Kanker Payudara Stadium 4: Tahap, Harapan Hidup, dan Pengobatan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia

Kanker payudara adalah salah satu penyakit penyebab kematian wanita yang terbanyak di Indonesia. Ketika Anda didiagnosis mengidap kanker payudara stadium 4, artinya sel kanker sudah menyebar luas dalam tubuh dan berdampak parah. Namun, Anda juga perlu tahu pastinya apa maksud dari kanker payudara stadium 4, apa saja pilihan pengobatannya, dan sebesar apa peluang kesembuhannya.

Apa artinya jika Anda didiagnosis kanker payudara stadium 4?

Mendapatkan diagnosis kanker payudara stadium 4 artinya kanker Anda sudah dalam tahap metastasis.

Sel kanker umumnya sudah berkembang cukup lama di dalam tubuh sampai akhirnya bisa dikategorikan sebagai kanker payudara stadium 4.

Kanker payudara stadium 4 merupakan tahap paling akhir dan merupakan kondisi serius yang mengancam jiwa.

Pada tahap ini, sel kanker payudara sudah menyebar jauh ke luar jaringan payudara hingga ke organ vital lain. Sel kanker payudara umumnya menyebar sampai ke paru-paru, hati, tulang, dan bahkan otak.

Itulah mengapa penting melakukan deteksi dini kanker payudara agar bisa segera ditangani sebelum bertambah parah. Semakin dini kanker ditemukan, semakin besar pula peluang kesembuhannya.

Gejala kanker payudara stadium 4

Gejala kanker payudara pada setiap orang tidak selalu sama. Berdasarkan National Breast Cancer Foundation (NBCF), gejala yang muncul pada kanker payudara stadium 4 akan tergantung dari penyebaran sel kanker dalam tubuh Anda.

Gejala kanker payudara stadium 4 dapat muncul khusus pada bagian payudara maupun bagian tubuh lainnya.

Kanker payudara stadium 4 digolongkan sebagai stadium terparah yang membutuhkan terapi intensif dan berkelanjutan.

Berikut ini 9 tanda dan gejala paling umum dari kanker payudara stadium 4.

1. Benjolan di payudara

Benjolan tumor payudara pada tahapan awal kanker sangat jarang bisa dilihat atau dirasakan. Untuk mendeteksi adanya benjolan di payudara dan tanda-tanda kanker sejak dini, dokter akan melakukan pemindaian gambar dengan mammogram.

Di setiap kasus kanker payudara stadium 4, benjolan akan tampak dan dapat dirasakan. Benjolan tumor biasanya terdapat di bawah ketiak atau sekitarnya.

Dokter biasanya akan merekomendasikan Anda untuk menjalani operasi kanker payudara untuk pengangkatan tumor.

Pasien kanker payudara stadium 4 juga dapat merasakan perubahan yang terjadi pada payudara mereka, seperti pembengkakan payudara dan daerah sekitarnya.

2. Perubahan kulit

Kanker payudara dapat memengaruhi penampilan kulit. Umumnya, penampakan abnormal terjadi di kulit sekitar puting dan adanya kehadiran tumor-tumor kecil dalam payudara.

Perubahan tidak hanya terjadi pada struktur dan penampilan, tapi kulit juga akan terasa gatal atau kesemutan, terlihat memerah dan menebal. Beberapa pasien melaporkan kulit di daerah payudara mereka mengering dan pecah-pecah.

Peradangan akibat kanker payudara juga dapat memengaruhi kulit. Sel kanker akan menutup jalur getah bening dan menyebabkan kemerahan, pembengkakan, dan kulit mencekung ke dalam.

Semua kanker payudara stadium 4 memiliki gejala peradangan kulit serupa. Pada beberapa kasus tertentu, penebalan payudara dan warna kemerahan di kulit menunjukkan tanda-tanda awal kanker.

3. Keluarnya cairan dari puting tanpa sebab

Cairan yang keluar dari puting secara tiba-tiba adalah gejala yang umum ditemukan di semua tahapan kanker payudara. Cairan yang menetes keluar bisa berwarna kuning, seperti nanah, darah, atau air biasa.

4. Pembengkakan

Pada tahap awal kanker, walau ukuran dan penampilan payudara terlihat normal, sel kanker sedang tumbuh dan berkembang di dalamnya. Di tahapan lanjutan, pasien mungkin akan mulai menyadari adanya pembengkakan di area payudara dan di bawah ketiak, di mana kelenjar getah bening berada.

Pembengkakan akan mulai terasa sangat jelas dan menyakitkan di kanker payudara stadium 4.

5. Rasa sakit dan tidak nyaman

Seiring pertumbuhan kanker, pasien akan merasakan sakit dan tidak nyaman di area payudara mereka. Apalagi jika sel kanker menyebabkan peradangan kemerahan, atau jika iritasi kulit terjadi.

Tumor berukuran besar juga menyebabkan sakit dan tekanan yang tidak nyaman pada payudara. Rasa sakit di kulit mungkin juga diakibatkan oleh luka bakar akibat terapi radiasi.

6. Kelelahan

Kelelahan merupakan gejala yang paling sering dilaporkan muncul pada pasien kanker payudara. Kelelahan melanda setidaknya seperempat populasi pasien selama terapi berlangsung, lainnya merasakan kelelahan setelah usai menjalani terapi.

Pada kanker payudara stadium 4, kelelahan akan menjadi semakin tak tertahankan dan sulit untuk ditangani.

7. Insomnia

Beberapa pasien melaporkan menopause akibat pengobatan kanker payudara dan hot flashes yang dialami membuat mereka sulit tidur nyenyak di malam hari. Rasa sakit dan tidak nyaman juga bisa menggangu kualitas tidur pasien kanker payudara stadium 4.

8. Napas terengah-engah

Sesak dada, sulit menarik napas dalam, dan kesulitan bernapas mungkin dapat terjadi pada kanker payudara stadium 4. Terkadang, gejala ini mengindikasikan bahwa kanker telah menjalar hingga paru-paru.

Kemoterapi dan terapi radiasi adalah salah satu faktor risiko dari gejala ini. Kesulitan bernapas di tahap ini akan diikuti oleh batuk kering kronis.

Gejala lain berdasarkan penyebaran kanker

Gejala kanker payudara stadium 4 yang muncul bisa berbeda tergantung penyebarannya. Berikut adalah gejalanya.

Tulang

Saat kanker menyebar, sel tersebut akan merusak fisiologis tulang, menyebabkan rasa ngilu dan meningkatnya risiko keretakan tulang.

Gejala pada tulang biasanya ditemukan di pinggul, tulang belakang, lengan, kaki, rusuk, atau tengkorak kepala. Rasa sakit dan tidak nyaman pada tulang juga akan membuat pasien sulit berjalan.

Paru-paru

Sel kanker yang memengaruhi paru-paru dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan batuk kronis.

Hati

Kanker hati mungkin tidak akan memunculkan gejala selama beberapa waktu. Namun pada stadium akhir, pasien akan mengalami sakit kuning, demam, dan penurunan berat badan secara signifikan.

Angka harapan hidup kanker payudara stadium 4

Angka harapan hidup adalah perkiraan rata-rata tambahan usia yang diharapkan untuk seseorang dapat terus hidup.

American Cancer Society (ACS) menyatakan, angka harapan hidup pasien kanker payudara stadium 4 dalam lima tahun setelah diagnosis adalah sebesar 22 persen.

Sebagai perbandingan, angka harapan hidup pada stadium 3 dalam lima tahun setelah didiagnosis pertama kali adalah 72 persen. Pada stadium 2, lebih dari 90 persen.

Semakin parah stadium kankernya, dapat terlihat bahwa perkiraan harapan hidup seseorang cenderung menurun. Ini karena semakin tinggi stadium Anda, semakin luas kanker menyebar dari lokasi awal.

Selain stadium, angka harapan hidup pasien kanker juga ikut dipengaruhi oleh usia, kesehatan tubuh secara umum, kondisi psikologis, hingga jenis subtipe kanker payudara yang dialami.

Beberapa jenis kanker payudara diketahui dapat berkembang lebih cepat dan lebih agresif ketimbang jenis lainnya.

Angka harapan hidup kanker payudara stadium 4 juga tergantung pada seberapa luas dan lokasi tujuan metastasis. Misalnya, angka harapan hidup seseorang yang mengalami metastasis kanker ke tulang saja mungkin lebih tinggi dibandingkan yang ke tulang dan paru secara bersamaan.

Pada dasarnya tingkat harapan hidup bagi pasien kanker payudara, khususnya stadium 4, tergantung pada kondisi pasien. Namun perlu dicatat bahwa angka perkiraan ini tidak dapat memprediksi takdir dan umur pasien. 

Diskusikan dengan dokter untuk mempelajari lebih lanjut tentang faktor-faktor lainnya yang bisa memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Pilihan pengobatan pasien kanker payudara stadium 4

Secara historis, kanker payudara stadium 4 atau kanker payudara metastatik dianggap tidak dapat disembuhkan. Oleh karenanya, tujuan pengobatan umumnya hanya sebatas meringankan gejalanya untuk meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang umur pasien. Pengobatan juga biasanya bertujuan untuk mengecilkan dan memperlambat pertumbuhan tumor.

Biasanya wanita dengan kanker payudara stadium 4 akan dirawat dengan terapi sistemik. Terapi sistemik artinya obat dimasukkan dengan infus agar langsung masuk ke seluruh tubuh atau area yang ditargetkan lewat aliran darah.

Terapi hormon, terapi target, dan kemoterapi termasuk dalam terapi sistemik yang biasa digunakan untuk menangani kanker payudara stadium 4. Selain itu, operasi dan radiasi atau radioterapi pada pasien kanker payudara stadium 4 dapat meringankan gejala yang muncul.

Pengobatan yang menggunakan dua atau lebih kombinasi prosedur biasanya lebih efektif dalam meningkatkan kualitas hidup pasien kanker payudara stadium 4. Namun, hal ini semua berdasarkan pertimbangan dokter Anda.

Kemungkinan sembuh kanker payudara stadium 4

Prognosis adalah kemungkinan pasien untuk sembuh dari kanker payudara, khususnya stadium 4. Banyak pengobatan yang bisa membantu pasien kanker payudara hidup lebih lama bahkan sembuh. Meski begitu, kanker payudara bisa juga kembali atau menyebar ke bagian tubuh lainnya setelah perawatan.

Kanker payudara stadium 4 adalah stadium paling serius karena sebagian besar sel kanker sudah bermetastatis alias menyebar ke bagian tubuh lain, seperti tulang, paru-paru, hati, kelenjar getah bening, kulit, atau bahkan otak.

Sekalipun kanker payudara stadium 4 yang sudah metastasis sering dianggap tak dapat disembuhkan, pasien tetap harus menjalani pengobatan.

Perawatan kanker payudara yang tepat dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pasien.

Dokter juga umumnya akan menyarankan pengobatan paliatif, yaitu pengobatan yang mengutamakan kenyamanan pasien meskipun dirinya mengidap penyakit kronis seperti kanker.

Prosedur pengobatan paliatif biasanya memastikan pasien kanker payudara stadium 4 mendapatkan obat penawar nyeri, memberikan konseling gizi, melatih teknik relaksasi seperti bernapas dalam, dan lain-lain. Intinya, perawatan ini bertujuan agar kualitas hidup pasien lebih baik. 

Dokter akan menentukan kemungkinan sembuh pasien kanker payudara stadium 4 dengan mempertimbangkan beberapa faktor, yaitu:

  • Ukuran kanker payudara
  • Stadium kanker payudara; apakah kankernya hanya di payudara atau sudah menyebar ke kelenjar getah bening atau tempat lainnya di dalam tubuh.
  • Jenis kanker payudara
  • Stastus hormon reseptor kanker
  • Status HER2
  • Seberapa besar kemungkinan kanker itu bisa kambuh
  • Laju pertumbuhan sel
  • Usia
  • Status menopause
  • Kanker bersifat triple negatif (esterogen reseptor negatif, progesteron reseptor negatif dan HER2 negatif)
  • Kesehatan umum

Menurut University of Maryland Medical Center (UMMC) salah satu fakta yang dapat mendukung kemungkinan untuk sembuh adalah banyak wanita dengan kanker payudara masih hidup lebih lama dari prediksi.

Selama 10 tahun terakhir, jumlah kematian akibat kanker payudara telah menurun drastis.

Tips hidup sehat setelah didiagnosis kanker stadium 4

Fokus dari pengobatan kanker payudara stadium 4 bukan lagi pada kesembuhan, tapi untuk memperbaiki kualitas hidup.

Dokter umumnya menganjurkan Anda untuk terus makan makanan bergizi seimbang dan rutin berolahraga. Dua hal ini dapat membantu menunjang kebugaran tubuh dan menjaga agar berat badan tidak berubah terlalu drastis selama terapi kanker payudara stadium 4.

Untuk itu, cobalah untuk menerapkan berbagai kebiasan makan seperti:

  • Makan dengan porsi sedikit tetapi sering untuk mengurangi mual dan menjaga tubuh tetap berenergi
  • Menggabungkan sumber protein dan lemak untuk perbaikan jaringan dan sel
  • Makan beragam buah dan sayuran setiap hari
  • Banyak minum air putih

Tak hanya makan sehat, pastikan Anda juga berolahraga. Olahraga sangat baik untuk menjaga kondisi fisik dan mental saat mengidap kanker payudara stadium 4. Jalan santai merupakan salah satu jenis olahraga yang direkomendasikan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: April 24, 2017 | Terakhir Diedit: Februari 3, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca