Cara Memberi Tahu Atasan dan Rekan Kerja Tentang Diagnosis Kanker Payudara

Oleh

Sebetulnya, diagnosis kanker atau pengobatan kanker payudara tidak perlu diberitahukan pada atasan ataupun rekan kerja selama hal tersebut tidak mengganggu pekerjaan. Mendiskusikan kesehatan di lingkungan kerja hanya akan menimbulkan banyak pertanyaan dari atasan ataupun rekan kerja dan berdampak pada produktivitas kerja. Banyak pertanyaan dari atasan dan rekan kerja juga akan muncul ketika mereka tahu bahwa Anda akan banyak “bolos” karena harus menjalani pengobatan.

Beberapa penderita kanker akan memutuskan untuk memberi tahu sebagian rekan atau atasan, ataupun hanya memberi tahu rekan terdekat saja yang bersedia membagi tanggung jawab pekerjaan. Keputusan untuk mengabari orang kantor tergantung pada apa yang membuat Anda nyaman. Jadi bagaimana cara terbaik untuk memberi tahu mereka?

Perlu juga diingat bahwa tiap orang akan memberikan reaksi yang berbeda. Akan banyak rekan yang mendukung namun ada juga yang sebenarnya akan merasa tidak nyaman saat membahas persoalan ini.

Kenyamanan pasien adalah hal yang paling penting sehingga lakukanlah hal yang dirasa paling tepat. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuat pembahasan menjadi lebih mudah.

  • Buatlah suasana percakapan yang nyaman.
  • Berbicaralah dengan rekan kerja dalam kelompok kecil terlebih dahulu seperti satu sampai tiga orang untuk membuat pembahasannya lebih mudah.
  • Yakinkan pada kelompok tersebut bahwa Anda  tetap komitmen terhadap pekerjaan. Jelaskan juga bahwa Anda akan melakukan pekerjaan dengan baik. Anda dapat meminta seseorang untuk menangani tugas-tugas Anda ketika Anda sedang tidak bisa bekerja, dan beritahukan bahwa Anda akan melanjutkannya ketika Anda sudah kembali.
  • Jangan merasa takut untuk meminta bantuan dan pengertian dari rekan kerja. Jelaskan bahwa Anda memiliki fleksibilitas jadwal dan waktu yang akan cukup untuk mendukung pekerjaan yang sedang dijalani.
  • Kemungkinan rekan kerja akan mengajukan beberapa pertanyaan yang menunjukkan bahwa mereka peduli dan bersedia membantu. Rekan kerja mungkin akan mengajukan banyak pertanyaan dan hal ini perlu ditanggapi sebagai bentuk penghargaan atas perhatian dari rekan kerja. Namun jelaskan juga bahwa Anda ingin fokus pada pekerjaan. Jadi, sisihkanlah satu waktu khusus untuk menjawab semua keingintahuan mereka.
  • Diskusikanlah kemungkinan yang akan terjadi pada penampilan Anda selama menjalani kemoterapi seperti mengalami rambut rontok.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca