Jenis-jenis Pengobatan untuk Kanker Payudara Stadium 4

Oleh

Kanker stadium 4 adalah kanker yang sudah menyebar pada organ tubuh yang lain. Kebanyakan kanker stadium 4 ini menyebar pada getah bening, otak, paru-paru, hati, dan tulang. Proses penyebaran ini disebut dengan metastasis. Kanker payudara yang berada pada stadium 4 sering kali dianggap sudah tidak dapat disembuhkan, namun alternatif  pengobatan  yang dilakukan dapat memperpanjang harapan hidup pasien.

Pilihan pengobatan

Setiap jenis kanker payudara memiliki jenis pengobatan yang berbeda. Tidak semua pengobatan kanker cocok digunakan oleh setiap pasien. Berikut adalah jenis-jenis pengobatan kanker:

  • kemoterapi
  • Terapi menggunakan radiasi
  • Operasi
  • Terapi hormon
  • Terapi target
  • Pengujian klinis
  • Mengatur rasa sakit

Kemoterapi

Pengobatan kemoterapi menggunakan satu atau lebih jenis obat yang berguna untuk membunuh sel-sel kanker dan memperlambat pertumbuhannya. Pemberian obat ini dapat berupa obat yang dapat diminum atau infusan melalui aliran darah. Dengan demikian, target pengobatan tidak hanya pada kanker tetapi pada sel-sel kanker yang telah menyebar. Sayangnya, obat kemoterapi juga mempengaruhi sel-sel lain dalam tubuh sehingga adanya efek samping yang muncul  setelah pengobatan kemoterapi selesai.

Terapi radiasi

Terapi radiasi menggunakan sinar-X yang dapat menghancurkan sel-sel kanker atau mencegah pertumbuhannya.  Sinar radiasi ini akan difokuskan pada bagian tubuh yang terkena kanker atau juga dapat dimasukkan pada bagian tubuh yang terkena kanker. Radiasi sangat  berguna dalam mengetahui letak penyebaran kanker secara tepat.

Operasi kanker

Pilihan operasi kanker payudara stadium 4 tergantung pada penyebaran kankernya. Sebuah tumor dapat diklasifikasikan dalam kondisi yang baik ketika kanker dapat diangkat melalui operasi. Dalam beberapa kasus terkadang pasien diharuskan untuk melakukan pengangkatan rahim. Hal ini dapat menurunkan tingkat estrogen di dalam tubuh dan dapat mengurangi risiko metastasis terhadap kanker reseptor positif.

Terapi hormon

Terapi hormon dapat digunakan dalam kasus-kasus tertentu ketika kanker memiliki hormon reseptor positif. Ini menunjukan bahwa estrogen atau progesteron yang diproduksi dalam tubuh mendorong pertumbuhan dan penyebaran kanker. Tamoxifen adalah salah satu obat yang mampu menghalangi reseptor estrogen pada sel kanker payudara dan dapat menghentikan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker. Obat lainnya dalam terapi hormon adalah inhibitor aromatase (AI)  yang dapat menghentikan produksi estrogen dan menurunkan jumlah estrogen di dalam tubuh. Beberapa obat inhibitor aromatase yaitu anastrozole (Arimidex), letrozole (Femara) dan exemestane (Aromasin).

Terapi yang ditarget

Terapi ini digunakan untuk memerangi jenis sel kanker yang spesifik, misalnya kanker payudara HER2 positif yang termasuk dalam jenis kanker yang agresif karena membuat sel-sel kanker tumbuh. Obat khusus yang biasanya diberikan pada penderita kanker yaitu trastuzumab (Herceptin) yang berfungsi untuk menargetkan protein sehingga menjadi lambat dan menghilangkan pertumbuhan kanker. Terapi ini sering digunakan dalam kombinasi pengobatan lain, seperti yang digunakan juga dalam kemoterapi.

Pengujian klinis

Uji klinis dalam studi penelitian dilakukan dengan menggunakan obat baru atau mengkombinasikan obat baru yang telah disetujui pengunaannya. Percobaan ini dilakukan ketika para peneliti percaya bahwa ada obat memiliki potensi untuk meningkatkan standar pengobatan pada saat ini.

Mengatur rasa sakit yang disebabkan kanker payudara

Mengatur rasa nyeri yang disebabkan oleh kanker payudara merupakan manajemen yang penting dalam pengobatan kanker. Pengobatan ini mampu memperpanjang hidup pasien dan dapat berpengaruh pada kualitas hidup yang lebih tinggi. Ada banyak pilihan dalam mengatur rasa nyeri yang disebabkan oleh kanker payudara. Pilihan ini tergantung pada sumber dan jenis nyeri yang dialami oleh pasien. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter jika ada rasa sakit yang dialami, sehingga sehingga langkah-langkah yang tepat dapat diambil.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca