Yang Bisa Anda Lakukan Setelah Sembuh dari Kanker Paru

Oleh

Seperti apa menjadi orang yang berhasil melewati kanker paru? Definisi dari berhasil melewati kanker paru dapat berbeda-beda dari masing-masing orang, dari tidak adanya tanda-tanda kanker setelah perawatan atau proses menghadapi kanker, dari awal diagnosis. Jika Anda masih ada dan melawan kanker paru dengan seluruh kekuatan Anda, Anda masih sedang berjuang. Begitu dokter Anda berkata Anda bebas dari kanker, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai orang yang bebas dari kanker.

Luangkan waktu untuk menjadi relawan

Seperti yang telah diketahui oleh mantan penderita kanker, didiagnosis dengan kanker paru adalah hal yang menakutkan dan membingungkan, serta dapat menjadi tantangan untuk melakukan perawatan. Siapakah yang paling tepat untuk membantu pasien baru melalui masa yang berat ini, selain dari orang yang pernah mengalaminya? Program mentoring pasien akan memasangkan mantan penderita kanker atau pengasuh dengan pasien baru, sebagai pendengar atau untuk membantu mereka melalui proses tersebut. Tanyakan pada pusat kanker lokal jika mereka memiliki program mentoring atau kontak untuk mendukung orang yang membutuhkannya.

Berpartisipasi pada kegiatan lokal dan penggalangan dana

Setiap pusat kanker memerlukan dana untuk riset dan menyediakan sumber daya bagi pasien kanker. Selain itu, banyak pasien yang memerlukan bantuan finansial untuk perawatan mereka. Tanyakan pada pusat kanker atau rumah sakit lokal untuk mengetahui acara-acara yang diadakan untuk meningkatkan dukungan, biasanya mereka selalu membutuhkan peserta dan relawan. Sering kali, acara-acara tersebut memperbolehkan Anda untuk disponsori dengan pihak lain, seperti saat Anda berjalan, berlari atau bersepeda untuk melawan kanker, kontribusi Anda dapat digandakan.

Menjadi aktivis kanker paru

Pernah memikirkan mengapa pada bulan Oktober banyak dekorasi pita pink? Fenomena ini muncul dari mantan penderita kanker payudara yang meningkatkan perhatian dan menggalang dana untuk melawan penyakit tersebut. Hal ini menunjukkan hasil peningkatan yang dramatis pada dana dan angka kesembuhan. Anda juga dapat membuat hal yang sama untuk kanker paru dengan terlibat dalam peningkatan kesadaran terhadap kondisi ini.

Banyak organisasi non profit berjuang untuk meningkatkan kesadaran dan dana untuk riset kanker paru-paru serta dukungan pada pasien, dan membutuhkan aktivis lokal untuk mendukung kegiatan ini.

Anda juga dapat membuat perubahan yang besar. Hal ini hanya beberapa saran dimana Anda dapat menyumbangkan sedikit waktu dan pengalaman Anda untuk mengubah hidup pasien kanker paru.

Ubah gaya hidup Anda demi kesehatan

Bagi banyak orang, keberhasilan melewat kanker paru dapat menjadi motivasi untuk membuat perubahan gaya hidup yang positif. Orang yang pulih dari kanker paru-paru dianjurkan untuk mengikuti petunjuk kesehatan yang baik, seperti tidak merokok, membatasi alkohol, makan dengan sehat dan mengatasi stress. Aktivitas fisik yang rutin dapat membangun kekuatan dan level tenaga Anda. Pasien yang sedang dalam proses penyembuhan, bahkan yang menggunakan oksigen, dianjurkan untuk berjalan selama 15 sampai 30 menit setiap harinya untuk meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru. Tim penyedia kesehatan Anda dapat membantu Anda membuat rencana olahraga berdasarkan kebutuhan, kemampuan fisik dan level kebugaran Anda.

Selain itu, penting untuk melakukan pemeriksaan medis serta tes secara rutin. Rehabilitasi kanker juga direkomendasi, seperti terapi fisik, konseling, penanganan rasa sakit, perencanaan nutrisi, serta konseling emosional. Tujuan dari rehabilitasi adalah untuk membantu pasien mengembalikan kendali dalam aspek-aspek hidup dan menjadi mandiri serta produktif.

Memiliki kanker tidak berarti hidup Anda akan segera berakhir. Kanker adalah tantangan untuk Anda untuk menemukan cara untuk melaluinya dan bertahan. Mengombinasikan gaya hidup yang sehat dengan pikiran yang positif adalah cara terbaik untuk melawan kanker paru-paru.

Share now :

Direview tanggal: Oktober 27, 2016 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca