6 Ramuan Sederhana untuk Menyamarkan Noda Bekas Jerawat

Oleh

Setelah jerawat hilang, kini muncul masalah baru: noda hitam bekas jerawat. Sama halnya dengan jerawat, flek hitam dan luka bekas jerawat akan mengganggu penampilan Anda. Apalagi flek hitam dan luka bekas jerawat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sembuh. Untungnya, ada banyak cara untuk menyingkirkan bintik-bintik hitam ini. Anda dapat melakukan tips rumahan di bawah ini menggunakan bahan sehari-hari yang mudah didapat.

1. Masker lemon

Air perasan lemon memiliki keasaman alami yang telah turun temurun digunakan sebagai agen pemutih organik untuk menghilangkan flek hitam di kulit. Yang harus Anda lakukan adalah peras buah lemon dan minum sarinya setiap hari, di pagi dan malam hari. Air lemon akan memecah racun dan lemak yang mengendap dalam tubuh, membuat kulit terlihat sehat bercahaya dari dalam.

Anda juga bisa gunakan bola kapas yang dicelupkan ke dalam air lemon dan oleskan langsung ke area kulit yang bermasalah dua kali sehari. Biarkan air lemon menyerap dengan baik selama 30 menit, lalu bilas bersih dengan air dingin. Jangan segera beraktivitas di luar ruangan dengan residu jus lemon yang masih menempel di wajah karena dapat meningkatkan sensitivitas kulit dan menyebabkan kulit terbakar.

Masih menggunakan lemon, Anda bisa membuat jus tomat dan tambahkan air perasan lemon dan aplikasikan adonan tersebut sebagai masker wajah. Biarkan masker mengering selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Untuk menyamarkan noda dan sekaligus meringankan peradangan akibat jerawat yang masih membandel, Anda dapat membuat masker wajah dari timun yang ditumbuk kasar dengan campuran sari lemon. Biarkan masker mengering lalu bilas dengan air hangat.

Pastikan Anda menggunakan lemon segar dan bukan jus kemasan siap pakai yang bisa Anda beli di supermarket.

2. Masker yogurt madu

Masker yogurt madu mengandung agen pemutih yang bekerja mirip seperti lemon. Campurkan 2 sendok teh yogurt tawar, 1 sendok teh madu, dan 1-2 sendok teh bubur oatmeal. Aplikasikan masker wajah ini setiap malam sebelum tidur selama 10 -15 menit, lalu bilas bersih dengan air hangat. Masker yogurt madu juga bagus untuk Anda yang memiliki kulit kering karena kedua komposisi tersebut bersifat melembabkan kulit.

3. Minyak lavender dan mawar

Kedua minyak esensial ini akan menghaluskan bekas luka jerawat dan menyamarkan flek hitam. Minyak mawar juga berfungsi menangkal penuaan dini, dengan menghaluskan keriput dan mendorong regenerasi sel kulit.  Aplikasikan minyak esensial pilihan Anda ke seluruh wajah dan pijat perlahan. Lakukan dua kali sehari untuk hasil terbaik.

4. Bawang merah

Bawang merah mengandung agen antibakteri yang tinggi untuk membantu mengikis noda hitam dan luka bekas jerawat. Cincang bawang merah dan haluskan untuk mengambil sarinya. Oleskan masker bawang merah secara merata ke seluruh wajah dan biarkan beberapa menit sampai mengering. Bilas bersih dengan air hangat.

5. Minyak vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan terbaik yang bisa Anda dapatkan. Antioksidan sangat berguna untuk menyembuhkan luka. Campurkan minyak vitamin E secukupnya dengan minyak castor dan oleskan langsung di flek hitam dan bekas luka.

6. Air putih

Air putih adalah solusi solusi terbaik Anda untuk mengatasi berbagai masalah jerawat. Air putih akan mengeluarkan racun dan partikel asing dari dalam tubuh. Air putih juga membantu mengangkat sel kulit mati dan mengembalikan elastisitas kulit. Minum air putih di pagi hari, selain bagus untuk pencernaan, juga bagus untuk kulit.

Yang juga perlu Anda baca