Istilah pengobatan komplementer atau pengobatan alternatif sering disalahpahami oleh banyak orang. Pengobatan komplementer biasanya tidak bisa menggantikan pengobatan medis konvensional, dan hanya digunakan sebagai pengobatan tambahan. Namun pengobatan ini tidak menjanjikan kesembuhan untuk penyakit apapun.

Survei menunjukkan bahwa 65% orang menggunakan pengobatan alternatif dalam penyembuhan kanker, bersamaan dengan pengobatan klinis dari dokter. Pengobatan ini dilakukan untuk mengontrol gejala-gejala kanker dan tidak ada bukti yang memperlihatkan bahwa pengobatan alternatif dapat menyembuhkan atau mengurangi penyakit kanker.

Diskusikanlah dengan dokter tentang pengobatan pengobatan alternatif sebelum menentukan pengobatan mana yang akan digunakan.

Akupuntur

Akupuntur adalah pengobatan dengan menempatkan jarum yang halus pada bagian kulit tertentu. Cara kerja akupuntur adalah dengan memicu sistem saraf sehingga dapat menimbulkan efek tertentu di dalam tubuh. Salah satu efek dari akupuntur yaitu dapat meningkatkan zat kimia alami dalam tubuh yang berguna untuk penghilang rasa sakit, mengurangi mual, muntah, dan kelelahan.

Studi akupuntur menyebutkan bahwa akupuntur dapat mengurangi rasa mual pada pasien yang terkena kanker payudara. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efek akupuntur secara keseluruhan.

Panduan visual

Visualisasi adalah istilah lain yang digunakan untuk panduan visual. Visualisasi sering digunakan dalam pengobatan alternatif. Dengan pengobatan ini, pasien dapat menggambarkan situasi dengan rincian sensorik untuk mencapai target.

Panduan ini dapat meminimalkan gejala-gejala depresi atau meningkatkan perasaan positif pada pasien. Pengobatan ini dapat dilakukan di bawah panduan seorang terapis ataupun dilakukan sendiri. Pasien dapat menggunakan CD atau smartphone saat mempraktekan terapi.

Suplemen herbal

Suplemen herbal mampu mengurangi rasa mual atau gejala lainnya, namun suplemen herbal kurang memiliki bukti ilmiah karena bukti pengobatannya tidak dirancang dengan baik dan hasilnya masih dipertanyakan. Selain itu, suplemen juga dapat mengganggu fungsi obat yang dikonsumsi dan dapat menyebabkan efek samping lain yang dapat merugikan. Suplemen dikonsumsi sebagai bahan pelengkap dalam pengobatan alternatif, maka penggunannya harus dikonsultasikan dengan dokter.

Pola makan

Makan makanan yang sehat merupakan tindakan yang baik bagi tubuh karena dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, tubuh akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Namun, kita harus berhati-hati pada iklan yang mempromosikan makanan yang dapat menyembuhkan kanker atau penyakit, dan saran-saran untuk mengonsumsi vitamin tertentu dalam dosis tinggi.

Salah satu pola makan yang digunakan oleh banyak penderita kanker adalah diet Gerson, yang menyarankan untuk meminum campuran dari enema kopi serta buah-buahan dan sayuran yang dihancurkan, dan diminum setiap jam. Laksatif atau obat pencahar dapat menjadi bagian dari salah satu alternatif pengobatan. Jahe dan teh peppermint dapat mengurangi rasa mual dan aman dikonsumsi.

Tidak ada makanan yang dapat menyembuhkan kanker. Jika kita mau, kita dapat mengubah asupan makanan. Dokter biasanya akan memberikan masukan dalam memilih makanan yang bernutrisi dan makanan yang dapat memberikan efek baik bagi tubuh selama pengobatan.

Yoga

Yoga merupakan pengobatan komplementer yang menggabungkan gizi, meditasi, dan latihan yang berguna untuk menyatukan tubuh dan pikiran. Gerakan dalam yoga dirancang untuk membangun kekuatan dan fleksibilitas. Instruktur yoga biasanya mengajar yoga di kelas, namun kita juga dapat melakukan yoga dengan melihat panduan yoga dari video.

Yoga berguna untuk wanita yang terkena kanker karena yoga mampu mengurangi rasa lelah, membuat tidur lebih nyenyak, serta membuat perasaan menjadi lebih baik. Melakukan yoga  secara rutin tidak sulit, kita juga bisa meminta instruktur yoga untuk memberikan informasi yoga apa yang cocok dengan kemampuan tubuh kita.

Pengobatan lainnya

Pengobatan komplementer dan alternatif yang biasa digunakan sebagai pengobatan kanker di antaranya:

  • Doa
  • Hipnosis
  • Aromaterapi
  • Reiki
  • Tai chi
  • Terapi shiropractic

Pengobatan harus memberikan kenyamanan dan meringankan kondisi pasien. Pasien juga harus mempunyai kekuatan untuk mencoba pengobatan yang berbeda dan mengkonsultasikannya dengan dokter sampai menemukan pengobatan yang paling cocok.

Efek samping

Beberapa pengobatan mungkin tidak akan mengganggu jika dicampur dengan penggunaan obat konvensional. Terkadang pengobatan dapat menimbulkan efek samping atau mengurangi fungsi obat. Suplemen dan obat herbal dalam pengobatan alternatif belum tentu merupakan obat yang aman karena pengobatan alternatif ini tidak diatur dalam undang-undang pemerintah.

Menghentikan obat dokter dan hanya menggunakan pengobatan alternatif merupakan tindakan yang dapat meningkatkan risiko pertumbuhan penyakit. Hal ini juga dapat membuat kanker lebih sulit diobati jika pasien atau penderita kanker akhirnya kembali ke pengobatan konvensional. Mengkonsultasikan dengan dokter merupakan hal tepat jika kita ingin mengganti pengobatan medis tradisional.

Ada banyak variasi rencana pengobatan kanker payudara. Sebagian orang memilih melengkapi pengobatan tradisional dengan pengobatan lain, atau menggunakan pengobatan alternatif untuk mengganti pengobatan konvensional.  Pilihan pengobatan merupakan pilihan seseorang dalam menentukan jenis pengobatan yang paling tepat.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca