Makan makanan yang salah atau justru melewatkan waktu makan dapat memicu maag yang bikin perut panas dan mulas. Selain bikin perut tidak nyaman, maag juga menyebabkan nyeri dada, sakit tenggorokan, dan bau mulut. Sayangnya, maag tidak dapat disembuhkan. Namun untuk mencegahnya sering kambuh, ada banyak cara mengatasi maag yang bisa Anda terapkan sehari-hari.

Pilihan cara mengatasi maag yang aman

1. Minum obat maag

obat asam lambung

Saat maag menyerang, tindakan pertama yang harus Anda lakukan adalah minum obat maag. Pilihan obat maag yang bisa Anda konsumsi pun beragam. Mulai dari obat antasida; blocker asam seperti ranitidine, famotidine, atau cimetidine; hingga proton pump inhibitors seperti omeprazole dan lanzoprazole.

Obat-obatan tersebut bisa Anda dapatkan dengan atau tanpa resep dokter. Biasakan minum obat maag sebelum makan dan cermati ketentuan dosisnya sesuai yang tertera pada kemasan obat. Baiknya, tanyakan dulu ke dokter mengenai jenis obat maag yang paling cocok untuk Anda.

2. Makan dengan porsi sedikit

porsi makan

Usahakan untuk selalu makan tepat waktu dan dengan porsi yang lebih kecil agar Anda bisa makan lebih sering. Pastikan juga Anda makan perlahan. Cara mengatasi maag satu ini cukup ampuh, karena dengan begitu Anda bisa menghindari kenaikan asam lambung akibat perut yang kelamaan tidak terisi makanan.

Selain pola makannya, perhatikan juga jenis makanan yang Anda makan. Sebaiknya hindari makanan yang tinggi asam, pedas, dan tinggi kafein.

3. Jangan rebahan setelah makan

penyakit wanita

Sebaiknya tunggu setidaknya 30 menit setelah makan jika Anda mau bersantai membaringkan tubuh. Pasalnya, langsung berbaring setelah makan bisa membuat asam lambung akan kembali naik ke tenggorokan. Akhirnya, gejala maag justru kumat.

4. Istirahat yang cukup

tidur siang saat puasa

Salah satu cara mengatasi maag yang paling jitu adalah banyak istirahat. Sebaiknya, hentikan semua aktivitas yang sedang Anda jalani dan istirahat sampai kondisi tubuh Anda pulih kembali.

Terlalu memforsir tubuh sampai kehabisan energi malah bisa membuat maag tambah parah. Istirahat yang cukup juga dapat mengurangi stres, yang bisa memicu terjadinya gejala maag.

Menerapkan cara mengatasi maag ini secara rutin setiap hari juga bisa sekaligus bantu mencegah serangan maag. Namun, jangan lupa untuk selalu mengonsultasikan kondisi kesehatan Anda pada dokter.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca