Kenali 5 Gejala Kanker Usus pada Wanita yang Mungkin Tidak Anda Sadari

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28/05/2020
Bagikan sekarang

Kanker usus sama-sama menyerang pria dan wanita dengan persentase yang sama. Meski begitu, Faktanya, kanker usus lebih sering menyerang laki-laki dibandingkan wanita. Meski begitu, wanita tetap berisiko mengalami kanker usus. Lantas, gejala apa saja yang muncul pada wanita yang terkena kanker usus? Simak ulasannya berikut ini.

Mengenal kanker usus pada wanita

polip usus berubah menjadi kanker usus besar

Kanker usus disebut juga kanker kolorektal. Penyakit ini umumnya menyerang orang dewasa hingga lansia. Namun, tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pula pada anak-anak. 

Pertumbuhan kanker ini diawali dengan gumpalan-gumpalan jaringan sel kanker jinak yang tumbuh di usus besar. Gumpalan ini disebut juga dengan polip.

Seiring berjalan waktu, polip kemudian dapat berubah menjadi sel kanker yang menyerang usus. 

Menurut sebuah jurnal pada tahun 2015, wanita yang berusia 65 tahun lebih rentan terhadap kanker usus dibandingkan pria yang berada di usia sama. Angka kematian akibat kanker usus juga diketahui lebih tinggi terjadi pada wanita dibandingkan laki-laki. 

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa wanita lebih berisiko terkena kanker usus sebelah kanan (proksimal) daripada pria.

Ternyata, diketahui bahwa pada bagian tersebut sel kanker tumbuh lebih agresif dibandingkan kanker usus sebelah kiri (distal).

Wanita dan pria sama-sama berisiko terkena kanker usus. Sayangnya, sering kali wanita mengira gejala yang ditimbulkan dari kanker usus merupakan gejala penyakit lain sehingga tidak terdeteksi lebih awal.

Gejala kanker usus pada wanita

Seperti yang dikutip dari American Cancer Society, sebagian besar gejala kanker usus bisa saja mirip dengan gejala penyakit lain yang bukan kanker, seperti radang usus, hemoroid, hingga infeksi usus.

Kondisi ini menyebabkan beberapa orang tak menyadari bahwa mereka mengalami kanker usus. Meski begitu, bukan berarti semua orang yang mengalami gejala ini sudah pasti terkena kanker usus.

Terdapat beberapa gejala yang bisa jadi salah satu tanda kanker usus, antara lain: 

1. Kebiasaan BAB berubah

mencegah sembelit

Konstipasi, diare, atau berubahnya warna dan kepadatan feses bisa menjadi salah satu gejala awal kanker usus pada wanita. 

Meski begitu, perubahan tersebut bisa saja disebabkan oleh makanan atau akibat infeksi bakteri. Jika kondisi ini telah berlangsung lama, meski telah menggunakan obat, cobalah untuk memeriksakan diri Anda ke dokter. 

2. BAB berdarah

BAB berdarah

Selain konstipasi dan diare, BAB berdarah juga dapat menjadi salah satu gejala awal kanker usus pada wanita. Terkadang, Anda mungkin melihat bintik berwarna merah terang.

Feses Anda juga bisa berwarna sangat hitam atau gelap yang menandakan darah sudah mengering. Bila hal ini terjadi pada Anda, segera periksakan ke dokter untuk memastikan penyebabnya. 

3. Kram perut

cara mengatasi kram perut

Pernahkah Anda merasa kram perut seperti gejala PMS padahal Anda baru saja menstruasi? Banyak wanita yang keliru mengartikan kram perut yang mereka alami berhubungan dengan siklus menstruasi.

Faktanya, kesalahpahaman tersebut ternyata bisa berujung pada keterlambatan mengetahui tanda awal dari kanker usus.  

Oleh karena itu, bila Anda merasa kram perut ini tidak biasa dan tak kunjung hilang, segeralah konsultasikan dengan dokter Anda. 

4. Berat badan turun tiba-tiba

berat-badan-naik-turun

Berat badan yang tiba-tiba turun secara drastis bukanlah kabar baik bila Anda sedang tidak menjalani diet atau memang tidak berencana ingin menurunkan berat badan. 

Penurunan berat badan hingga 4-5 kilogram dalam waktu singkat tanpa alasan yang jelas mungkin menandakan Anda terkena kanker usus besar.

Kondisi ini terjadi karena energi tubuh habis akibat melawan pertumbuhan sel kanker. 

5. Tubuh terasa lemah

makanan penyebab badan cepat lelah

Gejala ini merupakan akibat lanjutan setelah berat badan Anda turun secara tiba-tiba. 

Sel-sel kanker bisa menguras penyimpanan energi tubuh seseorang dan kehilangan darah di dalam usus besar. Akibatnya, rasa lelah yang Anda rasakan tidak pernah hilang.

Gejala kanker usus pada wanita sebenarnya hampir sama dengan gejala kanker usus yang terjadi pada siapa pun. Bahkan, beberapa penyakit lain yang juga memiliki gejala serupa sehingga para wanita kerap mengabaikannya.

Apabila gejala sudah Anda rasakan sejak lama dan tak kunjung membaik, Anda patut curiga ada masalah kesehatan lain yang menjadi penyebabnya, salah satunya kanker usus. Periksakanlah diri Anda ke dokter agar bisa menangani masalah ini sedini mungkin. 

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

Kim, Sung-Eun et al. “Sex- and gender-specific disparities in colorectal cancer risk.” World journal of gastroenterology vol. 21,17 (2015): 5167-75. doi:10.3748/wjg.v21.i17.5167 accessed July 16 2019.

Signs and Symptoms of Colorectal Cancer https://www.cancer.org/latest-news/signs-and-symptoms-of-colon-cancer.html accessed July 16 2019. 

Symptoms of Colon Cancer in Woman https://www.roswellpark.org/cancertalk/201803/symptoms-colon-cancer-women accessed July 16 2019.

Yang juga perlu Anda baca

Kenali Bahaya Kanker Usus Besar pada Ibu Hamil

Kanker usus besar pada ibu hamil diketahui merupakan kasus yang jarang terjadi. Lantas, seberapa bahaya kanker ini pada ibu hamil?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi

Selain Sakit Perut yang Dikeluhkan Titi Qadarsih, Ini Berbagai Gejala Kanker Usus Lainnya

Aktris senior, Titi Qadarsih, dikabarkan wafat karena kanker usus. Sempat mengeluh nyeri perut, lantas apa saja gejala kanker usus yang mesti diperhatikan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M

Manfaat Olahraga Setelah Operasi Kanker Usus Besar

Olahraga untuk kanker usus besar nyatanya membawa banyak manfaat bahkan mencegah kanker kembali lagi. Bagaimana bisa? Olahraga apa saja yang tepat?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi

Aturan Makan Penderita Kanker Usus Besar Usai Berobat

Makan sehat pasti berdampak baik, apalagi untuk yang sedang pemulihan. Ketahui aturan makan bagi penderita kanker usus besar yang dalam pemulihan di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi

Direkomendasikan untuk Anda

Angka Kematian Akibat Kanker Terus Menurun Setiap Tahun

Angka Kematian Akibat Kanker Terus Menurun Setiap Tahun

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 14/01/2020
Kenali Jenis, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan Kanker Usus

Kenali Jenis, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan Kanker Usus

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27/11/2019
Usia Orang yang Kena Kanker Kolorektal Semakin Muda, Apa Sebabnya?

Usia Orang yang Kena Kanker Kolorektal Semakin Muda, Apa Sebabnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 02/08/2019
Pentingnya Deteksi Dini Kanker Kolorektal untuk Cegah Keparahan Penyakit

Pentingnya Deteksi Dini Kanker Kolorektal untuk Cegah Keparahan Penyakit

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15/07/2019