6 Manfaat Garam untuk Kecantikan: Dari Melawan Jerawat Sampai Bibir Pecah-pecah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Kebanyakan orang mungkin mengetahui garam hanya sebagai bumbu penyedap masakan saja. Padahal, garam punya manfaat yang membuat kulit Anda makin cantik dan mempesona. Mulai dari wajah, bibir hingga tangan dan kaki. Tidak cuma itu, garam juga memiliki manfaat baik untuk rambut, lho! Penasaran kan, seperti apa manfaat garam untuk kecantikan? Baca terus untuk mengetahuinya.

Manfaat garam untuk kecantikan

Kecantikan wajah wanita tak hanya melulu berasal dari produk-produk kosmetik yang mengandung bahan kimia saja, karena ternyata kecantikan wanita juga bisa didapatkan dari bahan-bahan alami. Salah satu bahan alami yang dapat membuat wajah wanita menjadi lebih cantik, terawat dan sehat adalah garam.

Mulai dari melawan jerawat hingga menyembuhkan bibir pecah-pecah, garam ternyata cukup berguna untuk dijadikan perawatan kecantikan alamiah. Tidak sampai di situ, perawatan menggunakan garam juga tergolong murah dan mudah didapatkan.

Beikut ini segudang manfaat garam untuk kecantikan yang wajib Anda ketahui:

1. Sebagai obat jerawat

Tidak bisa dipungkiri, jerawat adalah musuh yang sangat ditakuti oleh hampir seluruh wanita. Nah, salah satu manfaat garam untuk kecantikan ini adalah membantu meredakan bahkan menghilangkan bekas jerawat. Hal ini dikarenakan garam mengandung belerang dan potasium yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan serta menyingkirikan kotoran di wajah untuk menghindari timbulnya jerawat.

Coba larutkan garam dengan air hangat, setelah itu dengan menggunakan kapas Anda bisa mengoleskan larutan garam ke wajah. Tunggu hingga 1 menit, lalu cuci hingga bersih. Garam bisa membantu mengurangi peradangan pada area wajah yang berjerawat.

2. Toner

Sekarang Anda tidak perlu menggunakan toner dari produk kosmetik yang mengandung bahan kimia, karena ternyata air garam pun bisa menjadi toner alami untuk kulit wajah Anda. Salah satu manfaat air garam adalah mengurangi minyak berlebih di wajah. Seperti kita ketahui, produksi minyak berlebih di wajah ini dapat menyebabkan timbulnya masalah kulit wajah seperti jerawat dan komedo.

Anda bisa menyemprotkan campuran garam dengan air hangat ke wajah kemudian tepuk-tepuk hingga kering. Cairan ini bisa menjadi pengganti toner untuk menutrisi kulit.

3. Scrub wajah

Campuran garam dan facial oil seperti minyak zaitun ternyata juga bisa Anda manfaatkan sebagai scrub wajah yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan menyamarkan kerutan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan minyak esensial seperti lavender, vanila, atau cinnamon sehingga bisa sekaligus merelaksasi tubuh.

Caranya, pijatlah wajah Anda secara perlahan dengan air garam dan minyak zaitun. Lalu diamkan selama 10 menit, dan bilas hingga bersih. Proses ini dapat membuat kulit menjadi lebih lembut, kenyal dan bersinar secara natural.

4. Mengatasi bibir pecah-pecah

Bagi Anda pemiliki bibir kering dan kerap mengalami bibir pecah-pecah, garam bisa menjadi pelembab alami yang membantu untuk menyembuhkannya. Caranya gampang, campurkan tiga sendok garam dengan sesendok Vaseline petroleum jelly. Setelah itu, aduk dan gosokkan adonan secara perlahan pada bibir untuk mengelupas kulit keringnya. Kemudian bersihkan kulit-kulit yang tersisa menggunakan lap basah. Jangan lupa untuk memulaskan lip balm yang melembabkan setalah selesai melakukan perawatan.

5. Membuat rambut bergelombang secara alami

Air laut dengan kadar garam seimbang dapat membuat rambut Anda bergelombang natural. Nah, jika Anda ingin tampil dengan gaya rambut ala beach waves saat berlibur ke pantai, semprotkan saja air laut ke rambut Anda.

Mengaplikasikan air garam ke rambut mungkin terdengar aneh. Namun, menyemprotkan campuran air dengan garam atau air laut asli kepada rambut dapat menghasilkan rambut ikal alami seperti beach waves tanpa perlu ke salon.

6. Sebagai alat detoksifikasi alami

Manfaat garam untuk kecantikan lainnya juga bisa mendetoksifikasi segala sesuatu yang ada di wajah Anda. Pasalnya, garam dipercaya bisa melembabkan serta menghilangkan bakteri yang menutup pori-pori kulit. Nah, jika ingin mencoba perawatan garam di rumah, Anda bisa melakukannya dengan menyampurkan secangkir garam ke bak mandi yang berisi air hangat.

Atau, Anda bisa membasuh wajah dengan air garam lalu diamkan selama beberapa menit. Air garam tersebut bermanfaat untuk menghilangkan racun di wajah Anda, menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat wajah menjadi lebih segar.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca