10 Fakta Penting Kanker Serviks yang Wajib Anda Tahu

Oleh

Semakin banyak wanita yang khawatir akan risiko kanker serviks karena bahayanya yang fatal. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mempersiapkan diri dengan pengetahuan mengenai kanker serviks. Berikut adalah beberapa fakta mengenai kanker serviks yang harus Anda ketahui.

Fakta penting seputar kanker serviks yang wajib Anda tahu

Berikut ini adalah 10 fakta-fakta paling umum mengenai kanker serviks. Selalu konsultasi dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

  1. Kanker serviks adalah kanker paling umum kedua di seluruh dunia.
  2. Menurut laporan dari American Cancer Society, sepanjang tahun 2016 diperkirakan ada sekitar 12.990 kasus baru kanker serviks invasif. Sebagai akibatnya, sekitar 4.120 wanita akan meninggal karena kanker serviks.
  3. Kanker serviks dapat dihindari dengan mudah. Di AS, angka kematian akibat kanker serviks menurun berkat strategi pencegahan yang tepat guna.
  4. Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh secara perlahan. Ada beberapa tes yang tersedia untuk mendiagnosa perkembangan pra-kanker dan bagi mereka yang berisiko mengalami kanker serviks. Tes-tes ini meliputi pap smear serviks dan tes HPV.
  5. Infeksi Human Papulloma Virus (HPV) berkaitan erat dengan pertumbuhan kanker serviks.
  6. Ada vaksin yang mengurangi resiko terinfeksi oleh Human Papilloma Virus.
  7. Perubahan gaya hidup sehat dapat membantu mengurangi resiko pertumbuhan kanker serviks, misalnya dengan membatasi jumlah pasangan seksual, selalu berhubungan seks aman, olahraga teratur dan menjaga pola makan sehat, serta tidak merokok.
  8. Faktor lain yang dikaitkan dengan risiko tinggi kanker serviks, meliputi infeksi HIV, pelemahan sistem kekebalan tubuh, dan paparan diethylstilbestrol (DES) selama kehamilan ibu Anda
  9. Pemeriksaan kanker serviks harus dimulai sedini usia 21 tahun. Penyedia layanan kesehatan dapat membantu Anda untuk menentukan jenis tes dan jangka waktu pemeriksaan rutin yang sesuai untuk Anda.
  10. Singkatnya, Anda harus memastikan untuk mengurangi faktor resiko terkena kanker serviks. Selain itu, sangatlah penting untuk menjalani skrining kanker serviks dan konsultasikan pada dokter mengenai skrining kanker serviks untuk menemukan metode pengobatan yang sesuai untuk Anda jika Anda terkena kanker serviks.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca