Apa Itu Biopsi Payudara Stereotactic?

Oleh

Biopsi payudara stereotactic adalah prosedur pembedahan yang menggunakan mamografi untuk mengumpulkan sampel jaringan dari benjolan payudara. Hal ini biasanya dilakukan karena dokter Anda mencurigai adanya benjolan yang mungkin berupa kanker.

Sebuah mamografi adalah bentuk khusus dari sinar-X yang digunakan pada payudara. Dianjurkan sebagai alat skrining pencegahan untuk kanker payudara pada wanita di atas usia 40 tahun.

Biopsi payudara stereotactic menggunakan sinar-X dari mammogram untuk menemukan masalah dalam payudara. Gambar membantu mengarahkan spesialis sehingga ia dapat mengambil sampel kecil jaringan tersebut. Sampel tersebut kemudian diuji untuk sel-sel kanker di laboratorium.

Mengapa perlu dilakukan biopsi payudara stereotactic?

Biopsi payudara biasanya dilakukan untuk menyelidiki adanya penyimpangan, seperti benjolan, di payudara. Benjolan payudara mungkin terlihat menakutkan. Namun, menurut Klinik Mayo, benjolan payudara jinak (atau non-kanker) ada pada sekitar empat dari lima kasus.

Biopsi payudara biasanya dilakukan jika dokter Anda khawatir setelah melihat hasil mammogram atau USG payudara. Dokter juga dapat meminta tes ini bila benjolan ditemukan selama pemeriksaan fisik.

Bentuk biopsi payudara ini−disebut stereotactic−sering digunakan ketika pertumbuhan kecil atau akumulasi kalsium terdeteksi pada mammogram, tetapi tidak muncul pada USG.

Risiko dari biopsi payudara stereotactic

Biopsi payudara stereotactic adalah prosedur yang relatif sederhana dan berisiko rendah. Namun, memiliki risiko berikut:

  • Mengubah tampilan payudara Anda, tergantung pada ukuran jaringan yang diangkat
  • Memar dan pembengkakan payudara
  • Infeksi situs biopsi
  • Nyeri pada bagian yang disuntik

Jika Anda mengikuti petunjuk dokter tentang cara merawat luka Anda akan mengurangi risiko infeksi.

Jika Anda sedang hamil atau khawatir Anda mungkin hamil, radiasi dari sinar-X dapat membahayakan janin Anda. Pastikan untuk memberi tahu dokter Anda sehingga alternatif metode biopsi dapat dipertimbangkan.

Komplikasi dari biopsi jarang terjadi. Risiko yang terkait dengan prosedur tidak sebanding dengan manfaat yang diperoleh. Ingat, semakin cepat kanker payudara terdeteksi, lebih cepat pengobatan dapat dimulai.

Bagaimana mempersiapkan diri untuk biopsi payudara stereotactic

Sebelum biopsi payudara, beri tahu dokter Anda tentang alergi yang Anda miliki, terutama riwayat reaksi alergi terhadap anestesi. Juga, pastikan untuk menyebutkan obat yang Anda gunakan−termasuk obat-obatan yang dijual bebas seperti aspirin atau suplemen−karena ini dapat menyebabkan pengenceran darah.

Selama pemeriksaan, Anda bisa berbaring hingga satu jam. Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda khawatir bahwa ini akan menjadi masalah bagi Anda.

Anda akan diminta untuk mengganti pakaian menjadi gaun rumah sakit. Anda harus menghindari penggunaan pelembap pada payudara Anda dan melepaskan semua perhiasan dan setiap aksesoris pada tubuh sebelum biopsi.

Anda mungkin diberikan kompres dingin setelah prosedur untuk membantu meringankan rasa sakit dan peradangan. Pakailah bra untuk membantu agar kompres tidak bergeser.

Bagaimana biopsi payudara stereotactic dilakukan

Sebelum prosedur dimulai, Anda harus menanggalkan pakaian dari pinggang ke atas.

Biopsi stereotactic akan berlangsung di ruang operasi. Anda akan berbaring telungkup di meja empuk dengan lubang di dalamnya. Payudara Anda akan dimasukkan ke lubang ini.

Meja akan terangkat beberapa kaki di udara sehingga ahli radiologi Anda dapat mengakses payudara Anda meskipun ada lubang di meja. Radiolog kemudian akan menggunakan dua piring dan ditekan pada kedua payudara Anda. Hal ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan gambar sinar-X payudara Anda dan mengidentifikasi kelainan pada jaringan payudara.

Bagian dari prosedur ini bisa berlangsung selama 30 menit sampai satu jam. Setelah gambar yang tepat diambil, payudara Anda akan mati rasa dengan suntikan anestesi. Kemudian, dokter bedah akan membuat sayatan−biasanya kecil sekitar seperempat inci−di payudara Anda.

Sebuah contoh jaringan payudara akan diambil melalui sayatan menggunakan jarum atau probe. Beberapa sampel jaringan kecil akan diambil dan dikirim ke laboratorium untuk pengujian.

Setelah sampel diambil, ahli bedah akan menjahit luka sayatan dan ditutup dengan perban. Sebuah klip logam kecil atau jarum dapat dibiarkan di tempat biopsi dilakukan, sehingga dapat dengan mudah dideteksi lagi jika pengujian lebih lanjut diperlukan.

Yang terjadi setelah biopsi payudara stereotactic

Anda bisa pulang ke rumah setelah biopsi payudara stereotactic selesai.

Sampel jaringan Anda akan dikirim ke laboratorium. Ini bisa memakan waktu hingga satu minggu untuk dianalisa dengan benar.

Anda akan diminta untuk merawat luka sayatan. Ini termasuk menjaga kebersihan dan mengganti perban. Dokter Anda akan menginstruksikan Anda bagaimana cara merawat luka.

Jika Anda mengalami demam lebih dari 38 derajat, atau mengalami kemerahan, rasa hangat, atau keluarnya cairan dari bagian yang dibiopsi, Anda harus menghubungi dokter Anda. Ini adalah tanda-tanda infeksi.

Hasil dari biopsi payudara stereotactic

Hasil tes Anda bisa keluar sebagai jinak (non-kanker), pra-kanker, atau kanker. Jika sampel adalah kanker, hasil biopsi juga akan memberitahukan jenis kanker. Jenis kanker payudara yang dapat dideteksi meliputi:

  • Karsinoma duktal: kanker saluran payudara
  • Peradangan kanker payudara: jenis kanker yang jarang dan membuat kulit payudara tampak terinfeksi
  • Karsinoma lobular: kanker lobulus atau kelenjar yang menghasilkan susu
  • Penyakit Paget: kanker langka yang mempengaruhi puting

Dokter Anda akan menggunakan jenis kanker dan informasi lainnya dari biopsi untuk membantu merencanakan pengobatan Anda. Ini mungkin termasuk lumpektomi (operasi pengangkatan tumor), radiasi, kemoterapi, terapi hormon, atau mastektomi (pengangkatan sebagian atau penuh dari payudara).

Namun, ada beberapa kondisi non-kanker yang juga dapat menyebabkan benjolan di payudara. Mereka termasuk:

  • Adenofibroma: tumor jinak dari jaringan payudara
  • Penyakit payudara fibrokistik: menyakitkan, payudara kental yang disebabkan oleh perubahan hormon
  • Papilloma intraductal: tumor kecil, jinak pada saluran susu
  • Mammae nekrosis lemak: benjolan yang dibentuk oleh memar atau jaringan lemak, mati, terluka

Setelah hasil tersedia, dokter akan menjelaskan secara menyeluruh kepada Anda dan mendiskusikan pengobatan yang diperlukan. Pastikan semua pertanyaan Anda dijawab sebelum Anda meninggalkan ruang dokter.

Share now :

Direview tanggal: Oktober 7, 2016 | Terakhir Diedit: Maret 12, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca