Pilihan Pengobatan Kanker Usus Besar Stadium Lanjut

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Stadium lanjut kanker usus besar adalah stadium III dan stadium IV. Apa saja pilihan pengobatan yang tersedia untuk kanker usus besar stadium lanjut?

Pilihan pengobatan kanker usus besar stadium lanjut

Stadium III

Dalam tahap ini, kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat, tetapi belum menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Pengobatan kanker usus besar stadium III umumnya adalah operasi untuk mengangkat bagian usus besar yang terdapat kanker bersama dengan kelenjar getah bening terdekat (kolektomi parsial), yang diikuti dengan kemoterapi. Baik regimen FOLFOX (5-FU, leucovorin, dan oxaliplatin) atau CapeOx (capecitabine dan oxaliplatin) paling sering digunakan, tetapi beberapa pasien bisa mendapatkan 5-FU dengan  leucovorin atau capecitabine saja berdasarkan usia dan kebutuhan kesehatannya.

Dokter juga bisa menyarankan penggunaan terapi radiasi jika dokter bedah Anda berpikir bahwa sebagian sel-sel kanker kemungkinan tersisa setelah operasi. Pada orang yang tidak cukup sehat untuk operasi, terapi radiasi dan/atau kemo bisa menjadi pilihan.

Stadium IV

Kanker telah menyebar dari usus besar ke organ dan jaringan yang letaknya jauh di tubuh. Kanker usus besar paling sering menyebar ke hati, tetapi juga bisa menyebar ke tempat lainnya seperti paru-paru, peritoneum (dinding rongga perut), atau kelenjar getah bening yang letaknya jauh.

Dalam kebanyakan kasus, operasi cenderung tidak menyembuhkan kanker ini. Namun, jika area penyebaran kanker (metastasis) yang ditemukan di hati atau paru-paru hanya berukuran kecil dan bisa sepenuhnya diangkat bersama dengan kanker usus besar, operasi bisa membantu Anda hidup lebih lama dan mungkin bahkan menyembuhkan Anda. Ini berarti kolektomi parsial untuk mengangkat bagian usus besar yang terdapat kanker bersama dengan kelenjar getah bening terdekat, ditambah operasi untuk mengangkat area penyebaran kanker. Kemo biasanya juga diberikan, sebelum dan/atau setelah operasi. Dalam beberapa kasus, infus arteri hati bisa digunakan jika kanker telah menyebar ke hati.

Jika metastasis tidak bisa diangkat secara bedah karena ukurannya terlalu besar atau jumlahnya terlalu banyak, kemo bisa diberikan sebelum operasi. Kemudian, jika tumor menyusut, operasi bisa dicoba. Kemo kemudian akan diberikan lagi setelah operasi. Pilihan lainnya adalah menghancurkan tumor di hati dengan ablasi atau embolisasi.

Jika kanker telah menyebar terlalu luas untuk dicoba disembuhkan dengan operasi, maka kemo menjadi pengobatan utama. Operasi terkadang diperlukan jika kanker menyumbat usus besar (atau cendrung akan menyumbat). Terkadang, operasi tersebut bisa dihindari dengan memasukkan stent (selang metal atau plastik berongga) ke dalam usus besar dalam kolonoskopi untuk menjaganya tetap terbuka. Jika tidak, operasi seperti kolektomi atau kolostomi pengalihan (memotong usus besar di tingkat di atas kanker dan menempelkan ujungnya ke lubang di kulit perut untuk memungkinkan buang air besar) bisa digunakan.

Jika Anda memiliki kanker stadium IV dan dokter menganjurkan operasi, sangat penting bagi Anda untuk memahami tujuan operasi— apakah untuk menyembuhkan kanker atau untuk mencegah atau meredakan gejala penyakit ini.

Kebanyakan pasien kanker stadium IV akan mendapatkan kemo dan/atau terapi bertarget untuk mengendalikan kanker.

Pilihan regimen bisa bergantung pada beberapa faktor, termasuk semua pengobatan yang pernah Anda jalani dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Jika salah satu dari regimen ini tidak lagi efektif, pilihan yang lain bisa dicoba.

Untuk kanker stadium lanjut, terapi radiasi juga bisa digunakan untuk membantu mencegah atau meredakan gejala seperti nyeri. Meskipun ini bisa menyusutkan tumor untuk saat itu, terapi ini cendrung tidak berujung pada kesembuhan. Jika dokter menganjurkan terapi radiasi, penting bagi Anda untuk memahami tujuan pengobatan ini.

Seberapa besar peluang kekambuhan kanker usus besar?

Kanker yang kambuh berarti sel kanker telah kembali setelah pengobatan. Kekambuhan bisa bersifat lokal (di dekat area tumor awal), atau bisa menyerang organ yang letaknya jauh.

Jika kanker kambuh secara lokal, operasi (seringkali diikuti dengan kemo) terkadang bisa membantu Anda hidup lebih lama dan bahkan bisa menyembuhkan Anda. Jika kanker tidak bisa diangkat secara bedah, kemo bisa dicoba terlebih dahulu. Jika kemo cukup menyusutkan tumor, operasi bisa menjadi pilihan. Ini kemudian akan diikuti lagi dengan kemo.

Jika kanker kambuh di lokasi yang jauh di tubuh, kemungkinan besar kanker akan muncul terlebih dahulu di hati. Operasi bisa menjadi pilihan dalam beberapa kasus. Jika tidak, kemo bisa dicoba terlebih dahulu untuk menyusutkan tumor, yang kemudian bisa diikuti dengan operasi. Jika kanker telah menyebar terlalu luas untuk diobati secara bedah, kemo dan/atau terapi bertarget bisa digunakan. Kemungkinan regimen sama seperti kanker stadium IV. Pilihan Anda akan bergantung pada, jika ada, obat-obatan yang Anda gunakan sebelum kanker kambuh dan sudah berapa lama Anda menggunakan/menerimanya, dan juga kesehatan Anda. Operasi masih bisa diperlukan di suatu titik untuk menghilangkan atau mencegah penyumbatan usus besar dan untuk mencegah komplikasi lokal lainnya. Terapi radiasi juga bisa menjadi pilihan untuk meredakan gejala dalam beberapa kasus.

Kanker ini seringkali sulit untuk diobati, jadi Anda sebaiknya bertanya pada dokter apakah Anda memenuhi syarat untuk uji klinis pengobatan yang baru.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Mimpi buruk bisa datang kapan saja di setiap malam Anda. Ini bisa sangat mengganggu Anda jika sering terjadi. Temukan cara mengatasi mimpi buruk di sini.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 02/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Banyak mitos membuat infeksi cacing menjadi hal sepele. Cek fakta seputar cacingan yang berbahaya jika dibiarkan, seperti menghambat pertumbuhan anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit