat nyeri tapi tidak mempan untuk mengatasi rasa sakit yang Anda rasakan? Untuk beberapa kasus, penggunaan obat nyeri dalam jangka waktu yang lama perlu dilakukan oleh para penderita penyakit kronis. Penyakit kronis biasanya diiringi oleh rasa nyeri dan sakit yang sering muncul dalam waktu yang berdekatan, sehingga perlu minum obat nyeri dalam frekuensi yang juga sering. Sebenarnya ada hal yang bisa Anda lakukan jika obat nyeri tidak mempan lagi mengobati rasa sakit Anda. Bagaimana caranya? Simak penjelasan di bawah ini.

Obat nyeri tidak mempan, lebih sering terjadi pada penderita penyakit kronis

Berbeda dengan penyakit akut – yang terjadi tiba-tiba dan memerlukan waktu yang cukup singkat untuk menjalani pengobatan – contohnya seperti patah tulang, penyakit kronis terjadi dalam waktu yang lama. Selama penyakit itu terjadi, gejala yang dialami penderita juga tidak berhenti muncul, sehingga mereka memerlukan obat pereda nyeri untuk menyembuhkan kondisi tersebut.  

Pemakaian yang berulang-ulang akan membuat obat nyeri tidak lagi memiliki toleransi yang baik terhadap rasa nyeri. Jadi, obat nyeri kian lama kian tidak memberikan efek apapun. Jika rasa nyeri terus menyerang dan mengganggu Anda, diskusikan hal tersebut pada dokter yang menangani Anda.

Jangan khawatir, bila Anda memang mengalami penyakit kronis, maka tim medis akan berupaya untuk melakukan pengobatan untuk penyakit Anda dan seiring dengan hal tersebut, intensitas rasa nyeri pun berkurang.  

Pola pikir otak Anda juga berpengaruh

Menurut ahli psikologi dari University of Alabama, sebagian besar orang yang mengalami penyakit kronis tidak dapat menerima bahwa mereka akan mengalami rasa sakit terus-menerus. Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi kondisi mental dan tubuh mereka dalam melawan rasa sakit yang sedang dirasakan. Oleh karena itu, ia menyarankan untuk mengubah pola pikir dan pandangan Anda terntang rasa sakit yang Anda rasakan saat ini.

Tahukah Anda sebesar apa kekuatan otak Anda? Otak bisa menjadi sekutu yang kuat dalam memerangi rasa sakit atau justru berubah peran sebagai musuh dan memerangi tubuhnya sendiri. Tidak hanya itu, otak juga yang bertanggung jawab untuk menerima sinyal rasa sakit yang datang dari bagian tubuh lainnya. Sehingga, ketika obat nyeri tidak mempan lagi untuk mengobati rasa sakit, Anda bisa mengandalkan pikiran Anda dan berpikir bahwa rasa sakit tersebut dapat dilawan dan hilang dengan kekuatan diri.

Mencari alternatif lain jika obat nyeri tidak mempan

Jangan putus asa apabila obat nyeri yang sering Anda gunakan sudah tidak mempan lagi. Anda juga bisa mengandalkan obat dan suplemen herbal – tetapi lebih baik yang sudah terbukti secara ilmiah mampu mengatasi rasa nyeri – untuk mengoptimalkan obat nyeri dalam melawan rasa sakit.  Beberapa cara alternatif yang dapat Anda lakukan yaitu:

  • Mengonsumsi obat herbal, seperti jahe dan kunyit yang sudah terbukti mampu mengurangi peradangan. Namun sebelum meminum obat atau suplemen tersebut, Anda harus mendiskusikan hal ini dengan dokter yang menangani Anda. Sebab, bisa saja obat herbal yang Anda minum memiliki efek samping yang bertolak belakang dengan obat farmasi yang Anda minum sebelumnya. Interaksi kedua jenis obat tersebut, dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda.
  • Melakukan akupuntur dan akupresur. Telah ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa dengan melakukan akupuntur dan akupresur, rasa nyeri dan sakit yang dirasakan bisa berkurang.  Akupuntur dilakukn dengan menggunakan jarum yang ditusuk ke beberapa bagian tubuh yang sakit. Sementara akupresur memanfaatkan stimulasi tekanan yang diberikan pada area tubuh yang bermasalah.
  • Pengobatan topikal, yaitu obat yang diberikan secara lokal dan hanya di bagian tubuh yang sakit saja, seperti ketika Anda mengoleskan krim pereda nyeri di leher, atau menggunakan koyo, salep, dan sebagainya.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca