Berbagai Pilihan Mengobati Penyakit Hati

Oleh

Setelah Anda tahu bahwa Anda menderita penyakit hati, Anda mungkin ingin tahu selanjutnya bagaimana cara mengobati penyakit hati Anda. Pengobatan Anda tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan penyakit hati Anda. Di sini kami menjelaskan jenis-jenis berbeda dari penyakit hati serta pilihan pengobatan.

Jenis penyakit hati

Penyakit hati meliputi berbagai kondisi dan penyebab. Meskipun memiliki penyebab dan gejala yang berbeda, semuanya dapat menyebabkan gagal hati (hati rusak dan tidak bisa disembuhkan serta berhenti bekerja). Gagal hati adalah suatu kondisi yang mengancam jiwa yang menuntut perawatan medis yang mendesak.

  • Penyakit hati terkait alkohol adalah kerusakan pada hati yang disebabkan oleh penggunaan alkohol yang lama. Tahap pertama dari penyakit hati terkait alkohol adalah alcoholic fatty liver, yang akan berubah menjadi hepatitis alkoholik dan kemudian sirosis, di mana hati secara signifikan luka dan tidak dapat berfungsi dengan baik.
  • Penyakit lemak hati non-alkohol juga menyebabkan lemak hati pada awalnya, walau tidak menggunakan alkohol dan bisa berkembang menjadi sirosis juga.
  • Hepatitis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peradangan hati. Ini merupakan hasil dari infeksi virus atau kerusakan hati yang disebabkan oleh alkohol. Tergantung pada virus yang menyebabkan kondisi tersebut, ada berbagai jenis hepatitis.
  • Hemokromatosis berarti tingkat zat besi dalam tubuh terlalu tinggi. Kelebihan zat besi terakumulasi dalam organ, seperti jantung dan hati, dan dapat menyebabkan luka pada kanker hati atau liver.
  • Sirosis bilier primer adalah suatu kondisi di mana saluran empedu dari hati rusak. Hal ini menyebabkan penumpukan empedu dalam hati dan akhirnya meninggalkan bekas luka pada hati.

Meski beberapa penyakit hati dapat sembuh, beberapa penyakit hati bersifat kronis. Anda hanya dapat mengontrol gejala dan mencegah perkembangan lebih lanjut dari penyakit ini.

Mengobati penyakit hati dengan perubahan gaya hidup

Cara termudah untuk mengelola penyakit hati Anda adalah melalui perubahan gaya hidup. Bila Anda memiliki penyakit hati, Anda mungkin memiliki daftar pantangan untuk mencegah hati Anda dari kerusakan lebih lanjut. Mempertahankan diet yang sehat juga dapat memastikan bahwa hati Anda tidak bekerja terlalu keras untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Dokter mungkin menyarankan Anda untuk menjauhi lemak trans, garam, gula, makanan olahan dan mengurangi protein lemak. Perubahan diet Anda mungkin melibatkan:

  • Meningkatkan asupan karbohidrat dalam proporsi dengan jumlah protein yang Anda makan.
  • Minum vitamin dan obat yang diresepkan oleh dokter untuk darah rendah, masalah saraf, atau masalah gizi dari penyakit hati.
  • Mengurangi jumlah protein yang Anda makan. Ini akan membantu membatasi penumpukan produk limbah beracun.
  • Membatasi asupan garam Anda. Garam dalam diet dapat memperburuk penumpukan cairan dan pembengkakan di hati.

Ketika Anda berolahraga, Anda harus mulai dengan yang ringan, latihan peregangan ringan yang sesuai kondisi fisik Anda. Perlahan-lahan tingkatkan latihan atau sesi durasi. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk merencanakan program atau membutuhkan seseorang untuk memandu Anda selama program, Anda dapat mencari ahli kebugaran yang berpengalaman dalam program “kebutuhan khusus”. Sulit untuk terus menjalani rencana Anda, tetapi ingatlah motivasi Anda dan jalani aktivitas Anda.

Mengobati penyakit hati dengan obat

Setiap penyakit hati akan memiliki rejimen pengobatan sendiri yang spesifik.

  • Penyakit hati terkait alkohol: Sayangnya, saat ini tidak ada perawatan medis khusus untuk penyakit hati yang berhubungan dengan alkohol. Pengobatan biasanya dengan segera berhenti minum dan merawat diri sendiri untuk mengontrol kondisi.
  • Penyakit perlemakan hati non-alkohol: Seperti penyakit hati yang berhubungan dengan alkohol, pengobatan terutama dengan merawat diri. Meskipun sebagian besar orang dengan penyakit hati berlemak non-alkohol tidak akan mengembangkan masalah serius ketika mereka dapat mengikuti rencana perawatan diri mereka.
  • Hepatitis: Dengan berbagai jenis hepatitis, ada perawatan yang berbeda. Hepatitis yang disebabkan oleh virus, pengobatannya dapat menggunakan obat antivirus. Sementara pengobatan untuk hepatitis autoimun melibatkan obat-obatan yang menekan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.
  • Hemokromatosis: Pengobatannya sangat sederhana. Dokter akan secara berkala mengeluarkan darah dari tubuh Anda sekitar 500 ml, biasanya jumlah yang sama seperti dalam donor darah, untuk mengurangi zat besi darah. Metode lain adalah dengan menggunakan deferasirox – obat untuk membantu menghilangkan zat besi dari darah Anda.
  • Sirosis bilier primer: Dokter akan meresepkan asam ursodeoxycholic untuk mencegah atau menunda kerusakan hati, meskipun hal itu tidak menyembuhkan hati. Jika perawatan ini tidak bekerja dengan benar, Anda mungkin perlu pengobatan tambahan.

Pada penyakit hati stadium akhir seperti sirosis, hati tidak dapat bekerja untuk menghilangkan toksin dengan benar, berdampak pada peningkatan kadar amonia darah dan ensefalopati (letargi, bingung, koma). Amonia dapat ditemukan dalam makanan protein seperti daging. Anda mungkin perlu obat untuk mengontrol jumlah protein yang diserap. Diet rendah sodium dan pil air (iuretic) mungkin diperlukan untuk meminimalkan retensi air dalam hati.

Mengobati penyakit hati dengan transplantasi hati

Transplantasi hati biasanya adalah bentuk terakhir dari pengobatan. Dokter Anda akan merekomendasikan transplantasi hati ketika semua pilihan pengobatan lain gagal. Ini adalah ketika hati Anda tidak lagi bekerja dan Anda perlu hati yang sehat dari orang (liver donor) lain untuk hidup. Ada proses panjang untuk memastikan bahwa donor hati tersebut sempurna atau cocok. Ada banyak komplikasi yang dapat terjadi seperti penolakan hati dan infeksi. Penting untuk mengikuti petunjuk dokter dengan hati-hati sebelum dan sesudah transplantasi hati Anda.

Share now :

Direview tanggal: Oktober 28, 2016 | Terakhir Diedit: Maret 9, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca