Bahaya Memencet Jerawat di Area “Segitiga Bermuda” Wajah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Ketika jerawat muncul rasanya tangan gatal untuk segera memencet dan memecahkannya. Meski rasanya tidak tahan untuk memencet jerawat, ada baiknya Anda mulai berpikir seribu kali dulu. Menurut banyak dokter dan pakar, sembarangan memencet jerawat khususnya di area segitiga wajah bisa menyebabkan kematian. Waduh! Mengapa bisa begitu?

Mengenal area segitiga mematikan di wajah (triangle of death)

memencet jerawat
area segitiga mematikan di wajah

Menurut Dr. Amesh A. Adalja, seorang dokter penyakit menular bersertifikat dari Johns Hopkins Center for Health Security di Pennsylvania, Amerika Serikat, wajah manusia memiliki area khusus yang disebut segitiga kematian.

Segitiga kematian atau yang disebut dengan triangle of death adalah area wajah yang dimulai dari pangkal hidung (tengah alis) hingga kedua sudut mulut.

Untuk lebih jelasnya, coba bercermin dan posisikan kedua ibu jari dan telunjuk Anda membentuk sebuah segitiga. Kemudian, letakkan ujung segitiga di pangkal hidung dan bagian alasnya di bawah bibir.

Area yang ada dalam segitiga inilah yang disebut dengan triangle of death. Sebagai ilustrasi, Anda bisa lihat gambar di atas.

Bahaya memencet jerawat di area segitiga wajah

Menurut Dr. Adalja, area segitiga wajah tersebut terhubung langsung ke pembuluh darah di tengkorak kepala. Ketika terjadi infeksi, penyebarannya bisa berlangsung dengan cepat dan efeknya lebih serius.

Jika jerawat yang ada dalam area segitiga ini pecah, pintu masuk bagi bakteri untuk menginfeksi tubuh sangat terbuka lebar. Bakteri yang masuk bisa mudah berpindah dan menginfeksi pembuluh darah di area otak. Terlebih jarak yang harus dilalui untuk sampai ke otak cukup pendek. Hal ini bisa menyebabkan komplikasi berbahaya yang bisa mengancam nyawa.

Selain itu, tepat di bawah hidung dan mulut ada empat saraf kranial utama yang mengendalikan fungsi di dalam dan sekitar wajah. Ketika salah satu dari saraf ini mengalami infeksi yang parah, Anda dapat mengalami kelumpuhan di beberapa bagian wajah. Bahkan, fungsi motorik juga bisa terganggu dan Anda berisiko kehilangan penglihatan.

Oleh sebab itulah memencet jerawat di area segitiga wajah berpotensi bahaya yang tak main-main. Kalaupun setelah memencet jerawat Anda tidak mengalami infeksi serius, kebiasan ini bisa menyebabkan kulit bopeng. Selain itu, area yang dipencet juga biasanya akan berwarna lebih gelap dibanding dengan sekitarnya.

Tips merawat kulit wajah yang berjerawat

cara membersihkan wajah

Setelah mengetahui bahaya memencet jerawat di area segitiga wajah, jangan lagi coba-coba untuk melakukannya.

Hal terpenting yang perlu dilakukan adalah tidak memegang wajah dengan tangan terlebih dalam keadaan kotor. Jika jerawat ternyata pecah dengan sendirinya, bersihkan luka dengan tisu atau kapas bersih. Kemudian, kompres dengan menggunakan hidrogen peroksida.

Anda juga bisa mengoleskan petroleum jelly pada area jerawat yang pecah untuk mencegah pembentukan bekas luka. Jangan lupa juga untuk membersihkan wajah dan area yang berjerawat setiap hari dengan sabun berbahan ringan dan air hangat.

Sebaiknya, mintalah pertolongan dokter jika jerawat di area tersebut tak kunjung hilang. Segera hubungi dokter juga jika muncul berbagai tanda infeksi, seperti kemerahan, rasa sakit, dan nanah yang terus keluar.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca